Monday, 01 January 2022

Tips Fashion Muslim Nyaman di Tengah Teriknya Cuaca Panas!

Selalu ingat untuk memilih bahan yang tepat, model  yang sesuai, dan tetap menjaga keseimbangan antara fashion dan kenyamanan.
January 29, 2024  | admin
Tips Fashion Muslim
 

Tips fashion muslim tetap nyaman di tengah teriknya cuaca panas menjadi tantangan tersendiri bagi para wanita muslimah yang ingin tetap tampil modis dalam berbusana. Teriknya sinar matahari bisa membuat pemilihan pakaian menjadi lebih sulit, tetapi dengan beberapa tips fashion muslim yang tepat, Kamu masih bisa tampil stylish tanpa harus kehilangan kenyamanan.  

Berikut adalah beberapa tips fashion muslim tetap nyaman di tengah cuaca panas yang menyengat. 

1. Pilih bahan yang ringan  

Ketika cuaca panas, pemilihan bahan busana sangat penting. Hindari bahan-bahan tebal dan  padat yang dapat menyimpan panas, seperti wol atau kain sintetis. Sebaliknya, pilihlah  bahan-bahan ringan dan bernapas seperti katun, linen, atau rayon. Material tersebut  memiliki kemampuan ‘bernapas’ karena sirkulasi udara mudah masuk melalui pori-pori  material. Dengan manfaat tersebut, bahan berserat alam pun bisa memberikan pemakainya  rasa adem dan nyaman saat digunakan.

2. Model pakaian longgar 

Tips fashion muslim selanjutnya adalah pakaian dengan potongan longgar tidak hanya memberikan kesan elegan tetapi juga memberikan sirkulasi udara yang baik. Model pakaian yang flowy juga membuat gerakan udara lebih mudah masuk dan keluar, membantu menjaga suhu tubuh tetap stabil. Dress,  tunik, atau abaya dengan potongan longgar dapat menjadi pilihan yang tepat untuk  kenyamanan dalam cuaca panas. 

3. Pilih warna terang dan cerah 

Mungkin Kamu sudah sering mendengar larangan memakai pakaian berwarna gelap ketika  cuaca sedang panas. Alasannya sederhana, warna gelap seperti hitam dapat menyerap  panas sehingga membuat pemakainya merasa gerah. Warna-warna terang dan cerah  memiliki kemampuan lebih baik untuk memantulkan sinar matahari daripada warna gelap.

Baca juga:   5 Tips Memilih Botol Minum Ideal untuk Aktivitas Lari

Pilihlah warna-warna seperti putih, kuning, biru muda, atau hijau pastel untuk menghindari  penyerapan panas yang berlebihan. Warna-warna cerah juga memberikan kesan segar dan  cocok untuk suasana panas. 

4. Padukan dengan inner

Inner atau dalaman berperan penting dalam menjaga kenyamanan berbusana. Pilih  inner dengan bahan yang menyerap keringat dan cepat kering untuk mencegah rasa gerah.  Inner juga dapat membantu melindungi kulit dari efek gesekan pakaian yang mungkin kurang nyaman. 

5. Kenali model kerudung yang nyaman 

Bagi wanita muslimah, pemilihan kerudung juga memiliki peran penting dalam kenyamanan  berbusana. Pilihlah model kerudung yang sesuai dengan bentuk wajah dan menyediakan  sirkulasi udara yang baik. Kerudung dengan bahan ringan dan tidak terlalu tebal akan  membantu mengurangi rasa panas di kepala. 

6. Aksesori yang ringan dan minimalis 

Pilih aksesori yang ringan dan minimalis agar tidak menambah beban dan rasa gerah.  Aksesoris seperti kalung dengan pendant tipis, gelang ringan, atau anting-anting simpel  dapat menambah sentuhan gaya tanpa memberikan ketidaknyamanan tambahan. 

7. Pilih busana yang fleksibel 

Dalam cuaca panas, suasana bisa berubah dengan cepat. Oleh karena itu, pilihan yang tepat dengan memilih pakaian yang fleksibel. Misalnya, gunakan outerwear  yang bisa dilepas jika cuaca menjadi lebih panas atau sebaliknya.

8. Pilih sepatu yang nyaman untuk digunakan lama 

Selain busana, pemilihan sepatu juga mempengaruhi kenyamanan. Pilihlah sepatu yang  nyaman, ringan, dan sesuai dengan aktivitas Kamu. Sandal atau sepatu terbuka dapat  menjadi pilihan yang baik untuk memberikan sirkulasi udara pada kaki. 

9. Jaga keseimbangan antara modis dan fungsional 

Terakhir, tetaplah berusaha menciptakan keseimbangan antara penampilan modis dan  fungsional. Pilih busana yang tidak hanya memenuhi aspek gaya pribadi Anda tetapi juga  memberikan kenyamanan yang diperlukan dalam cuaca panas. 

Baca juga:   5 Fakta Menarik Tas Louis Vuitton Speedy yang Ikonik Itu

Dalam berpakaian, penting untuk mengutamakan kenyamanan sebagai faktor utama. Dengan mengikuti tips ini, Kamu dapat tetap tampil modis dan nyaman dalam berbusana  muslim di tengah teriknya cuaca panas. Dengan  begitu, Kamu bisa tetap percaya diri dan merasa segar sepanjang hari.


With Laruna, you can combine your love for fashion and the planet by choosing sustainable options that fit your style and contribute to positive changes. Want to join Laruna as a content contributor? We'd love to spend time with you!

Reference: 
https://www.inilahnews.com/ragam/pr-1196255491/5-tips-agar-tetap-tampil-fashionable-untuk-muslimah
https://kumparan.com/beritaanaksurabaya/3-tips-mix-and-match-busana-muslim-fashionable-dan-elegan-1zJcmrItBtb
Be a Contributor and 
Write for Us
Tell me more
Copyright © 2023 - Style by Laruna - All rights reserved
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram