Monday, 01 January 2022

Merawat Tas Kanvas Agar Tidak Cepat Rusak, Ini Tipsnya!

Selain menawarkan bahan yang awet, simpel, dan ringan, tas kanvas kini banyak dikembangkan dengan berbagai macam jenis. Mulai dari tote bag hingga ransel.
February 23, 2023  | Melisa Nirmaladewi
merawat tas kanvas
 

Kanvas adalah salah satu bahan yang umum digunakan untuk fashion items. Kain kanvas sendiri terbuat dari Jerami untuk membuatnya tahan lama dan awet. Seiring berjalannya waktu, kain ini mulai dikombinasikan dengan bahan lain seperti linen, polyester, atau kapas. Salah satu fashion item yang menggunakan kanvas sebagai bahan baku adalah tas.

Meski demikian, merawat tas kanvas bisa cukup tricky karena jika tidak dilakukan dengan benar permukaan kainnya bisa cepat rusak. Berikut lima tips mudah yang bisa kamu lakukan di rumah untuk merawat tas kanvasmu tidak cepat rusak:

Tidak Mencuci dengan Air Panas

Saat mencuci tas kanvas, jangan menggunakan air panas. Suhu air yang tinggi bisa merusak permukaan kain kanvas dan membuat warna jadi luntur. Cuci menggunakan air dingin, campurkan dengan sabun atau deterjen, dan gosok secara perlahan. Jika terlanjur mencuci dengan air panas, segera jemur di tempat dengan suhu normal.

Bersihkan Debu dengan Sikat

Seringkali kita menemukan debu atau kotoran yang melekat di tas kanvas. Debu dan kotoran tersebut bisa meninggalkan bekas yang membuat penampilan tas jadi kurang menarik. Untuk mengatasinya siapkan sikat yang memiliki bulu halus untuk membersihkan debu dan kotoran yang menempel. Kamu bisa membersihkannya sesekali ketika kotoran tampak terlihat di tas.

Simpan di Tempat yang Sejuk dan Kering

Ketika menyimpan atau menjemur tas kanvas, hindari untuk diletakkan di bawah sinar matahari langsung. Sinar matahari bisa membuat kualitas tas kanvas menurun.

merawat tas kanvas
Sumber: Freepik

Hindari juga menyimpan tas kanvas di tempat yang lembap karena berpotensi menimbulkan bau tidak sedap.

Baca juga:   Daftar Universitas Terbaik di Dunia untuk Kuliah Jurusan Fashion

Jangan Menggunakan Mesin Cuci

Saat membersihkan tas kanvas, lebih baik membersihkannya dengan tangan daripada mesin cuci. Tas kanvas yang dicuci menggunakan mesin berpotensi cepat rusak karena mengubah serat dan bentuk tas.

Kosongkan Tas Kanvas

Terdengar sepele tapi bisa merawat keawetan tas kanvas. Ketika tidak digunakan, hindari untuk meletakkan banyak barang di dalam tas kanvas, terutama di posisi menggantung. Tas yang menahan beban terlalu banyak bisa membuat ketahanan tas semakin berkurang dan cepat kotor.


With Laruna, you can combine your love for fashion and the planet by choosing sustainable options that fit your style and contribute to positive changes. Want to join Laruna as a content contributor? We'd love to spend time with you!

Reference: 
https://www.rebag.com/thevault/canvas-care/ (Diakses pada: 13 Januari 2022)

https://www.willowys.com/blogs/willowys-fashion-journal/willowys-how-to-take-care-of-your-canvas-bag (Diakses pada: 13 Januari 2022)

https://www.trooplondon.com/blogs/news/taking-care-of-canvas-bags-tips (Diakses pada: 13 Januari 2022)
Be a Contributor and 
Write for Us
Tell me more
Copyright © 2023 - Style by Laruna - All rights reserved
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram