Monday, 01 January 2022

Yuk Pakai Produk Ramah Lingkungan! Brand Indonesia yang Sustainable Fashion

Kini konsep zero waste atau sustainable fashion menjadi salah satu inspirasi brand yang menciptakan produk ramah lingkungan.
June 22, 2023  | Dena Ayu
Brand Indonesia yang Sustainable Fashion
 

Isu ramah lingkungan menjadi sering dibicarakan bukan hanya mengenai produk limbah kimia yang akan merusak bumi tapi, ternyata industri sektor fashion juga menjadi salah satu penyebabnya. Oleh karena itu, sustainable fashion merupakan cara untuk melindungi lingkungan atau biasa disebut ramah lingkungan. 

Brand Indonesia yang Sustainable Fashion

Tertarik untuk memakai produk yang ramah lingkungan/sustainable fashion? Yuk, cari tahu brand Indonesia yang sustainable fashion yang memiliki konsep ramah lingkungan untuk masa depan. 

Sejauh mata memandang 

Brand ini mempunyai konsep dengan membawa kepada nuansa batik dan kebaya dalam pakaian semi kasual yang dapat digunakan secara nyaman. Material yang digunakan yaitu lyocell yang ramah lingkungan. Brand sejauh mata memandang mengklaim busananya dibuat dengan tekstil daur ulang yang bermotif tradisional Indonesia. 

Sumber: Instagram sejauh_mata_memandang

Kolaborasi yang dilakukan sejauh mata memandang yaitu dengan brand lokal seperti di bali dan sumba. Karyanya sering kali membawa isu lingkungan seperti sampah plastik di lautan.      

Adrie basuki 

Brand ini mengangkat wastra Indonesia seperti tenun badui dan batik, dengan memanfaatkan pakaian-pakaian yang tidak terpakai kemudian diolah menjadi busana dengan nilai ekonomi tinggi.

Sumber: Instagram adreibasuki.id

Brand andri basuki mencoba mengubah persepsi pakaian bekas menjadi berkelas, dan lebih menekankan kepada produk zero waste yang bisa dimanfaatkan secara berkelanjutan. Dan melakukan kerjasama dengan komunitas perempuan perca, bogor serta anak-anak putus sekolah.

Sare/studio

Brand ini merupakan salah satu brand lokal Indonesia yang memakai bahan ramah lingkungan. Produk ini bisa digunakan untuk sehari-hari atau untuk hanging out.

Sumber: Instagram sarestudio

Bahan yang digunakan yaitu berasl dari kayu yang sudah tersertifikasi U Ecolable yang mengambil material mentah dari proses produksi, distribusi hingga proses pembuangan. 

Baca juga:   10 Inovasi Fashion Unik, Serat Buah Jeruk Salah Satunya

Sukkha citta

Brand ini awalnya hanya memproduksi produk kerajinan. Tapi, berjalannya waktu terjun ke duia fashion yang mempunyai konsep dengan tema etnik. Yang menonjol dari brand ini yaitu dengan penggunaan pewarnanya yaitu dengan pewarna alami menggunakan buah-buahan.

brand indonesia sustainable fashion
Sumber: Instagrama sukkhacitta

Bukan hanya itu brand sukkha citta sangat berkontribusi dalam pemberdayaan perempuan dengan memberikan pekerjaan dalam produknya dengan teknik handmade oleh pekerja perempuan di Jawa Tengan.

Pijak bumi

Brand ini merupakan brand yang berasal dari Bandung yang memanfaatkan bahan-bahan recyle seperti kulit kelapa, ban bekas, dan katun sehingga ini disebut brand yang ramah lingkungan.

brand indonesia sustainable fashion
Sumber: Instagram pijakbumi

Sebagian besar proses pembuatannya tidak menggunakan mesin yaitu dengan teknik handmade yang melibatkan perajin lokal. 

Sight from the earth 

Brand ini merupakan brand dari organisasi setali Indonesia yang bergerak di bidang pakaian thrifting dan decluttering sebagai dukungan terhadap sustainable fashion yang mendukung gerakan ramah lingkungan dari bahaya industri fashion.

brand indonesia sustainable fashion
Sumber: Instagram sightfromtheearth

Bahan yang digunakan yaitu dengan material bekas pakai sehinga mendesain ulang seperti tas dan pakaian yang akan memberikan polesan yang lebih unik. Warna yang menjadi favorit anak muda yaitu seperti pink biru dan kuning dengan membuat seperti kemeja kasual atau jaket yang ala modern. 

Kana goods 

Jika kamu yang pecinta biru, kamu bisa memakai produk kana goods yang menggunakan pewarna alami dari tanaman indigofera yang terkenal dengan ramah lingkungan.

brand indonesia sustainable fashion
Sumber: Instagram kanagoods

Teknik yang dilakukan yaitu dengan celup tradisional untuk membuat warna dasar pada kain. Meskipun dengan teknik yang tradisional tapi tetap ada sentuhan modern untuk mendapatkan desain baju yang terlihat dengan gaya urban. 

Osem 

Brand ini merupakan brand lokal dalam bidang fashion yang menekankan pada konsep less or zero waste yang mencegah adanya sisa hasil produksi terbuang sia-sia. Memanfaatkan kain produksi melalui mengelola kembali sisa kain menjaid produk baru atau upcycling.

brand indonesia sustainable fashion
Sumber: Instagram _osem

Bukan hanya itu, osem menggunakan pewarna alami dalam pakaian tie-dye yaitu tumbuhan indigofera tinctoria yang dapat menghasilkan warna biru yang natural. Nah.. sudah siap tampil cantik dengan brand Indonesia yang sustainable fashion yang sangat ramah lingkungan? Silakan pakai produk di atas agar bisa menjadi salah satu masyarakat yang mencintai lingkungannya. Selamat mencoba!

Baca juga:   Mengenal Fashion Activism, Bersuara Lewat Pakaian

With Laruna, you can combine your love for fashion and the planet by choosing sustainable options that fit your style and contribute to positive changes. Want to join Laruna as a content contributor? We'd love to spend time with you!

Reference: 
https://hypeabis.id/read/17846/7-brand-indonesia-yang-menerapkan-sustainable-fashion-yuk-pakai-produk-ramah-lingkungan
https://www.fimela.com/fashion/read/4469656/11-brand-fashion-lokal-ramah-lingkungan-makin-diburu-di-2021
https://www.idntimes.com/life/diy/ema-endrawati/brand-fashion-lokal-berkonsep-ramah-lingkungan-c1c2?page=all
https://blog.ninjaxpress.co/brand-lokal-inspiratif-mengusung-konsep-sustainable/
https://zonaebt.com/lingkungan/10-brand-fashion-indonesia-yang-mengusung-konsep-sustainable-fashion/
https://www.rukita.co/stories/sustainable-fashion-dan-brand-lokal-di-indonesia/
https://narasi.tv/read/narasi-daily/rekomendasi-brand-fashion-ramah-lingkungan-untuk-lebaran
https://ozzakonveksi.com/sustainable-fashion-brand-indonesia/
https://www.herworld.co.id/article/2022/11/24735-Intip-5-Rekomendasi-Brand-Sustainable-Fashion-Lokal-Terbaik
Copyright © 2023 - Style by Laruna - All rights reserved
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram