Monday, 01 January 2022

Terapkan Capsule Wardrobe untuk Gaya Hidup Minimalis

Yuk mulai terapkan capsule wardrobe untuk lemarimu, dan rasakan manfaatnya!
September 13, 2023  | Pipintri Aviteni Damayanti
Capsule Wardrobe
 

Apakah kamu sering mengalami kebingungan memilih baju, ketika mau bepergian karena terlalu banyaknya pilihan?

Jika iya, berarti sudah saatnya kamu mencoba menerapkan capsule wardrobe di lemari pakaianmu!

Apa itu capsule wardrobe?

Capsule wardrobe atau lemari kapsul adalah gaya hidup atau konsep fashion yang membatasi jumlah pakaian di lemari, dengan cara memilih pakaian serbaguna dan mudah dipadukan satu sama lain. Isi capsule wardrobe bisa terdiri dari sekitar 30 hingga 40 item pakaian, atau sesuai dengan preferensi pribadi masing-masing orang yang dapat dipakai sepanjang tahun, biasanya terdiri dari koleksi atasan, bawahan, dress, outerwear, termasuk sepatu dan aksesoris. 

Tujuan capsule wardrobe

Tujuan diterapkannya capsule wardrobe yaitu untuk meminimalkan pembelian pakaian yang tidak perlu dan memaksimalkan pakaian yang dimiliki, sehingga menciptakan gaya hidup minimalis yang simple namun tetap modis. Beberapa tujuan khusus dari diterapkannya capsule wardrobe, yaitu :

  • Mengurangi stres dalam memilih pakaian setiap hari, karena pakaian yang dimiliki telah dipilih dengan cermat dan dapat dipadukan dengan mudah.
  • Meningkatkan efisiensi waktu, karena menghemat waktu dalam memilih pakaian setiap pagi dan ketika akan bepergian.
  • Mengurangi biaya belanja, karena membeli pakaian yang tidak perlu dapat diminimalkan.
  • Menjaga kebersihan dan keindahan lemari pakaian, karena pakaian yang tidak digunakan dapat disingkirkan sehingga membuat lemari pakaian lebih teratur dan rapi.
  • Meningkatkan kesadaran lingkungan dengan mengurangi pembelian pakaian yang tidak perlu, sehingga mengurangi limbah tekstil yang dihasilkan.

Dengan menciptakan gaya hidup yang lebih sederhana dan hemat biaya, seseorang dapat mengalokasikan waktu dan uang untuk hal-hal yang lebih penting dan bermanfaat bagi Kehidupannya.

Baca juga:   Slow Fashion: Tak Hanya Memiliki Banyak Keunggulan tapi Juga Ramah Lingkungan

Cara menerapkan capsule wardrobe

Langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk menerapkan capsule wardrobe, yaitu :

Evaluasi dan pilih item pakaian

Evaluasi dan pilihlah item pakaian yang ingin dimasukkan dalam capsule wardrobe. Kamu bisa memilih warna dan pola sederhana yang netral seperti hitam, putih, coklat, abu-abu, serta motif garis-garis. Kemudian tentukan jumlah pakaian yang ingin disimpan di capsule wardrobe, lalu pastikan item tersebut dapat dipadukan dengan mudah dan cocok dengan gaya hidup serta kebutuhan sehari-hari.

Buat kombinasi pakaian

Setelah menentukan item pakaian dalam capsule wardrobe, saatnya mulai kombinasikan pakaian dengan item-item yang telah dipilih menjadi beberapa look yang berbeda. Dengan demikian, kamu bisa lebih cepat dan mudah mengambil pakaian tanpa perlu mengeluarkan semua isi lemari.

Buat daftar belanja

Buat daftar belanja untuk item-item pakaian yang diperlukan untuk melengkapi capsule wardrobe. Pastikan untuk membeli item yang benar-benar diperlukan dan dapat dipadukan dengan item lainnya dalam capsule wardrobe. Cara ini dapat membantumu agar tidak mudah tergoda diskon dan promo untuk memenuhi keinginan impulsif saat berbelanja.

Simpan atau sumbangkan pakaian yang tidak digunakan

Setelah item pakaian untuk capsule wardrobe ditentukan, kamu bisa menyimpan pakaian di lemari lain. Bisa juga dengan menyumbangkan pakaian yang sudah tidak digunakan lagi atau tidak cocok dengan gaya hidup dan kebutuhan sehari-hari.

Pertahankan atau perbarui capsule wardrobe 

Secara berkala, kamu bisa memutuskan untuk mempertahankan atau memperbaiki capsule wardrobe. Jangan ragu untuk menambahkan atau mengganti item pakaian jika diperlukan, tetapi pastikan item tersebut dapat dipadukan dengan item lainnya dalam capsule wardrobe.

Dengan menerapkan cara di atas, seseorang dapat menciptakan capsule wardrobe yang berfungsi dengan baik untuk meminimalkan waktu, biaya, dan stres dalam memilih pakaian, setiap hari. 

Baca juga:   6 Produk Fashion Lokal Indonesia Ramah Lingkungan

Meskipun konsep fashion capsule wardrobe membuat koleksi pakaian menjadi minimalis, namun kita masih bisa kok tetap modis dengan lebih simple tanpa ribet.


With Laruna, you can combine your love for fashion and the planet by choosing sustainable options that fit your style and contribute to positive changes. Want to join Laruna as a content contributor? We'd love to spend time with you!

Reference: 
cosmopolitan.co.id https://www.cosmopolitan.co.id/article/read/3/2023/31243/apa-itu-capsule-wardrobe-dan-cara-menerapkannya
Diakses pada tanggal 2 Mei 2023

parapuan.co https://www.parapuan.co/read/533437523/mengenal-capsule-wardrobe-solusi-untuk-mengurangi-pakaian-menumpuk-di-lemari
Diakses pada tanggal 2 Mei 2023

hipwee.com https://www.hipwee.com/style/cara-membuat-capsule-wardrobe-2/
Diakses pada tanggal 2 Mei 2023
Copyright © 2023 - Style by Laruna - All rights reserved
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram