Monday, 01 January 2022

Tips Fashion Sesuai Etika Bisnis

Penampilan menjadi cerminan bagi yang memakainya, terutama ketika hendak pergi kerja.
May 3, 2024  | Dena Ayu
Fashion Sesuai Etika Bisnis
 

Tips Fashion Sesuai Etika Bisnis - Dalam dunia kerja perusahaan mempunyai aturannya masing-masing. Nah, hal ini harus diperhatikan dan dilakukan sesuai dengan etika bisnis yang berlaku. 

Tips Fashion Sesuai Etika Bisnis
Sumber: unplash.com/Artem Peretiatko

Ketika berada di kantor usahakan berpenampilan baik sesuai tatakramanya. Khususnya di Indonesia secara tidak langsung penampilan sangat dinilai oleh orang lain. bahkan menjadi tolak ukur kesopanan bagi seseorang. 

Berbusana atau memilih fashion sesuai etika bisnis di tempat kerja sangat penting untuk memberikan kesan profesional dan serius. Sebelum melanjutkan ke pembahasan mengenai Tips Fashion Sesuai Etika Bisnis. 

Tips Fashion Sesuai Etika Bisnis
Sumber: unplash.com/dml5050

Yuk simak dulu apa itu etika berbusana

Apa itu etika berbusana

Yang dimaksud dengan etika berbusana yaitu sebuah ilmu yang mengajarkan seseorang dalam melakukan atau bersikap dalam berbusana, yang mana seseorang tersebut bisa memadukan corak, warna, yang sesuai dengan etika dalam berbusana dan tepat sesuai dengan kondisi dan norma-norma yang berlaku dilingkungan masyarakat. 

Jika dilihat dari estetika dalam berbusana yaitu dapat didefinisikan bahwa suatu bidang keilmuan atau pengetahuan yang membicarakan bagaimana cara berbusana yang sesuai dengan kepribadian dan tubuh seseorang sehingga akan indah dipandang dan enak dilihat oleh mata. 

Sumber: unplash.com/benzoix

Berikut adalah beberapa tips berbusana sesuai etika bisnis di tempat kerja:

Tips Fashion Sesuai Etika Bisnis

Kenali budaya dan aturan pakaian di tempat kerja Anda 

Setiap tempat kerja memiliki aturan dan budaya yang berbeda-beda. Pastikan untuk memperhatikan aturan pakaian yang berlaku di tempat kerja Anda. Cari tahu budaya yang berbusana di tempat kerjamu agar memudahkan kamu menyesuaikan sesuai habit disana. 

Baca juga:   16 Supermodel Runway Pria yang Populer Sepanjang Masa

Jika di tempat kerjamu mewajibkan karyawannya menggunakan pakaian yang bersifat formal maka, sesuai mestinya kamu ikuti aturan tersebut. Perhatikan rekan kerjamu agar bisa menyesuaikan dengan mereka, akan terlihat aneh jika kamu berbeda dengan yang lainnya. Well, usahakan untuk berbusana sama dengan rekan kerjamu. 

Pilih pakaian yang sesuai

Pilih pakaian yang sesuai seperti kemeja atau blus dengan celana panjang atau rok yang tidak terlalu pendek. Hindari pakaian yang terlalu ketat atau terlalu terbuka. Hal ini agar kamu tetap pada etika berbusana. 

Pilih warna yang netral

Pilih warna yang netral seperti hitam, putih, abu-abu, atau biru tua. Hindari warna yang terlalu mencolok atau terlalu cerah. Warna-warna netral akan membuatmu lebih edgy, dan menjadikanmu berpenampilan yang simpel tapi tetap bisa fashionable. 

Hindari pakaian yang terlalu kasual

Hindari pakaian yang terlalu kasual seperti kaos oblong atau celana pendek. Meskipun ada aturan berpakaian santai di tempat kerja, etika tetap harus diperhatikan di tempat kerja. Ingat, semua tempat mempunyai aturannya masing-masing jadi usahakan untuk mengikuti aturan tersebut. 

Pilih sepatu yang sesuai

Pilih sepatu yang sesuai seperti sepatu kasual yang rapi seperti loafer atau sepatu flat. Hindari sepatu yang terlalu kasual seperti sandal jepit atau sepatu olahraga. Inilah pentingnya memilih dan mengikuti aturan, memakai sendal jepit dan sepatu olahraga diperbolehkan yang terpenting sesuai dengan tempat dan kondisinya. 

Tambahkan aksesoris yang sesuai

Tambahkan aksesoris yang sesuai seperti jam tangan atau kalung yang tidak terlalu mencolok. Hindari aksesori yang terlalu besar atau terlalu mencolok. Aksesoris ini akan menyempurnakan penampilanmu, dan akan membuatmu lebih ber-damage, dan pastinya lengkapi dengan aksesoris sesuai dengan style kamu, tidak usah glamor yang penting terlihat indah dan rapi tentunya. Well, itulah beberapa tips dan pengenalan tentang etika berbusana. Bisa kamu praktikan ketika sudah masuk kerja. Selamat mencoba!

Baca juga:   Tips Fashion Muslim Nyaman di Tengah Teriknya Cuaca Panas!

With Laruna, you can combine your love for fashion and the planet by choosing sustainable options that fit your style and contribute to positive changes. Want to join Laruna as a content contributor? We'd love to spend time with you!

Reference: 
https://www.jobstreet.co.id/id/career-advice/article/panduan-busana-casual-kerja
https://fitinline.com/article/read/penerapan-etika-dan-estetika-dalam-berbusana/
https://lifestyle-argomanunggal.id/news-and-info-2/article-1/seragam-atau-bebas-3-tips-berbusana-di-tempat-kerja
https://www.dictio.id/t/bagaimanakah-etika-berbusana-di-tempat-kerja/6693
Be a Contributor and 
Write for Us
Tell me more
Copyright © 2023 - Style by Laruna - All rights reserved
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram