Monday, 01 January 2022

13 Tips Fashion Profesional dan Elegan

Selain menunjang kinerja dalam berkarir, menjaga penampilan dalam bekerja juga mencerminkan sikap dan dapat menambah semangat untuk meningkatkan produktivitas di lingkungan kerja.
Tips Fashion Profesional dan Elegan
 

13 Tips Fashion Profesional dan Elegan - Fashion menjadi hal yang sangat penting bagi semua orang, baik pria maupun wanita pasti ingin tampil maksimal di manapun dan kapanpun. Terlebih dalam hal pekerjaan, penampilan yang profesional dan elegan adalah kunci untuk menciptakan kesan yang baik di hadapan rekan bisnis. 

13 Tips Fashion Profesional dan Elegan

Buat kamu yang masih kesulitan tampil profesional dan elegan, berikut ini tips fashion untuk menciptakan kesan baik di dunia bisnis yang bisa kamu ikuti agar tampil profesional dan elegan, antara lain : 

Pilih pakaian yang tepat

Usahakan untuk memilih pakaian yang sesuai dengan kode berpakaian dari perusahaan, baik di hari-hari biasa atau waktu-waktu tertentu. Biasanya, acara yang resmi dan formal menggunakan setelan jas, blazer, kemeja berlengan panjang, dengan bawahan rok atau celana panjang menjadi pilihan yang baik.

Gunakan warna netral

Hindarilah warna-warna yang terlalu mencolok atau warna neon, kecuali memang ada kebutuhan sesuai dengan situasi acaranya. Agar lebih aman, gunakan beberapa warna-warna netral seperti hitam, abu-abu, biru navy, dan putih yang cenderung lebih memberikan kesan profesional dan elegan.

Kenakan pakaian berukuran pas

Pastikan untuk memakai pakaian yang berukuran pas, tidak terlalu besar dan juga tidak terlalu kecil. Jika diperlukan bisa memakai jasa penjahit untuk membuat pakaian yang pas sesuai dengan ukuran tubuh, agar penampilanmu tampak elegan dan tidak mengganggu kesan profesional.

Baca juga:   5 Bahan Pakaian yang Bisa Bikin Kamu Kerepotan Saat Hujan

Pilih bahan pakaian berkualitas

Tidak ada salahnya untuk melakukan investasi pada pakaian yang terbuat dari bahan berkualitas seperti wol, katun, dan sutra. Sebab, beberapa pilihan bahan pakaian tersebut memiliki masa pakai yang mampu bertahan lama dan tampak lebih baik.

Tambahkan aksesoris yang tepat

Jangan lupa untuk menambahkan aksesoris seperti ikat pinggang, kalung, gelang, atau perhiasan lainnya yang sederhana dan elegan sesuai dengan gaya dalam penampilanmu. Hindari menggunakan aksesoris yang terlalu berlebihan dan terlihat mencolok agar tidak mengganggu penampilan. 

Kenakan sepatu yang pantas

Memilih alas kaki yang tepat dan pantas juga menjadi bagian penting dalam keseluruhan penampilan. Selalu kenakan sepatu dalam keadaan bersih dan terawat, serta jangan lupa untuk memastikan bahwa sepatu yang akan dipakai sesuai dengan warna dan gaya berpakaian.

Gunakan tatanan rambut dan rias wajah yang sesuai

Menggunakan tatanan rambut yang rapi dan rias wajah yang sederhana namun tidak berlebihan, akan membantu melengkapi penampilanmu yang elegan. Hal ini akan dinilai baik oleh rekan kerja dan menjadi nilai tambah untuk sikap profesional serta totalitas dalam pekerjaan yang ditampilkan.

Gunakan pakaian dalam yang tepat

Meskipun hal ini sering diabaikan karena dalam pemakaiannya pakaian dalam tidak terlihat, namun pemilihan pakaian dalam yang nyaman dan tidak terlihat di bawah pakaian adalah salah satu hal penting yang perlu diperhatikan.

Perhatikan detail

Pastikan pakaianmu selalu dalam kondisi baik dan siap untuk dikenakan. Mulai dari hal-hal kecil lainnya yang perlu diperhatikan misalnya kancing yang hilang atau ada jahitan yang rusak, harus segera diperbaiki agar tidak mengganggu penampilan dan merusak kesan profesional di hadapan rekan kerja.

Menjaga kebersihan pakaian

Pastikan untuk selalu menjaga kebersihan pakaian, dan mengecek apakah ada lipatan dan kerutan yang terlihat. Jika terdapat lipatan atau kerutan pada pakaian, gunakan setrika atau jasa pembersih profesional jika diperlukan untuk menghilangkannya.

Baca juga:   Tips Memilih Fashion Nyaman dan Stylish di Bulan Ramadan

Sesuaikan dengan gaya pribadi

Mengikuti aturan-aturan tertentu dari perusahaan menjadi sebuah keharusan, namun penting untuk mempertimbangkan gaya pribadimu tanpa mengesampingkan aturan-aturan tersebut. Dengan cara menambahkan sentuhan gaya yang mencerminkan kepribadian dalam aksesoris atau warna pakaian, namun tetap terlihat profesional dan elegan.

Pertimbangkan cuaca dan musim

Menyesuaikan pakaian dengan cuaca atau musim yang sedang berlangsung adalah suatu keharusan, karena jika tidak sesuai dapat mengganggu aktivitas dan menyebabkan ketidaknyamanan pada tubuh. Sebaiknya, gunakan pakaian ringan di musim panas dan pakaian hangat di musim dingin untuk kenyamanan dan kemudahan dalam beraktivitas.

Selalu percaya diri

Kemudian hal paling penting yang harus ada di setiap penampilan adalah rasa percaya diri, selalu merasa nyaman dengan pilihan pakaian yang dikenakan agar penampilanmu yang elegan dan profesional semakin terpancar.

Itulah 13 tips fashion untuk tampil profesional dan elegan sebagai bagian dari sikap tanggung jawab terhadap pekerjaan. Dengan mengikuti tips ini, kamu dapat memberikan penampilan terbaik dan berkesan di dunia bisnis dan profesional yang akan membuat karirmu semakin cemerlang.


With Laruna, you can combine your love for fashion and the planet by choosing sustainable options that fit your style and contribute to positive changes. Want to join Laruna as a content contributor? We'd love to spend time with you!

Reference: 
https://www.idntimes.com/life/career/muhammad-tarmizi-murdianto/5-cara-berpenampilan-bak-profesional-yang-ampuh-menunjang-kariermu?page=all
Diakses pada tanggal 5 September 2023

fimela.com https://www.fimela.com/fashion/read/5213454/10-tip-dan-trik-fashion-untuk-tampil-lebih-cerdas-dan-percaya-diri-dijamin-berhasil
Diakses pada tanggal 5 September 2023

bp-guide.id https://bp-guide.id/AX87wOMg
Diakses pada tanggal 5 September 2023
Be a Contributor and 
Write for Us
Tell me more
Copyright © 2023 - Style by Laruna - All rights reserved
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram