Monday, 01 January 2022

7 Tips Penting Memilih Kemeja

Ternyata memilih kemeja menjadi bagian penting dalam berpenampilan. Banyak sekali motif dan warna yang harus disesuaikan.
October 30, 2023  | Dena Ayu
7 Tips Penting Memilih Kemeja
 

Sebagian besar memang sangat menyepelekan pemilihan kemeja, bahkan yang sering terjadi yaitu rata-rata akan lebih memilih warna basic seperti hitam, putih, biru biasanya ini menjadi pilihan terakhir ketika membeli kemeja. 

memilih kemeja
Sumber:unplash.com/Pgiam

Kemeja bisa mix dan match dengan item lainnya yang tidak membuatmu norak dalam berpenampilan. Motif dari kemeja bisa menjadi sorotan jika tidak diperhatikan, jika tidak bisa memilih motif dan kamu salah pilih maka ini mampu menurunkan kualitas berpenampilan. 

Nah.. di sini akan dijelaskan tips penting memilih kemeja

Memilih bahan yang nyaman

Pemilihan bahan sangat penting dalam berpenampilan. Bahan yang nyaman akan membuat kepercayaan diri muncul dan enjoy melakukan aktivitas. Pilihlah kemeja yang terbuat dari bahan katun karena bahan tersebut akan nyaman digunakan alasannya karena mudah menyerap keringat. Atau jika kamu ingin terlihat rapi saat menggunakan kemeja kamu bisa pilih bahan polyester karena bahan tersebut tidak mudah kusut dan selalu membuat pakaian rapi setiap saat. 

Slim fit atau comfort fit

Jika kamu ingin bisa terlihat lebih rapi dan muda, sebaiknya kamu memilih kemeja yang slim fit atau yang sesuai dengan badan ini akan membuatmu lebih fresh. 

Untuk mengetahui kemeja yang akan dikenakan ini slim fit yaitu dengan melihat garis jahitan bahu, apabila garis tersebut terletak tepat di ujung bahu berarti itu menunjukkan bahwa kemeja itu pas untuk badan kamu. Tapi, jika memang lebih berarti itu kebesaran. Selain itu, pastikan kamu menggunakan kemeja yang tidak menggelembung saat dimasukkan ke celana, bahan tidak tertarik ke arah liar saat dikancing dan kerah lengan jatuh tepat pada pangkal pergelangan tangan. 

Baca juga:   5 Fakta Menarik di Runway New York Fashion Week SS 2024

Akan tetapi untuk kamu yang tidak menyukai kemeja yang pas atau slim fit kamu bisa pilih kemeja dengan tipe comfort fit yang akan memberikan keleluasaan dalam beraktivitas. 

Sesuaikan kerah dengan bentuk wajah

Ternyata ini menjadi hal penting dalam pemilihan kerah kemeja, yaitu usahakan pemilihan kerah kemeja saat dikancing kamu tidak merasa tercekik. Sebenarnya kerah kemeja memiliki karakter tertentu yang dapat menyesuaikan dengan pemakainya. 

Untuk wajah bulat cocok menggunakan kerah lancip ini akan menimbulkan kesan panjang pada wajah, dan kerah yang berkarakter tinggi dan tidak lebar ini akan memberikan kesan tinggi pada leher. 

Sedangkan untuk wajah kecil atau tirus bisa kamu gunakan kerah yang agak rendah dan kerah yang agak lebar agar memberikan kesan muka lebih bulat. 

Pilih warna kemeja

Ini juga tidak kalah penting dalam pemilihan warna kemeja. Kamu harus pilih warna sesuai dengan kulit, jika kamu berkulit gelap kamu bisa memilih kemeja yang berwarna cerah seperti broken white, putih, baby blue, tosca, soft pink, peach. Warna-warna ini akan memancarkan kesan cerah pada kulit. Nah, untuk yang berkulit putih bisa bebas pilih warna sesuai dengan kesukaan dan momen ketika menggunakan kemeja. 

Pilih motif kemeja

Pemilihan motif juga perlu diperhatikan, banyak motif-motif yang harus diperhatikan.

Untuk kemeja polos cocok digunakan untuk acara-acara formal seperti cocok untuk dipakai ketika bekerja di kantor atau meeting karena bisa dipadukan dengan dasi yang akan membuat penampilanmu lebih rapi. 

Untuk kemeja yang bermotif kotak-kotak, garis-garis, ini tidak cocok digunakan pada acara formal, ini bisa digunakan di luar jam kantor seperti dipakai untuk main, hangout bersama teman karena kemeja yang bermotif ini sangat cocok untuk melakukan aktivitas di luar. 

Baca juga:   Gaya Blazer Monokrom Simpel dan Elegan

Hindari kemeja “ngatung”

Panjang kemeja menjadi hal penting diperhatikan, karena jika ngatung ini sangat merusak penampilan. Kemeja formal seharusnya menutupi perut dan punggung saat kamu mengangkat tangan atau setelah berjongkok dan duduk.

Mudah disesuaikan

Inilah pentingnya menyesuaikan diri dengan kantong, yaitu jika budget kamu minim, pilihlah kemeja yang dapat digunakan di berbagai jenis kegiatan. Hindari pilihan motif yang tidak biasa, sebaiknya pilih motif atau warna-warna yang solid dan bisa dipakai kapan pun. Seperti warna hitam. Putih, abu-abu. 

Dengan begitu, kamu akan sangat menghemat kantong dan kamu juga bisa memakai kemeja di semua jenis kegiatan yang kamu ikuti dan lebih fleksibel. Serta dengan warna-warna solid kemeja kamu juga bisa dengan mudah memadukan dengan item fashion lainnya. 

Nah.. jadi itulah 7 tips penting dalam memilih kemeja. Tidak usah ragu lagi jika ingin menggunakan kemeja dalam acara apapun, kamu bisa praktikkan tips di atas. Selamat mencoba!


With Laruna, you can combine your love for fashion and the planet by choosing sustainable options that fit your style and contribute to positive changes. Want to join Laruna as a content contributor? We'd love to spend time with you!

Reference: 
https://garmenesia.co.id/6-tips-memilih-kemeja-yang-ideal-untuk-pria-sejati/
https://id.wikihow.com/Memilih-Kemeja-Pria
https://www.atome.id/blog/tips-memilih-kemeja-lengan-panjang-pria-ideal
https://rumahkapas.com/blog/5-cara-memilih-kemeja-yang-cocok-untukmu
https://pluz.id/2022/04/06/5-tips-memilih-kemeja-pria-lengan-panjang-yang-pas-di-badan/
https://www.femina.co.id/tips/4-tip-penting-memilih-kemeja-
Be a Contributor and 
Write for Us
Tell me more
Copyright © 2023 - Style by Laruna - All rights reserved
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram