Monday, 01 January 2022

Pengalaman Berbelanja dengan Virtual Reality, Simak Disini!

Gimana, guys? Tertarik mencoba konsep shopping dan fashion virtual reality ini?
February 20, 2023  | Anisa Ramadhani
berbelanja dengan virtual reality
 

Pernah membayangkan tidak, kalau kamu bisa berbelanja baju dari butik dengan virtual reality? Sudah banyak teknologi modern termasuk AI (Artificial Intelligence) dan VR (Virtual Reality) yang dikembangkan saat ini, termasuk di bidang fashion. Iklan dengan AI, butik dan toko VR, asisten online dan lain sebagainya — masa depan fashion dibahas disini.

Lokasi multiguna Oval Space yang berada di Bethnal Green didesain seperti butik mewah, dengan dinding yang dilapisi foto model ternama dan manekin yang dibalut gaun desainer. Ruangan bercahaya dengan banyak aksesori mode, kelihatan seperti  butik mewah pada umumnya namun ternyata ada perbedaan krusial: semua hanya ada di kepala kita.

Bagaimana kemungkinan berbelanja dengan virtual reality? Berikut fakta fashion di masa depan yang serba modern dan digital.

Fashion Virtual Reality di Masa Depan, Seperti Apa?

Menurut Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK), virtual reality adalah pemunculan gambar-gambar tiga dimensi yang dibuat komputer sehingga terlihat nyata dengan bantuan sejumlah peralatan tertentu yang menjadikan penggunanya seolah-olah terlibat langsung secara fisik dalam lingkungan tersebut.

berbelanja dengan virtual reality
Sumber: Unsplash

Konsep ini digunakan juga pada future fashion virtual reality yang dihadirkan melalui Hololux, gadget terbaru yang memungkinkan orang-orang dapat berbelanja di toko mode dimanapun yang ada di dunia. Tinggal pakai kacamata berteknologi tinggi dan voila! Siapapun bisa menelusuri Net-a-Porter berdasarkan merek atau produk tertentu seolah-olah sedang berada di toko sungguhan.

Hololux diluncurkan di Future of Fashion Incubator di Bethnal Green, sebuah pameran yang melihat bagaimana teknologi terbaru dapat mengubah industri fashion. Pameran ini merupakan kolaborasi antara Microsoft dan London College of Fashion dan berfokus pada kemungkinan AI dan realitas campuran dalam mode.

Baca juga:   Gaya Kate Middleton Pakai Blazer Seperti Putri Diana

Berbelanja dengan teknologi virtual reality ini benar-benar terasa sungguhan: berjalan-jalan di ruangan, melihat dan meneliti produk dalam bentuk 3D dan membawa produk tiga dimensi itu ke kasir.

Apa Yang Bisa Dilakukan Saat Shopping Virtual Reality?

Sama seperti berbelanja di mall, konsep ini pun bersifat sosial, artinya kamu dan temanmu bisa memakai headset VR lalu berbelanja bersama. Tak hanya itu, kamu juga bisa terhubung dengan media sosial sehingga bisa tetap sharing dan bikin konten.

In-Store Navigation

Dengan aplikasi VR dan AR, pengguna memiliki opsi untuk menggunakan sesi navigasi yang akan menampilkan jalur untuk menuju ke produk yang sudah dipilih. Serba mudah deh jadinya!

Interactive Display Screen

Semenjak pandemi COVID 19, AR dan VR memainkan peran yang visioner dan berpengaruh. Pengguna dapat dengan mudah memvisualisasikan diri mereka di depan cermin atau layar dan memutuskan apa yang cocok tanpa menggunakan produk secara fisik seperti di ruang uji coba.

Virtual Try-On & Fitting Room

Di era modern ini, uji coba virtual menjadi semakin penting dalam beberapa tahun terakhir di industri mode. Ini mensimulasikan secara digital bagaimana tekstil diaplikasikan ke tubuh manusia.

Dengan cara ini, mereka memungkinkan aplikasi virtual memasangkan kain atau baju ke model tubuh manusia digital. Dengan augmented dan virtual reality, pengecer dapat menawarkan pengalaman uji coba virtual kepada pelanggan dan menarik mereka ke toko. Lebih hemat dan aman.

Virtual Tailors

Penjahit virtual artinya adalah penggunaan teknologi pembelajaran mesin untuk memberikan pengukuran tubuh yang sangat akurat dan presisi bagi pelanggan. Berkat aplikasi ini, pengukuran tubuh dapat dilakukan dengan cepat secara digital dan mudah dengan membuat model fit 3D.

Baca juga:   5 Gaya Selebriti Pria dengan Celana Pendek di Acara Formal

Virtual Make Over

Make over virtual memungkinkan dilakukannya penataan virtual bagi seseorang di area wajah, dengan mengubah atau menambahkan berbagai aspek seperti make-up virtual, potongan rambut, atau aksesori.

Dengan aplikasi ini daya tarik wajah manusia diubah secara virtual dengan menambahkan secara digital wajah manusia 3D, potongan rambut, atau kacamata digital dan orang bisa mendapatkan gambaran tentang pakaian yang pantas dikenakan.

Di masa yang akan datang, bisa jadi kamu tak perlu jauh-jauh ke Amerika atau Prancis untuk belanja baju mewah, tinggal duduk dan pakai VR aja untuk menjelajah hal-hal dan tempat baru, benar tidak?


With Laruna, you can combine your love for fashion and the planet by choosing sustainable options that fit your style and contribute to positive changes. Want to join Laruna as a content contributor? We'd love to spend time with you!

Reference: 
https://www.smarteye.id/blog/vr-ar-pada-dunia-fashion/ (Diakses pada: 12 Januari 2023)

https://www.beautynesia.id/fashion/5-target-digitalisasi-yang-diperlukan-industri-fashion-serba-canggih-dan-efisien/b-256647 (Diakses pada: 12 Januari 2023)

https://fitinline.com/article/read/teknologi-vr-virtual-reality-dan-ar-augmented-reality-dalam-dunia-fashion/ (Diakses pada: 12 Januari 2023)
Copyright © 2023 - Style by Laruna - All rights reserved
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram