Monday, 01 January 2022

Dijamin Awet, Ini 5 Tips untuk Merawat Tas Branded Kamu

Merawat tas branded bisa cukup tricky. Selain karena bahan-bahan yang digunakan oleh desainer brand dibuat secara high quality,
March 15, 2023  | Melisa Nirmaladewi
merawat tas branded
 

Tas branded seringkali cukup sensitif dengan paparan eksternal. Apabila tidak dirawat dan disimpan dengan benar, tidak menutup kemungkinan tas branded yang kamu miliki cepat rusak dan mengalami perubahan secara warna dan kualitas.

Supaya tas branded-mu bisa tetap awet dan tahan lama, yuk ikuti tips untuk merawat tas branded kamu berikut ini:

Letakkan Kain atau Pakaian di Dalam Tas

Agar bentuk tas bisa tetap terjaga, kamu bisa memasukkan kain atau pakaian lembut didalamnya. Hindari memasukan kertas dengan lapisan print tinta atau koran karena bisa membuat tintanya transfer ke dalam tas. Lapisan di dalam tas bisa membantu bentuk tas tetap kokoh terjaga. Untuk memaksimalkan penyimpanan, kamu bisa menyimpan tas dalam posisi berdiri. Jika tidak memungkinkan, kamu bisa meletakkan tas dalam posisi tidur atau datar tanpa menumpuknya dengan tas atau benda lain diatasnya.

Keluarkan Tas dari Dustbag Sesekali

Sangat disarankan untuk memberi tasmu ruang untuk ‘’bernapas’’ agar kualitas lapisan luar dari tas branded-mu tetap terjaga – terutama bagi kamu yang memiliki tas yang terbuat dari bahan leather. Mengeluarkan tas dari dustbag atau paperbag bisa membantu bahan kulit tas branded-mu tetap terlihat.

Lapisi Barang Sebelum Dimasukkan ke Dalam Tas

Ketika menyimpan barangmu ke dalam tas, usahakan untuk melapisinya terlebih dahulu agar tidak ada warna atau noda yang bisa membuat bagian dalam tas terlihat kotor. Misal saat kamu membawa makeup atau alat tulis, selalu usahakan untuk menyimpannya ke dalam pouch khusus. Selain mengurangi kemungkinan lapisan tas menjadi kotor, beberapa jenis warna atau noda (seperti noda lipstik) sulit untuk dihilangkan secara total.

Baca juga:   6 Cara Berpakaian Sesuai Bentuk Tubuh

Perhatikan Kebersihan Tangan

Tangan yang bersih tidak hanya disiapkan sebelum makan, tapi juga sebelum membawa tas branded. Hindari membawa atau memegang tas branded ketika tanganmu dalam keadaan kotor atau setelah mengaplikasikan krim lotion yang bisa membuat handle tas terasa lengket. Kamu juga bisa membersihkan debu atau bagian-bagian tertentu di tas branded-mu menggunakan tisu basah yang alcohol-free.

Hindari Area yang Lembap

Saat menyimpan atau meletakkan tas, hindari area yang lembap atau basah. Beberapa jenis tas seperti colored leather dan suede akan mudah mengalami transfer warna jika terkena benda yang basah atau permukaan yang lembap. Pastikan untuk selalu meletakkan atau menyimpannya di area yang kering.

Itulah beberapa tips mudah yang bisa kamu lakukan untuk merawat tas branded-mu. Perlu diperhatikan juga tidak semua tas branded bisa dirawat secara mandiri. Terkadang terdapat tas branded yang membutuhkan perawatan dan penanganan khusus dari professional untuk menjaga kualitasnya tetap terjaga. Apabila kamu mengalami kesulitan untuk menemukan perawatan yang tepat untuk tas branded, sangat disarankan untuk menghubungi jasa profesional yang khusus merawat tas branded.


With Laruna, you can combine your love for fashion and the planet by choosing sustainable options that fit your style and contribute to positive changes. Want to join Laruna as a content contributor? We'd love to spend time with you!

Reference: 
https://www.vogue.in/content/how-to-take-care-of-your-prized-luxury-leather-handbags (Diakses pada: 20 Februari 2023)

https://www.chaseamie.com/how-to-take-care-of-your-luxury-goods/ (Diakses pada: 20 Februari 2023)

https://lovethatbagetc.com/blogs/the-preloved-pages/designer-handbag-care-tips (Diakses pada: 20 Februari 2023)
Be a Contributor and 
Write for Us
Tell me more
Copyright © 2023 - Style by Laruna - All rights reserved
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram