Monday, 01 January 2022

Tips Merapikan Lemari Pakaian

Lemari adalah salah satu komponen penting untuk menyimpan dan menjaga koleksi pakaianmu tertata rapi.
August 14, 2023  | Melisa Nirmaladewi
Tips Merapikan Lemari Pakaian
 

Tidak hanya sebagai tempat menyimpan, tatanan di dalam lemari yang tepat juga bisa mempengaruhi kualitas pakaian yang kamu simpan. Pada artikel kali ini, Laruna akan memberikanmu tips untuk merapikan pakaian di lemari supaya lebih rapi dan tertata.

Pastinya nggak mau dong, bajumu yang sudah dibeli dengan harga mahal harus terlihat kusut dan berantakan hanya karena cara menyimpan yang kurang tepat? Karena itu, yuk ikuti tips merapikan lemari berikut ini supaya tetap tersimpan rapi!

Kosongkan Dulu Lemarimu

Sebelum mulai merapikan, alangkah baiknya kamu benar-benar mengosongkan seluruh isi lemari. Me-reset semua isi lemari memudahkanmu untuk kembali mengelompokkan pakaian maupun menyusun rencana yang lebih jelas untuk menata pakaianmu. Mengosongkan lemari juga memungkinkan kamu untuk menemukan barang atau fashion item yang terselip karena tertumpuk pakaian yang lain.

Bersihkan Setiap Sudut Lemari

Sebelum memasukkan kembali pakaianmu, kamu bisa membersihkan lemari pakaianmu terlebih dahulu. Gunakan vacuum atau pembersih debu yang menjangkau sudut-sudut kecil di lemari. Bersihkan juga bagian ata lemari dan hanger menggunakan lap atau kain bersih.

Mulai Decluttering

Momen menata pakaian ini bisa kamu manfaatkan untuk melakukan decluttering atau mengurangi pakaian lama yang sudah jarang dipakai. Selain bisa mengurangi jumlah pakaian yang menumpuk di lemari, decluttering juga bisa membantumu untuk menentukan style yang sedang kamu sukai saat ini. Melakukan decluttering memang tidak mudah dilakukan di awal.

Sumber: Pexels

Seringkali kita takut untuk melakukan decluttering karena ada pikiran seperti ‘’mungkin bajunya perlukan suatu hari nanti" atau "sedang tren sekarang". Supaya proses decluttering-mu tetap berjalan efektif, kamu bisa coba menerapkan Metode KonMari untuk mengatur pakaian dengan fokus pada benda yang ingin kamu simpan daripada apa yang kamu  singkirkan. Mengikuti saran Marie Kondo, tanyakan pada dirimu sendiri pertanyaan-pertanyaan ini ketika melakukan decluttering:

  • Apakah kamu masih menyukainya
  • Apakah kamu akan memakainya?
  • Apakah pakaian tersebut memproyeksikan citra yang ingin kamu tunjukkan pada orang lain?
Baca juga:   Pengalaman Berbelanja dengan Virtual Reality, Simak Disini!

Jika jawabannya adalah "ya" untuk ketiganya, kamu bisa mempertahankan pakaian tersebut untuk disimpan di dalam lemari.

Mulai Pilah Baju Sesuai Jenis atau Warna

Setelah mengurangi pakaian dengan decluttering, kamu bisa mulai fokus pada pakaian yang kamu putuskan untuk dipertahankan dengan memilahnya berdasarkan jenis atau warna.

tips merapikan lemari
Sumber: Pexels

Misalnya, kamu bisa tata bawahan dengan menerapkan celana dan rok pada satu tempat, mengelompokkan outer di bagian lemari yang bisa digantungkan hanger, dan pakaian santai di bagian yang paling mudah dijangkau.

Gunakan Kotak Penyimpanan Jika Perlu

Supaya bisa lebih tertata, kamu bisa menggunakan kotak penyimpanan untuk jenis-jenis pakaian tertentu. Misalnya kamu sediakan kotak khusus untuk menyimpan celana atau sepatu. Pastikan kamu tidak memilih kotak yang ukurannya kurang fit untuk dimasukkan ke dalam lemarimu. Selain membantu kamu untuk mengelompokkan pakaian, kotak penyimpanan juga memudahkan kamu untuk mencari pakaian jenis tertentu yang khusus kamu simpan di dalam kotak.


With Laruna, you can combine your love for fashion and the planet by choosing sustainable options that fit your style and contribute to positive changes. Want to join Laruna as a content contributor? We'd love to spend time with you!

Reference: 
https://www.thespruce.com/how-to-organize-your-closet-2648411 (Diakses pada 16 Mei 2023)
https://www.housebeautiful.com/lifestyle/organizing-tips/tips/g911/closet-organization-ideas/ (Diakses pada 16 Mei 2023)
Be a Contributor and 
Write for Us
Tell me more
Copyright © 2023 - Style by Laruna - All rights reserved
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram