Monday, 01 January 2022

Body Positivity Fashion: Merangkul Segala Bentuk dan Ukuran

Standar kecantikan menjadi momok yang mengerikan bagi sebagian manusia.
April 24, 2024  | Dena Ayu
body positivity fashion
 

Body Positivity Fashion: Merangkul Segala Bentuk dan Ukuran - Banyak manusia-manusia yang tidak percaya diri dengan apa yang telah di kasih oleh Tuhan. Hingga banyak yang melakukan operasi plastik dengan alasan mengikuti standar kecantikan.

Di dunia yang semakin mengutamakan yang cantik bahkan didominasi dengan standar kecantikan yang tidak realistis, membuat sebagian industri fashion kini mengalihkan diri dengan fokus ke ranah kepositifan tubuh dan cinta diri. 

Dengan merangkul berbagai bentuk tubuh dan ukurannya, mengkaji ulang apa arti fashion itu sendiri, apakah terkait dengan tipe tubuh atau kecantikan? Ini harus benar-benar dikaji agar tidak membuat sebagian orang merasa insecure dengan dirinya sendiri. 

Arti fashion sebenarnya adalah cerminan diri dan kepribadian diri. Dan tidak ada kaitannya dengan tipe tubuh atau kecantikan. 

Apa itu Body Positivity pada Fashion?

Body Positivity adalah sebuah gerakan sosial yang mana tujuannya untuk mempromosikan diri agar bisa mencintai diri sendiri, penerimaan diri, dan menghormati semua yang diciptakan dan melekat pada diri. 

Body Positivity pada Fashion menandakan bahwa pentingnya dalam merangkul keberagaman bentuk tubuh, ukuran, dan etnis. Tidak membeda-bedakan dengan segala standar yang tidak realistis. 

Gerakan ini bertujuan untuk melepaskan diri dari cita-cita kecantikan tradisional yang telah lama mendominasi industri dan melanggengkan standar yang tidak realistis. 

Body Positivity Fashion
Sumber: unplas.com/PeopleImages

Rangkul bentuk tubuh dan ukuran

Untuk mengawali dan merangkul diri adalah penerimaan bentuk tubuh. Dan temukan pakaian sesuai dengan ukuran agar membuat kamu percaya diri dan bahagia. pahami semua yang ada pada diri dan fitur unik di dalamnya. 

Baca juga:   5 Rekomendasi Jas Hujan Gemes Anti Rembes!

Sesuaikan semua ukuran pakaian dengan bentuk tubuhmu. Dan carilah keunikan diri kamu dengan memahami tipe tubuh kamu agar kamu bisa tampil sempurna dengan versimu sendiri.

menggunakan pakaian yang pas akan membuat kamu nyaman dengan diri sendiri, dan akan membuat kamu percaya diri dengan bentuk dan ukuran yang kamu kenakan. Sesuaikan jangan sampai membuatmu tidak nyaman dan akhirnya akan membuatmu insecure. 

Mengekspresikan diri dengan warna

Bukan hanya itu carilah warna sesuai dengan kamu. Warna bukan hanya sekedar warna tapi, ini menjadi elemen estetika yang mempengaruhi signifikan perasaan yang memakainya. Karena cara orang lain memandang seringkali melihat warna yang dipakai. 

Oleh karena itu perlu mengekspresikan diri dengan bereksperimen dengan warna yang mana membuat penampilanmu percaya diri. Dan membuat kulitmu lebih tambak baik dan meningkatkan kesemangatan dan kebahagiaan pada diri. 

Jika kamu memilih warna-warna cerah, ini akan membuatmu energik dan so be happy. Jika warna netral maka akan menunjukkan bahwa kamu adalah seorang yang unik dengan gaya netral dan klasik. Ini akan menyempurnakan dirimu ketika bertemu dengan orang lain. 

Bermain warna dalam berpenampilan akan memberikan pengaruh pada diri dan mengekspresikan diri sebagai manusia yang elok dipandang. 

Kenyamanan adalah kunci

Bukanlah hal yang aneh bahwa kenyamanan dalam berpenampilan adalah kunci untuk kamu melakukan aktivitas atau kegiatan. Kenyamanan iri disertai dengan kepercayaan diri akan menunjukkan betapa sempurnanya penampilanmu.

Semakin nyaman berpenampilan akan semakin energik kamu beraktivitas. Prioritaskan kenyamanan dengan memilih bahan pakaian yang dapat menyerap keringat dan memudahkan kamu untuk bergerak. 

Misalnya jika kamu di acara formal, kamu bisa menggunakan pakaian yang sesuai seperti menggunakan pakain jas atau gaun. Akan tetapi jika kamu menghadiri acara yang di luar keformalan, kamu bisa menggunakan jeans dan kaos agar terlihat lebih santai dan enjoy. Well, itulah pentingnya Body Positivity Fashion yang dapat merangkul segala bentuk dan ukuran. Mari cintai diri dengan penerimaan diri.

Baca juga:   Mengenal Sejarah Kebaya dan Istilah Wani Ing Tata

With Laruna, you can combine your love for fashion and the planet by choosing sustainable options that fit your style and contribute to positive changes. Want to join Laruna as a content contributor? We'd love to spend time with you!

Reference: 
https://theglossychic.com/body-positivity-and-self-love-in-fashion/
https://www.jovifashion.com/blogs/embracing-body-positivity-with-all-shapes-and-sizes-40103.html
Be a Contributor and 
Write for Us
Tell me more
Copyright © 2023 - Style by Laruna - All rights reserved
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram