Monday, 01 January 2022

10 Tips Tampil Modis dan Percaya Diri untuk Plus Size

Padahal sama seperti perempuan pada umumnya, pemilik tubuh plus size juga ingin tampil cantik dan menarik.
October 9, 2023  | Pipintri Aviteni Damayanti
plus size
 

Merubah stigma kecantikan tentang perempuan yang ideal itu harus langsing, putih dan menarik dengan outfit stylish di masyarakat memang tidak mudah. Akibatnya stigma tersebut sering membuat para perempuan yang memiliki tubuh plus size merasa insecure, terhadap dirinya sendiri karena bentuk dan ukuran tubuh mereka lebih besar.

Bagi setiap perempuan menjaga penampilan menjadi sebuah keharusan dan sangat penting, namun sebelum itu ada hal lebih penting yang perlu dilakukan agar kamu tetap percaya diri dengan apapun yang dikenakan meskipun memiliki tubuh plus size, antara lain :

  • Mengenal dan menerima bentuk tubuh
  • Menyayangi tubuh sepenuh hati
  • Bangga dengan bentuk tubuh
  • Menjaga dan merawat tubuh dengan baik

Setelah semua itu dilakukan sungguh-sungguh, kamu akan lebih bersyukur dengan apa yang sudah ada dan mengakui semua kelebihan serta kekurangan yang dimiliki. Kemudian apabila kepercayaan diri telah terbentuk, kamu tidak akan lagi merasa insecure karena tubuh plus size. Namun sebaliknya, kamu bisa tampil modis dan percaya diri dengan 10 tips yang harus kamu coba berikut ini :

Gaya layering

Perempuan bertubuh plus size seringkali merasa tidak nyaman ketika memakai atasan terlalu ketat, karena membuat lekuk di beberapa bagian tubuh terlihat lebih jelas. Karena alasan tersebut, gaya layering bisa menjadi cara mudah untuk tampil modis dan nyaman buat kamu yang pemilik tubuh plus size. Kamu bisa mencoba beberapa luaran seperti cardigan, blazer atau vest untuk menyamarkan lekuk tubuh di bagian perut, dada, dan pinggul.

Baca juga:   Panduan Lengkap Ukuran Baju US ke Indonesia

Pilih warna gelap

Kamu bisa memakai celana, rok atau dress berwarna gelap seperti hitam yang sering orang katakan dapat membuat tubuh lebih langsing. Warna gelap juga bisa lebih menyembunyikan lekukan di bagian-bagian tubuh yang memiliki lemak berlebih. Selain itu, memakai pakaian warna gelap akan membuat pandangan orang lain tertuju ke bagian tubuh yang tidak tertutup seperti wajah dan tangan.

Pilih motif sederhana

Pemilihan motif yang tidak tepat bagi pemilik tubuh plus size sangat berpengaruh, sebaiknya hindari motif bergaris melintang yang besar dan corak berlebihan dalam warna yang mencolok karena akan membuat tubuh tampak semakin berisi. Sebagai gantinya, pilihlah motif senada dalam warna yang natural atau pakaian bermotif garis vertikal kecil yang akan membuat penampilanmu tampak lebih panjang dan langsing.

Coba outfit monochrome

Selain tampilan warna gelap dan motif sederhana, kamu bisa mencoba outfit monochrome bergaya fashion head to toe menggunakan satu warna yang akan membuat penampilanmu lebih berani dan fashionable. Tidak harus menggunakan warna sama persis untuk atasan dan bawahannya, kamu bisa mengkombinasikan warna-warna senada seperti, atasan warna salmon dengan bawahan berwarna maroon, atasan warna mocca dengan bawahan berwarna coklat dan lain-lain.

Pikirkan gaya vintage

Pakaian bernuansa vintage merupakan pakaian ramah lingkungan yang memiliki perpaduan warna-warna lembut atau kalem serta menggunakan motif seperti floral, polkadot hingga tartan yang unik dan otentik. Gaya vintage sangat cocok untuk kamu yang memiliki tubuh plus size, karena dengan memakai pakaian atau aksesoris antik dapat menambah penampilanmu menjadi semakin modis dan menarik.

Bentuk siluet H dan A pada tubuh

Perempuan plus size perlu memberi siluet pada tubuhnya untuk mendapatkan tampilan proporsi yang seimbang pada tubuh. Biasanya pemilihan outfit longgar akan menghilangkan bentuk tubuh dan membuat tampilan semakin besar dari atas hingga bawah. Oleh sebab itu, kamu bisa menambahkan sabuk atau obi di bagian pinggang untuk memberikan siluet tubuh yang menarik, atau gunakan korset ketika memakai gaun untuk memberikan siluet jam pasir yang seksi.

Baca juga:   Tips Fashion Muslim Nyaman di Tengah Teriknya Cuaca Panas!

Pilih outfit kerah berpotongan rendah

Perempuan plus size juga perlu berhati-hati dalam memilih cutting outfit pada bagian kerah. Kerah berpotongan rendah seperti off shoulder, V-neck atau sweetheart lebih direkomendasikan karena memberikan kesan jenjang dan seksi pada leher. Hindari memakai kerah tinggi seperti turtleneck yang akan membuat tubuhmu terlihat besar dan pendek.

Pilih material yang tepat dan berkualitas

Pemilihan material yang tidak tepat dapat membuat tubuh plus size semakin tampak berisi, namun ternyata masih banyak yang belum sadar tentang hal itu. Misalnya Lace atau kain renda yang memberi kesan menerawang dapat membuat tubuh semakin menonjol, ada juga material tergolong tebal seperti beludru dan velour yang dapat membuat tubuh lebih berisi sehingga tidak disarankan untuk plus size. 

Untuk outfit gaun malam, pemilihan material kain yang berkilau seperti duchess dan satin juga tidak disarankan. Sebagai alternatifnya, kain katun, wool, linen dan sutra bisa menjadi pilihan tepat untuk plus size. Jangan lupa memilih material yang berkualitas

Pilih pakaian yang pas

Mengenakan pakaian yang pas di tubuh juga perlu diperhatikan oleh perempuan plus size, pilih yang tidak terlalu sempit dan tidak terlalu longgar. Hindari pakaian oversize karena dapat membuat tubuh terlihat semakin lebar dan pendek.

Pilih outfit sesuai kepribadian dan bentuk tubuh

Tips terakhir yang tidak kalah penting untuk membuat perempuan plus size tampil modis dan percaya diri adalah dengan memilih outfit sesuai kepribadian dan bentuk tubuh.  Meskipun sekarang sudah tersedia label ukurannya, namun kamu juga harus selektif dalam memilih pakaian yang cocok dan nyaman saat dikenakan.

Itulah 10 tips tampil modis dan percaya diri yang harus dicoba oleh perempuan plus size. Ingatlah bahwa setiap perempuan mempunyai definisi kecantikannya masing-masing, dan buat kamu perempuan plus size tidak perlu merasa insecure karena merasa memiliki tubuh yang berbeda dari yang lainnya. Kamu hanya perlu membuktikan bahwa kamu sama seperti yang lain, kamu cantik dengan caramu sendiri.

Baca juga:   Yuk Intip Inspirasi Outfit Kece untuk Pergi Bukber

With Laruna, you can combine your love for fashion and the planet by choosing sustainable options that fit your style and contribute to positive changes. Want to join Laruna as a content contributor? We'd love to spend time with you!

Reference: 
femina.co.id https://www.femina.co.id/tips/5-tip-tampil-modis-untuk-yang-plus-size
Diakses pada tanggal 15 Juni 2023

lifestyle.kompas.com https://lifestyle.kompas.com/read/2022/09/14/144332220/tips-tampil-modis-untuk-perempuan-plus-size?page=all
https://lifestyle.kompas.com/read/2022/09/12/192455620/6-tips-tampil-stylish-untuk-perempuan-plus-size?page=all
Diakses pada tanggal 15 Juni 2023

stylo.grid.id https://stylo.grid.id/read/143069163/tips-ootd-tampil-modis-untuk-perempuan-plus-size-dari-dya-loretta-bikin-pede-dan-kece?page=all
Diakses pada tanggal 15 Juni 2023

beautynesia.id https://www.beautynesia.id/fashion/5-ide-tampilan-stylish-untuk-plus-size-simpel-dan-mudah-banget-lho/b-238039
Diakses pada tanggal 15 Juni 2023
Be a Contributor and 
Write for Us
Tell me more
Copyright © 2023 - Style by Laruna - All rights reserved
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram