Monday, 01 January 2022

Tren Barbiecore Style yang Mengguncang Fashion Dunia

November 9, 2023  | Kingkit Neira
Barbiecore Style
 

Demam Barbie sedang terjadi di berbagai penjuru dunia hingga muncul istilah tren Barbiecore. Tren identik dengan warna pink yang menyegarkan ini mulai menjadi sorotan utama di tahun 2022 dan kini menjadi semakin populer dengan aksesori yang kental nuansa nostalgia.

Semua bermula dari film Barbie yang tayang perdana pada 21 Juli, ketika foto-foto Margot Robbie berperan sebagai boneka ikonik Mattel tertangkap kamera di lokasi syuting pada Juni tahun sebelumnya. 

margot-robbie-wears-bottega-veneta-649981b0610f1
Sumber: Bottega Veneta - Harpers Bazaar

Sejak itu, warna pink telah menjadi perbincangan utama, dan tren Barbiecore dengan cepat menyebar ke berbagai elemen mode, termasuk tas pink berbahan plastik dan sepatu hak tinggi berwarna pink yang ikonik.

Margot Robbie, yang memerankan Barbie dalam film tersebut, telah menunjukkan dedikasi pada karakternya di luar layar dengan sempurna menciptakan ulang pakaian-pakaian boneka Barbie dalam tur promosi film. 

Namun, tren Barbiecore bukan hanya dipengaruhi oleh film terbaru ini, tetapi sudah menjadi tren yang meningkat dalam beberapa tahun terakhir.

Tren Barbiecore
Sumber: Via People

Sebenarnya, tren Barbiecore telah muncul sejak tahun 2019. Hal ini ditandai dengan banyaknya penanda Pinterest yang mengusung tema ini. Selain itu, di platform TikTok memiliki hashtag Barbiecore telah menjadi tren dengan hampir 15 juta tampilan. 

Para pencari barang fashion juga telah menyebabkan peningkatan pencarian item berwarna pink hingga 35 persen di Etsy pada bulan Juli tahun sebelumnya, menurut Good Morning America.

Asal mula Barbiecore bukan hanya terkait dengan dunia mode, tetapi juga telah menjadi bagian dari budaya populer. Barbie telah menjadi simbol kecantikan, kekayaan, dan daya tarik untuk berbagai generasi. 

Rapper Nicki Minaj telah mengidentikkan dirinya dengan boneka plastik ini sejak awal kariernya, dengan panggilan penggemar "Barbz." Selain itu, banyak selebriti telah diabadikan dalam bentuk boneka Barbie yang menghormati keberadaan mereka.

Tren Barbiecore
Sumber: Via Sociolla

Brand fashion terkenal seperti Moschino dan Valentino juga telah memberikan penghormatan kepada boneka Barbie. Moschino menghadirkan koleksi SS/15 bertemakan Barbie, dengan tampilan yang kampiun dari gaya ikonik boneka tersebut. 

Baca juga:   5 Gaya Selebriti Pria dengan Celana Pendek di Acara Formal

Sementara itu, koleksi Pink PP dari Valentino pada tahun lalu juga mencerminkan penghormatan kepada warna favorit Barbie.

Selain brand fashion terkemuka, para selebriti dunia seperti Machine Gun Kelly dan Megan Fox juga ikut mengadopsi gaya punk-rock ala Barbiecore dalam penampilan mereka di berbagai acara. Tidak hanya itu, bahkan Kim Kardashian juga mengadopsi alter-ego Barbie dengan tampil dalam berbagai pakaian Balenciaga berwarna pink yang mencerminkan gaya feminin ala Barbiecore.

Dengan hadirnya Barbiecore style yang semakin mendominasi dunia mode, tren ini terus menarik minat banyak orang dari berbagai latar belakang. Barbiecore menghadirkan kembali kenangan masa kecil yang manis dan menjadi simbol inspirasi bagi para pecinta mode. 

Barbiecore bukan hanya tentang mengenakan pakaian berwarna pink, tetapi juga mengusung semangat aspirasi dan imajinasi ala Barbie dalam kehidupan nyata. Dengan berbagai selebriti dan brand fashion yang terus mempopulerkan Barbiecore, tren ini dipastikan akan terus berkembang dan menjadi bagian yang tak terpisahkan dari dunia fashion.


With Laruna, you can combine your love for fashion and the planet by choosing sustainable options that fit your style and contribute to positive changes. Want to join Laruna as a content contributor? We'd love to spend time with you!

Reference: 
https://people.com/style/barbiecore-fashion-trend-everything-to-know/

https://www.elle.com.au/fashion/barbiecore-27286
Be a Contributor and 
Write for Us
Tell me more
Copyright © 2023 - Style by Laruna - All rights reserved
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram