Monday, 01 January 2022

Simak 6 Cara Mudah Bikin Wardrobe Kamu Lebih Ramah Lingkungan!

Sekarang sudah banyak konsumen yang mencari tampilan yang lebih eco-friendly termasuk dalam mengatur lemari pakaian mereka (wardrobe).
February 10, 2023  | Anisa Ramadhani
bikin wardrobe sustainable
 

Industri fashion benar-benar menghasilkan limbah dalam jumlah besar dan limbah tersebut sangat jarang didaur ulang. Apalagi masalahnya semakin parah karena fast fashion semakin mendominasi pasar.

Wardrobe ramah lingkungan adalah membuat isi lemari pakaian atau bikin wardrobe kamu lebih ramah sustainable dan bisa digunakan secara berkelanjutan atau terus menerus untuk waktu yang lama. Bagaimana caranya bikin wardrobe kita lebih sustainable? Simak cara-caranya di bawah ini!

Fokus pada desain klasik dan bahan yang berkualitas

Lemari pakaian adalah investasi untuk diri sendiri, itu berarti penting untuk membeli pakaian yang berkualitas baik dan tahan lama. Pakaian yang pricey tapi bagus jauh lebih baik daripada pakaian murah yang mungkin akan cepat terlihat kuno atau rusak dalam beberapa tahun.

Salah satu membuat sustainable wardrobe adalah dengan berinvestasi dalam beberapa barang yang modelnya timeless serta tahan lama. Ini adalah pakaian yang menjadi dasar lemari pakaian fungsional.

Pilihlah bahan pakaian yang ramah lingkungan

Di artikel sebelumnya sudah pernah dibahas jenis-jenis bahan yang ramah lingkungan seperti linen, serat kapas dan katun bambu. Pilihlah jenis pakaian berbahan dasar ramah lingkungan untuk keberlangsungan bumi.

Mungkin akan agak sulit untuk menghindari kain sintetis sepenuhnya, kamu bisa coba memilih bahan sintetis daur ulang bila memungkinkan dan cuci bahan sintetis dengan hati-hati untuk mengurangi pelepasan mikroplastik.

Kurangi penggunaan aksesoris yang tidak perlu

Aksesoris bisa mempercantik penampilan dan pakaian, tetapi apa kamu pernah mempertimbangkan dampaknya terhadap lingkungan? Apa yang terjadi dengan tas imut tapi murah yang rusak setelah beberapa bulan atau printilan pelengkap yang semuanya terbuat dari plastik?

Baca juga:   7 Penerapan Desain Modular Pakaian untuk Sustainability

Biasanya setelah tak terpakai, mereka berakhir di TPA atau di lautan,dimana itu akan berdampak pada segala macam efek negatif terhadap lingkungan. Salah satu cara simpel untuk bikin sustainable wardrobe adalah dengan mengurangi penggunaan aksesoris yang tidak penting dan murah dibuang.

Coba belanja produk preloved atau secondhand

Thrifting is the new trend! Belanja barang bekas atau preloved adalah cara yang bagus untuk menjauhkan pakaian dari aliran limbah. Sekarang kamu bisa belanja dengan mudah melalui online seperti lewat Instagram atau Carousel.

Banyak banget kok toko dan komunitas yang menyediakan service jual beli barang bekas dan vintage yang masih sangat bagus dan layak pakai, beberapa diantaranya bahkan branded products.

Kalau gak suka banget, skip it!

Belajar hidup berkelanjutan berarti belajar untuk tidak konsumtif. Pilih barang yang benar-benar kamu butuhkan dan kamu sukai. Jadi, gak main beli-beli. Berlatihlah mengatakan tidak pada diri sendiri saat kamu tidak sepenuhnya ingin membeli sesuatu. Simpan uangnya dan gunakan untuk membeli pakaian berkualitas tinggi yang benar-benar sesuai dengan gaya kamu.

Belajar untuk memperbaiki, bukan membeli

Mengetahui cara menjahit adalah salah satu teknik terbaik untuk membebaskan kamu dari siklus konsumsi dan pembuangan karena memungkinkan untuk tidak hanya memperbaiki pakaian lama, tetapi juga membuat pakaian baru dari bahan lama. Mulai sekarang, coba reuse dan recycle dulu sebelum membeli yang baru ya.

Itulah 6 cara mudah untuk bikin wardrobe kamu lebih ramah lingkungan. Dalam satu tujuan saja sudah bisa belajar banyak. Gimana? Tertarik melakukannya sekarang?


With Laruna, you can combine your love for fashion and the planet by choosing sustainable options that fit your style and contribute to positive changes. Want to join Laruna as a content contributor? We'd love to spend time with you!

Baca juga:   Greenwashing: Pengertian, Ciri-ciri, dan Cara Menyikapinya dalam Sustainable Fashion
Reference: 
http://www.trashtocouture.com/ (Diakses pada: 18 Desember 2022).
Copyright © 2023 - Style by Laruna - All rights reserved
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram