Monday, 01 January 2022

Tips Menentukan Rompi Sesuai Bentuk Tubuh

Ingin selalu terlihat langsing dan ramping di setiap penampilan tentu menjadi keinginan semua perempuan ya?
November 2, 2023  | Pipintri Aviteni Damayanti
tips menentukan rompi
 

Sebenarnya semua perempuan bisa terlihat langsing dan ramping dengan cara memanipulasi penampilan menggunakan pilihan outfit yang tepat dan sesuai kebutuhan.

Salah satu outfit yang bisa membuatmu terlihat ramping adalah rompi, sejenis outerwear atau luaran yang menutupi tubuh bagian atas dan umumnya tidak memiliki lengan. Rompi biasanya digunakan untuk pakaian casual namun tak jarang bisa juga dipakai untuk acara formal, situasi ini tergantung pada bahan dan desain yang digunakan pada rompi itu sendiri. 

Cara menentukan rompi yang tepat agar terlihat ramping

Buat kamu yang ingin terlihat ramping dengan rompi, bisa mencoba beberapa tips di bawah ini untuk menentukan rompi yang tepat nih!

Pilih ukuran yang pas

Sebaiknya pilih rompi yang pas dengan ukuran tubuh, pastikan jika rompi memiliki ukuran yang tidak terlalu ketat atau terlalu longgar karena rompi yang pas dapat menekankan bentuk tubuhmu dengan lebih baik.

Pilih warna dan pola yang menguntungkan

Kamu bisa memilih warna-warna gelap yang menguntungkan seperti hitam, navy, atau abu-abu karena dapat memberi kesan visual tubuh yang lebih ramping. Agar tubuh tidak terlihat semakin besar, sebaiknya hindari pola yang besar dan terlalu mencolok.

Pilih potongan yang memberi kesan ramping

Cobalah untuk memilih rompi dengan potongan yang disesuaikan pada bentuk tubuh, agar dapat memberikan tampilan menarik pada bentuk tubuh yang memiliki kelebihan seperti pinggang yang indah atau leher yang jenjang.

Gunakan lapisan dalam yang sesuai

Selanjutnya kamu bisa menggunakan pakaian yang menjadi lapisan dalam sebelum memakai rompi sesuai kebutuhan, gunakan kamisol, korset atau atasan yang ketat agar lebih rapi dan membantu menyempurnakan bentuk tubuh.

Baca juga:   Daftar 10 Fashion Influencer yang Wajib Kamu Ikuti di Indonesia

Padukan dengan celana atau rok

Rompi yang dipadukan dengan celana atau rok yang tepat akan membuat penampilan terlihat ramping. Pilih celana atau rok yang tidak terlalu ketat dengan potongan pas di pinggul dan paha, namun longgar di bagian kaki bawahnya untuk mendapatkan penampilan yang proporsional.

Pakai aksesoris

Tambahkan aksesoris yang pas dan sesuai dengan rompi misalnya ikat pinggang yang dikenakan untuk membuat tampilan lebih menarik serta memaksimalkan gaya personal mu.

Percaya diri

Jangan lupa untuk selalu percaya diri pada penampilanmu, karena keyakinan merupakan salah satu faktor penting untuk menampilkan penampilan yang cantik dan ramping. 

Jenis rompi yang sesuai dengan bentuk tubuh

Setelah mengetahui cara menentukan rompi yang tepat, kamu bisa menyesuaikan jenis rompi seperti apa yang sesuai dengan bentuk tubuhmu untuk mendapatkan kenyamanan dan rasa percaya diri yang tinggi dan terlihat ramping ketika memakai rompi, antara lain :

  1. Bentuk tubuh Pear (pirus)

Buat kamu yang memiliki bentuk tubuh Pear (pirus) cocok menggunakan rompi dengan aksen dan detail di bahu atau leher, untuk menarik perhatian orang lain ke bagian atas tubuh. Sebaiknya hindari rompi yang memiliki detail berlebihan di area pinggul atau pinggang karena dapat membuat penampilan di bagian tubuh bawah terlihat lebih besar.

  1. Bentuk tubuh Apple (apel)

Pilihan rompi yang berukuran longgar di bagian perut dan pinggang cocok untuk kamu yang memiliki bentuk tubuh Apple (apel),  namun tetap mempertahankan siluet di bagian dada dan bahu. Jangan memakai rompi yang terlalu ketat di area perut dan pinggang karena hal ini akan memperlihatkan area yang sebenarnya ingin disembunyikan. 

  1. Bentuk tubuh Hourglass (jam pasir)
Baca juga:   Sejarah Sunglasses: Dulu Digunakan Hanya untuk Kebutuhan

Pemilik bentuk tubuh Hourglass (jam pasir) memiliki pinggang kecil sedangkan dada dan pinggulnya kurang lebih berukuran lebar sama besar. Oleh karena itu, pilihlah rompi yang berukuran pas di bagian dada dan pinggang cocok bagi tubuh jam pasir untuk memperlihatkan lekuk tubuh yang indah. Selain itu, pilihlah rompi yang memiliki potongan mengikuti garis tubuh agar penampilanmu terlihat proporsional.

  1. Bentuk tubuh Rectangle (persegi)

Biasanya pemilik bentuk tubuh Rectangle (persegi) memiliki tampilan lurus karena tidak terlalu banyak lekuk dan lemak dalam tubuhnya menyebar secara merata. Oleh karena itu, pilihan rompi dengan aksen detail di pinggang seperti ikat pinggang atau lipatan sangat cocok untuk tubuh persegi agar dapat memberikan ilusi bentuk pinggang yang lebih ramping.

  1. Bentuk tubuh Inverted Triangle (Segitiga Terbalik)

Pemilik tubuh segitiga terbalik cenderung memiliki bagian tubuh atas yang lebih lebar terutama bagian bahunya, namun kelebihan bentuk tubuh ini adalah memiliki kaki yang ramping dan tampilan yang atletis. Jadi sebaiknya, buat kamu yang memiliki bentuk tubuh ini memilih rompi yang berukuran longgar di bagian bahu dan mengikuti garis tubuh bagian bawah agar terlihat seimbang. Jangan lupa untuk menghindari rompi yang memiliki detail berlebihan di area bahu karena dapat membuat bagian tubuh atas terlihat semakin besar.

Itulah beberapa tips menentukan rompi yang tepat sesuai dengan bentuk tubuh. Ingatlah bahwa setiap bentuk tubuh itu unik dan memiliki keistimewaan tersendiri, dan memilih rompi yang dapat memberikan kenyamanan serta kepercayaan diri merupakan hal yang penting. Percayalah pada insting fashion pribadimu untuk terus mencoba berbagai gaya rompi sampai menemukan gaya yang sesuai dengan selera dan karakteristik tubuhmu.

Baca juga:   5 Kesalahan Dress Code di Tempat Kerja

With Laruna, you can combine your love for fashion and the planet by choosing sustainable options that fit your style and contribute to positive changes. Want to join Laruna as a content contributor? We'd love to spend time with you!

Reference: 
dewimagazine.com https://www.dewimagazine.com/fashion-tips/tips-terlihat-ramping-dengan-rompi
Diakses pada tanggal 22 Juni 2023

fimela.com https://www.fimela.com/beauty/read/3725222/tips-baju-atasan-yang-membuat-anda-nampak-langsing
Diakses pada tanggal 22 Juni 2023

cewekbanget.grid.id https://cewekbanget.grid.id/read/061887544/4-tips-trik-memilih-model-outfit-biar-terlihat-lebih-langsing?page=all
Diakses pada tanggal 22 Juni 2023
Be a Contributor and 
Write for Us
Tell me more
Copyright © 2023 - Style by Laruna - All rights reserved
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram