Monday, 01 January 2022

Tren Boho Chic: Kembalinya Tren Gaya Bebas

Gaya ini identik dengan pakaian longgar dan nyaman, motif dan warna yang berani, serta aksesoris yang unik.
April 5, 2024  | Anggun Tifani
tren boho chic
 

Boho chic, gaya berpakaian yang terinspirasi dari budaya bohemian dan hippie, kembali menghiasi dunia fesyen di tahun 2024.

Tren boho chic kembali populer di tahun 2024 dengan menawarkan gaya berpakaian yang nyaman, stylish, dan berkelanjutan. Gaya ini cocok untuk individu yang ingin menunjukkan kepribadian mereka melalui padu padan pakaian dan aksesoris yang unik. Apa sih gaya boho chic itu? Yuk, cek di ulasan berikut!

Sejarah Singkat Boho Chic

Akar gaya boho chic dapat ditelusuri kembali ke abad ke-19, di mana kaum bohemian di Prancis dikenal dengan gaya hidup non-konformis dan artistik. Mereka sering mengenakan pakaian yang longgar dan berwarna-warni, serta aksesoris yang terbuat dari bahan-bahan alami.

Pada tahun 1960-an, gaya bohemian diadopsi oleh gerakan hippie di Amerika Serikat. Kaum hippie menentang nilai-nilai tradisional dan menganut gaya hidup yang bebas dan damai. Pakaian mereka pun mencerminkan nilai-nilai tersebut, dengan potongan longgar, motif paisley yang terinspirasi dari India, dan aksesoris seperti bandana dan kalung bunga.

Kebangkitan Boho Chic di Tahun 2024

Beberapa faktor yang mendorong kembalinya tren boho chic:

  • Keinginan untuk kenyamanan: Setelah dua tahun masa pandemi, orang-orang mencari pakaian yang nyaman dipakai di rumah maupun saat beraktivitas di luar. Boho chic menawarkan pilihan pakaian longgar dan berbahan ringan yang tetap stylish.
  • Kesadaran terhadap lingkungan: Boho chic banyak menggunakan bahan-bahan alami dan daur ulang, selaras dengan tren fashion yang berkelanjutan.
  • Ekspresi diri: Boho chic memberikan kebebasan untuk berekspresi melalui padu padan pakaian dan aksesoris yang unik. Gaya ini cocok untuk individu yang ingin menunjukkan kepribadian mereka.
Baca juga:   Street Fashion Trends 2023, Intip Prediksinya

Sosok Kuat di Balik Kembalinya Tren Boho Chic

Kembalinya tren boho chic di tahun 2024 tidak lepas dari peran beberapa sosok kuat dalam dunia fesyen, antara lain:

1. Desainer

  • Isabel Marant: Desainer asal Prancis ini terkenal dengan gaya bohemian modernnya yang menggabungkan elemen klasik dengan sentuhan bohemian yang chic. Koleksinya sering menampilkan pakaian longgar dengan motif dan warna yang berani, serta aksesoris yang unik.
  • Etno: Merek fashion asal Indonesia ini menghadirkan gaya boho chic dengan sentuhan etnik yang khas. Koleksinya menggunakan bahan-bahan alami seperti katun dan linen dengan motif batik dan tenun tradisional.
  • Chloé: Rumah mode asal Prancis ini terkenal dengan gaya bohemian yang feminin dan romantis. Koleksinya sering menampilkan gaun maxi dan rok midi dengan motif bunga dan renda.

2. Selebriti

  • Sienna Miller: Aktris Hollywood ini dikenal sebagai ikon gaya boho chic di tahun 2000-an. Gayanya yang santai dan chic menjadi inspirasi bagi banyak orang untuk mengikuti tren boho chic.
  • Kate Moss: Model ternama ini sering terlihat mengenakan pakaian boho chic dalam kesehariannya. Gayanya yang edgy dan effortless menjadi inspirasi bagi banyak orang untuk memadukan gaya boho chic dengan gaya pribadi mereka.
  • Vanessa Hudgens: Aktris dan penyanyi ini dikenal dengan gayanya yang eklektik dan playful. Ia sering memadukan gaya boho chic dengan gaya modern dan sporty.

3. Influencer

  • Leonie Hanne: Influencer asal Jerman ini memiliki lebih dari 4 juta pengikut di Instagram. Gayanya yang chic dan stylish menjadi inspirasi bagi banyak orang untuk mengikuti tren boho chic.
  • Camila Coelho: Influencer asal Brasil ini memiliki lebih dari 9 juta pengikut di Instagram. Gayanya yang glamor dan sensual menjadi inspirasi bagi banyak orang untuk memadukan gaya boho chic dengan gaya yang lebih feminin.
  • Jessica Wang: Influencer asal Amerika Serikat ini memiliki lebih dari 1 juta pengikut di Instagram. Gayanya yang edgy dan modern menjadi inspirasi bagi banyak orang untuk memadukan gaya boho chic dengan gaya yang lebih trendi.
Baca juga:   1910s Fashion Styles

Peran para sosok kuat ini dalam mempopulerkan gaya boho chic melalui karya dan penampilan mereka, telah mendorong tren ini menjadi tren yang digemari di tahun 2024.

Elemen Kunci Tren Boho Chic 2024

  • Pakaian longgar dan berlapis: Maxi dress, rok midi, blus longgar, dan celana palazzo adalah beberapa contoh pakaian yang sering digunakan dalam gaya boho chic.
  • Motif dan warna yang berani: Motif bunga, paisley, dan geometris, serta warna-warna cerah seperti merah, kuning, dan biru, menjadi ciri khas boho chic.
  • Aksesoris yang unik: Kalung statement, gelang tumpuk, topi fedora, dan syal adalah beberapa aksesoris yang dapat melengkapi gaya boho chic.

Tips Memadukan Gaya Boho Chic

  • Mulai dengan potongan dasar: Pilihlah beberapa pakaian longgar dan berbahan nyaman sebagai dasar penampilan.
  • Tambahkan motif dan warna: Gunakan pakaian atau aksesoris dengan motif dan warna yang berani untuk memberikan sentuhan boho chic.
  • Bereksperimen dengan aksesoris: Aksesoris yang unik dapat membuat penampilan boho chic semakin menarik.
  • Padu padankan dengan gaya pribadi: Jangan ragu untuk memadukan gaya boho chic dengan gaya pribadi Anda.

Boho chic adalah pilihan gaya yang tepat bagi mereka yang ingin tampil stylish dan nyaman. Gaya ini menawarkan kebebasan untuk berekspresi dan cocok untuk berbagai acara.


With Laruna, you can combine your love for fashion and the planet by choosing sustainable options that fit your style and contribute to positive changes. Want to join Laruna as a content contributor? We'd love to spend time with you!

Reference: 
https://www.antaranews.com/berita/4026615/gaya-boho-chic-kembali-gairahkan-dunia-fashion diakses 30 Maret 2024
Be a Contributor and 
Write for Us
Tell me more
Copyright © 2023 - Style by Laruna - All rights reserved
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram