Monday, 01 January 2022

Tren Persona Color ala Artis dan Idol Korea

January 6, 2023  | Anggun Tifani
tren persona color
 

Tren kecantikan dalam dunia fashion kian hari terus berkembang seiring dengan adanya perkembangan zaman. Saat ini Korea Selatan pun turut menjadi kiblat tren bagi dunia industri kecantikan dan fashion. Salah satu tren yang sedang ramai di kalangan artis atau idol Korea adalah "Tren Persona Color". Apa sih maksud dari tren tersebut? Yuk, simak ulasan berikut. 

Mengutip buku Teori Warna-Penerapan Dalam Fashion karya Cholilawati (10:2021), warna memiliki makna yang lebih universal, yaitu hangat, dingin, dan netral merupakan efek terhadap perasaan/kesan orang. 

Tren persona color yang menjadi andalan bagi artis dan Idol Korea. Hal ini berkaitan dengan tone warna tren make-up yang dipengaruhi oleh warna mata, undertone kulit, serta preferensi yang sesuai dengan karakter masing-masing. 

Tipe-tipe persona color

Berikut adalah pembagian tipe-tipe persona color yang menarik untuk diketahui:

Nuansa musim semi hangat

Orang dengan nada ini memiliki citra muda, cerah, dan energik. Nuansa ini akan terlihat bagus dengan rona warna-warni. Orang-orang dengan tipe persona color ini direkomendasikan untuk bergaya seperti suasana musim semi yang hangat dan menenangkan. 

Nuasa musim panas keren

Orang dengan nada ini memiliki citra yang bersih dan ceria. Gaya murni, keren, elegan, dan canggih cocok untuk pemilik karakter nuasa musim panas yang keren.

Nada musim gugur hangat

Orang dengan nada ini membuat orang lain merasa nyaman dengan memberikan citra yang anggun dan mewah. Dibandingkan dengan nuansa hangat musim semi, nuansa ini terdiri dari warna yang lebih gelap dan lebih keruh.

Baca juga:   Print Season Time! Intip 5 Jenis Motif Fashion yang Tren Tahun Ini

Nuansa dingin musim dingin

Orang dengan nada ini memiliki citra yang kuat dan sopan serta selaras dengan warna dingin, yang bisa ditebak dari namanya. Biasanya, orang yang tampak karismatik dan unik memiliki nada ini. Saat ini, warna pribadi dibagi menjadi lebih detail seperti nada terang, lembut, dalam, atau bisu.

Manfaat persona color sebagai tren fashion

Kegunaan persona color tak hanya untuk menentukan nuansa tone make-up yang sesuai dengan karakter seseorang. Lebih dari itu persona color dapat dikatakan sebagai identitas selera fashion yang khas bagi seseorang. 

Persona color dapat dikatakan sebagai kiblat palet warna dalam menentukan make-up dan pakaian yang tepat digunakan untuk seseorang, dalam suasana dan kondisi tertentu. 

Tak hanya soal make-up dan penentuan gaya berpakaian, persona color berguna untuk menentukan aksesori dan warna rambut yang cocok buat kamu kenakan. 

Bahkan dalam hal ini, persona color bermanfaat unfuk menentukan citra individu. Persona color yang telat terlihat tergantung pada warna mana yang digunakan, pemilihan warna yang tepat dapat menciptakan identitas branding yang sesuai dengan kepribadian dan pekerjaan seseorang.

Persona color artis dan idol Korea

Dikutip dari koreaboo.com yang diakses pada tanggal 26 Oktober 2022, pada anggota member Blackpink Jennie, Rosé, dan Lisa sangat cocok dengan persona color autumn atau musim gugur, or earth tones (warna coklat) , sementara Jisoo cocok dengan persona color warna musim dingin (winter) atau star tone

tren persona color
Ilustrasi: Persona Color Blackpink | Sumber: youtube.com/c/Uirehcolor

Selain itu idol Korea yang juga seorang aktris yakni Yoona Girls Generation diketahui punya persona color dengan warna warm spring tone (warna musim semi yang hangat). 

tren persona color
Ilustrasi: Persona Color Aktris Korea | Sumber: mk.co.kr/tealinspiration.com.

Sementara itu, dari sisi aktris seperti misalnya Kim Hye-soo diketahui memiliki persona color cool winter tone (tone musim dingin) yang hampir sama dengan Jisoo Blackpink. Persona color cool summer tone (warna musim panas) diketahui dimiliki oleh aktris Son Ye Jin. 

Baca juga:   Yuk, Intip 5 Jenis Kacamata yang Diprediksi Tren Tahun Ini!

Di Korea, para pesohor negeri Gingseng biasanya dapat mengetahui persona color yang mereka miliki, dari jasa dari pakar make-up dan fashion yang ditunjuk oleh agensi mereka masing-masing. 

Namun buat kamu yang penasaran dengan persona color yang tepat, yuk coba cari tau lewat sejumlah Youtube kreator dari Korea Selatan. Saat ini sudah banyak kok kreator yang membahas tentang acara analisis persona color. Yuk, tentukan warna dirimu lewat persona color yang pas buat karakter kamu!


With Laruna, you can combine your love for fashion and the planet by choosing sustainable options that fit your style and contribute to positive changes. Want to join Laruna as a content contributor? We'd love to spend time with you!

Reference: 
http://m.skt.skku.edu/news/articleView.html?idxno=1043 (Diakses pada: 26 Oktober 2022)

https://www.beautynesia.id/beauty/tren-makeup-korea-personal-color-yang-dicari-banyak-selebriti-populer/b-250709 (Diakses pada: 26 Oktober 2022)

Buku Teori Warna-Penerapan Dalam Fashion karya Cholilawati (10:2021)
Be a Contributor and 
Write for Us
Tell me more
Copyright © 2023 - Style by Laruna - All rights reserved
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram