Monday, 01 January 2022

Transformasi Style Billie Eilish: Dari Boyish ke Feminin

January 6, 2023  | Melisa Nirmaladewi
billie eilish
 

Tidak hanya sukses dengan mega hit single-nya yang berjudul ‘’Bad Guy’’, Billie Eilish sukses menjadi salah satu fashion icon favorit anak muda dengan style-nya yang unik dan berani. Di awal-awal masa kejayaannya, Billie dikenal dengan style boyish dengan oversize outfit-nya yang khas. Beberapa fashion item khas yang sering dikenakan olehnya seperti baggy pants, oversize t-shirt, hingga statement outfit dengan cepat menjadi trending fashion yang hangat diperbincangkan.

Tidak hanya dari outfit yang dikenakan, penampilan dan makeup Billie mulai dari rambut, aksesoris, dan makeup-nya juga berhasil menarik perhatian para pemerhati fashion. Di tengah style Billie yang sudah melekat erat dengan ciri khas boyish style-nya tersebut, fans tampak dikejutkan dengan perubahan style-nya yang cukup drastis ketika Billie melakukan pemotretan bersama majalah British Vogue. Pelantun ‘’Happier than Ever’’ itu tampak terlihat charming dan seksi mengenakan korset buatan Gucci yang menampakkan style yang agak terbuka.

Memaknai ekspresi dan identitas diri dalam fashion

Penampilan style fashion Billie Eilish yang selalu unik dan outstanding ini dilihat Billie sebagai caranya untuk berekspresi dan menemukan identitas diri dalam dirinya. Dalam wawancara yang dilakukan bersama Vogue Australia, Billie mengungkapkan bahwa outfit yang dikenakannya adalah salah satu hal penting dalam kehidupannya. ‘’Kemanapun aku pergi dan berpikir, baju adalah hal paling sakral untuk merepresentasikan diriku. Aku menjadikan fashion sebagai media ekspresi karena apa yang aku kenakan mendeskripsikan personality-ku di hari itu. Aku bisa memiliki personality yang berbeda pada beberapa style pakaian dalam sehari,’’ jelasnya. 

Baca juga:   Copenhagen Fashion Week: Visi Memperkuat ‘Sustainability’ dalam Industri Mode

Kenyamanan menjadi poin penting dalam berpakaian oleh Billie. Ketika Ia merasa kurang nyaman dengan pakaian yang dikenakan, Billie bisa menunjukkan personality yang dibenci di hari Ia mengenakan pakaian tersebut. Ekspresi akan identitas diri dalam outfit yang dikenakan Billie tersebut memiliki kaitan erat dengan pakaian oversize dan baggy yang sering dikenakan olehnya.

Melansir dari Style Bistro, alasan Billie sering mengenakan outfit oversize karena pakaian tersebut tidak memberi ruang bagi siapapun untuk menilai bentuk tubuh dirinya – terutama soal fisik tubuhnya. ‘’ Saya tidak ingin memberi siapa pun alasan untuk menghakimi bentuk tubuhku. Memang tidak semua orang melakukannya secara gamblang, tapi pasti beberapa diantara mereka ada yang menghakimi di dalam pikiran mereka. Fashion seperti security blanket bagiku. Ini cara saya berekspresi tanpa harus menggunakan kata-kata.,’’ ungkap Billie melansir dari hasil interview Vogue Australia.

Pendapat terakhir Billie tersebut memang tampak bertolak belakang dengan transformasi outfit-nya kini. Perubahan penampilannya yang lebih berani menunjukkan lekuk tubuhnya secara jelas menunjukkan bagaimana Billie mulai memaknai fashion tidak hanya sebagai selimut pengaman untuk menutupi tubuhnya – tapi manifestasi dari kenyamanan untuk berekspresi dan menerima dirinya secara utuh.

Transformasi style Billie Eilish menjadi fenomena menarik untuk melihat perkembangan style dari peraih 5 peraih Grammy Awards 2020 ini. Simak perubahan style-nya dari tahun ke tahun berikut ini:

2017 – Bold in Camo

Sumber: Barry King/FilmMagic

D alam rangka menghadiri acara screening Everything Everything di Los Angeles, rambut ash-grey Billie berpadu selaras dengan oversize yellow t-shirt, jogger dengan detail print cama dan combat boots yang membuat tampilannya terlihat bold.

2017 – Majestic in Fur

Sumber: Getty Images North America

Tampilan formal Billie saat menghadiri 2017 ASCAP Pop Awards terlihat elegan dengan sentuhan warna dark brown di jas-nya disertai dengan outer fur yang menggantung di pundaknya dan leopard print pants yang memberikan statement di look-nya. Alas kaki Mary Jane Shoe yang dikenakan Billie juga melengkapi tampilannya menjadi lebih mewah dan modern.

Baca juga:   Unik, Sepatu Brand Lokal ini Dibuat dari Limbah Kulit Ceker Ayam Hingga Go Internasional!

2018 – Sporty Neon

Sumber: Getty Images North America

Billie tampil eksentrik di 2018 ASCAP Pop Awards dengan outfit serba neon oranye yang menyelimutinya dari kepala hingga kaki. Bertemakan style sporty, t-shirt Balenciaga-nya tampak diselimuti dengan hoodie, short, dan sneakers yang memiliki warna senada. Comfy and simple!

2019 - Elegant in Satin

Sumber: Getty Images North America

Tidak hanya berhasil dengan tampilan neon dan colorful-nya, Billie tampak elegan dengan balutan shirt dan baggy trouser satin berwarna hitam saat menghadiri Seann Penn J/P HRO Gala. Kesan boyish-nya tampak terlihat dari chunky sneakers yang dikenakan olehnya.

2019 – Futuristic in Metallic

Sumber: Getty Images North America

Kembali tampil dengan element style favoritnya, Billie terlihat tampil futuristik dengan sentuhan baggy pants abu-abu metaliknya yang berpadu dengan oversize jaket dari MCM. Bucket hat yang menjadi aksesoris kepalanya terlihat serasi melengkapi tampilan ini.

2019 – Eccentric with The Powerpuff Girls 

style billie eilish
Sumber: Getty Images North America

Graphic set outfit tampaknya menjadi salah satu style favorit Billie Eilish untuk melengkapi tampilan boyish-nya. Saat menghadiri 2019 ASCAP Pop Awards, pacar dari Jesse Rutherford ini mengenakan set vest dan pants bergambar Powerpuff Girls. Tampilannya terlihat semakin eksentrik dengan hairstyle model twin bun.

2020 – Classic in Chanel

style billie eilish
Sumber: Getty Images North America

Menghadiri Red Carpet Oscar 2020, Billie tampil klasik dengan balutan high-end fashion mewah dari koleksi tweed milik Chanel. Di tahun ini, Billie juga mulai mewarnai rambutnya dengan neon green-nya yang terang menyala. Penampilan klasiknya ini juga dipadu dengan nail art berwarna hitam yang tampak elegan.

2020 – Wrapped in Gucci

style billie eilish
Sumber: Getty Images North America

Kembali lagi dengan logomania look, Billie tampak mengenakan oversize pants berwarna hitam dari Gucci saat menghadiri Grammy 2020. Untuk membuat menyempurnakan tampilannya agar lebih serasi, pelantun "Everything I Wanted" itu memilih warna kuku hijau dengan detail logo Gucci dalam dua warna berbeda: dark forest hue dan slime green.

2021 – Gorgeous in Blonde

style billie eilish
Sumber: Getty Images North America

Billie memamerkan penampilan barunya di pesta peluncuran album terbarunya – Happier Than Ever -- lengkap dengan rambut pirang dan korset berenda. Stunning!

2022 – Met Gala Classic Look

style billie eilish
Sumber: Getty Images

Menjadi salah satu tamu undangan dalam perhelatan Met Gala 2022, Billie membawakan tema Gilded Glamour melalui gaun klasik hasil rancangan desainer Gucci. Detail dress-nya sendiri didominasi dengan warna emas dengan aksen berwarna hijau tosca pada bagian sleeve-nya. Aksesori bunga di dada dan siluet korset pada dress-nya juga mempertegas penampilannya yang terlihat elegan dan funky di saat bersamaan karena hairstyle pop-nya yang unik.

Baca juga:   Deretan Best Dressed SAG Awards 2024

Terlepas dari berbagai kontroversi dan kritik netizen tentang penampilan Billie, we’re all still agree she’s one of the influential fashion icon. Kamu sendiri suka style Billie yang mana, nih?


With Laruna, you can combine your love for fashion and the planet by choosing sustainable options that fit your style and contribute to positive changes. Want to join Laruna as a content contributor? We'd love to spend time with you!

Reference: 
https://www.stylebistro.com/The+Style+Evolution+Of+Billie+Eilish (Diakses pada: 5 November 2022)

https://www.usmagazine.com/stylish/pictures/billie-eilishs-dramatic-style-evolution-photos/may-16-2017-2/ (Diakses pada: 5 November 2022)

https://www.vogue.com/article/billie-eilish-style-journey (Diakses pada: 5 November 2022)
Copyright © 2023 - Style by Laruna - All rights reserved
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram