Monday, 01 January 2022

Tren Warna Tahun 2023: 'Viva Magenta' Versi Pantone

Sejumlah komunitas desainer pun telah memprediksikan berbagai macam tren yang akan terjadi pada tahun 2023 ini. Salah satunya adalah warna.
January 26, 2023  | Utari Ayuningtyas
tren warna tahun 2023
 

Salah satu trend warna fashion terbesar yang ditawarkan tahun 2022 akan tetap menjadi favorit kuat di tahun 2023. Lilac telah menghiasi segala sesuatu mulai dari pakaian kasual hingga pakaian acara khusus. Tampaknya warna ungu di seluruh spektrum akan tetap ada. 

Sumber: https://www.pantone.com/

Sementara iterasi warna pastel sejauh ini merupakan yang paling populer di New York Fashion Week, rona yang lebih kaya dan lebih dalam muncul di Ulla Johnson dan tampak sangat apik dipadukan dengan potongan lavender yang lebih ringan untuk ansambel tonal.

Tahun ini, peneliti tren warna Pantone telah mengangkat Viva Magenta 18-1750 sebagai tren warna yang akan menentukan tahun 2023. Viva Magenta masih berkorelasi dengan situasi kehidupan saat ini dimata dunia masih berjuang hidup berdampingan dengan pandemi Covid-19. 

Warna ini lantas merepresentasikan kepastian, optimisme, dan harapan

Warna Viva Magenta ini mengambil inspirasi dari merah cochineal. Ini salah satu pewarna alami paling langka dan paling mahal serta salah satu yang paling kuat dan cemerlang. Dalam tahun ini pula, Pantone banyak menekankan pada alam. Permulaannya yang alami berakar pada alam, dan rona eksplosifnya dapat ditemukan baik di dunia nyata maupun virtual, yang menggambarkan keragaman dunia modern kita.

Menurut Pantone, warna tersebut dikarakteristikan dengan: “Berani dan tak kenal takut, warna hidup dengan kegembiraannya yang mempromosikan perayaan menyenangkan dan optimis.”

Sumber: https://www.pantone.com/

Pantone memiliki tim khusus yang melakukan riset dan survei mendalam terhadap dinamika warna yang terjadi di bidang fashion dan desain. 

Dilansir dari New York Times, hasil survei diinterpretasikan dengan bantuan mesin intelejensia buatan bernama AI Midjourney dan mitra kreatif Huge. Merek ini telah menciptakan dunia digital imersif yang mengeksplorasi tema dan ide inti warna. Sambil memeriksa hubungannya dengan alam digital murni dan alami. Midjourney membaca algoritma tren di internet sehingga menghasilkan sebuah ekosistem warna yang disebut Pantone 'Magentaverse'. Pantone memanfaatkan semangat eksperimental Viva Magenta dan menyelidiki interaksi antara kecerdasan buatan dan kreativitas manusia.

Baca juga:   Warna Trendy 2023: Digital Lavender!

Penutup

Dengan ditunjuknya warna Viva Magenta sebagai tren warna tahun 2023, tentu tidak mengejutkan jika kita akan bertemu dengan iterasi dan pengaplikasian warna tersebut di berbagai macam produk dalam waktu dekat.


With Laruna, you can combine your love for fashion and the planet by choosing sustainable options that fit your style and contribute to positive changes. Want to join Laruna as a content contributor? We'd love to spend time with you!

Reference: 
https://www.pantone.com/color-of-the-year/2023 (Diakses pada: 15 Desember 2022)
Be a Contributor and 
Write for Us
Tell me more
Copyright © 2023 - Style by Laruna - All rights reserved
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram