Monday, 01 January 2022

6 Tips Memilih Baju Kurung untuk Tubuh Gemuk

Baju kurung merupakan salah satu pakaian tradisional yang sangat dihargai dalam budaya Melayu yang tersebar luas di Indonesia dan Malaysia.
April 1, 2024  | Anggun Tifani
memilih baju kurung tubuh gemuk
 

Pakaian ini umumnya dikaitkan dengan wanita Melayu. Salah satu ciri khas yang paling mencolok dari baju kurung adalah desainnya yang longgar, terutama pada bagian lengan, perut, dan dada.

Sejarah baju kurung mencakup perjalanan panjang di sepanjang berbagai zaman dan peradaban Melayu. Walaupun tidak ada catatan tertulis yang pasti mengenai asal-usulnya, baju kurung diyakini telah menjadi bagian integral dari identitas budaya Melayu sejak berabad-abad yang lalu.

Pada mulanya, baju kurung mungkin hanya terdiri dari kain panjang yang dibalutkan di sekitar tubuh sebagai pakaian tradisional Melayu. Namun, seiring dengan perkembangan zaman dan pengaruh dari budaya-budaya luar, terutama dari India, Tiongkok, dan Arab, desain baju kurung mengalami transformasi.

Salah satu perubahan yang signifikan adalah pengenalan potongan longgar dan bahan-bahan yang lebih nyaman, seperti katun dan sutra, yang membuatnya cocok untuk iklim tropis di wilayah Melayu. Penggunaan warna-warna cerah dan motif-motif tradisional juga menjadi ciri khas yang membedakan baju kurung dari pakaian tradisional lainnya.

Tips Memilih Baju Kurung yang Cocok untuk Orang dengan Tubuh Gemuk

Baju kurung adalah busana yang nampak indah dan elegan, tetapi memilih yang sesuai dengan bentuk tubuh seringkali bisa menjadi tantangan, terutama bagi orang yang memiliki tubuh gemuk. Namun, dengan memperhatikan beberapa tips yang tepat, kamu dapat menemukan baju kurung yang cocok dan membuat kamu tetap terlihat anggun dan percaya diri.

Baca juga:   Evolusi Tren Fashion Indonesia: Inspirasi Jejak Sejarah

1. Pilih Bahan yang Tepat

Memilih bahan yang tepat sangat penting untuk menciptakan tampilan yang menguntungkan bagi orang dengan tubuh gemuk. Pilihlah bahan yang ringan dan mengalir seperti katun, sutra, atau chiffon. Hindari bahan yang terlalu tebal atau kaku, karena dapat menambah volume pada tubuh kamu.

2. Hindari Pola yang Terlalu Besar

Pola yang terlalu besar atau mencolok dapat membuat tubuh terlihat lebih besar. Sebaiknya pilihlah pola yang lebih kecil atau polos agar tidak menarik terlalu banyak perhatian pada tubuh kamu.

3. Pilih Warna yang Tepat

Warna juga memainkan peran penting dalam menciptakan ilusi visual yang menguntungkan. Warna gelap seperti hitam, biru tua, atau coklat dapat memberikan efek mengecilkan tubuh. Namun, warna-warna cerah atau pastel juga dapat dipertimbangkan asalkan dipadukan dengan tepat.

4. Perhatikan Potongan yang Sesuai

Pilihlah baju kurung dengan potongan yang tepat. Hindari potongan yang terlalu ketat atau terlalu longgar. Potongan yang pas akan memberikan siluet yang lebih menyenangkan untuk dilihat.

5. Fokus pada Detil yang Membuat Proporsi Terlihat Seimbang

Detail-detail seperti lengan panjang atau lapisan dapat membantu menciptakan ilusi proporsi yang lebih seimbang. Perhatikan juga detail-detail hiasan yang dipilih, hindari hiasan yang terlalu banyak atau terlalu mencolok.

6. Sesuaikan Panjang Baju dengan Tubuh 

Pastikan baju kurung kamu memiliki panjang yang pas. Hindari baju yang terlalu pendek atau terlalu panjang, karena bisa membuat tubuh terlihat tidak proporsional.

Memilih baju kurung yang cocok untuk orang dengan tubuh gemuk tidak perlu menjadi sesuatu yang sulit. Dengan memperhatikan tips-tips di atas, kamu dapat menemukan baju kurung yang sesuai dengan tubuh kamu dan tetap terlihat anggun dan percaya diri dalam setiap kesempatan. Semoga tips ini bermanfaat bagi kamu dalam memilih pakaian atau baju kurung yang tepat!

Baca juga:   Peran Haute Couture dalam Fashion Dunia

With Laruna, you can combine your love for fashion and the planet by choosing sustainable options that fit your style and contribute to positive changes. Want to join Laruna as a content contributor? We'd love to spend time with you!

Reference: 
https://www.rri.co.id/hobi/511641/sejarah-dan-perkembangan-baju-kurung-melayu diakses 16 Maret 2024.
Be a Contributor and 
Write for Us
Tell me more
Copyright © 2023 - Style by Laruna - All rights reserved
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram