Monday, 01 January 2022

5 Brand Fashion Lokal Indonesia yang Hits dan Mendunia

Yuk, terus galakkan semangat cinta produk-produk fashion lokal brand asli buatan Indonesia! 
January 2, 2023  | Anggun Tifani
brand fashion lokal indonesia
 

5 Brand Fashion Lokal Indonesia - Indonesia sebagai negara kepulauan yang gemah ripah loh jinawi, kerap menjadi inspirasi bisnis bagi sejumlah Brand Fashion Lokal Indonesia. Saat ini, banyak loh brand fashion lokal yang mendunia hingga ke pasar internasional. 

Dikutip dari situs Kementerian Perindustrian Republik Indonesia, industri tekstil dan produk tekstil (TPT) nasional, industri pakaian jadi mencatatkan nilai ekspor yang paling besar. 

Diketahui dalam hal ini,  TPT konsisten memberikan kontribusi besar bagi pertumbuhan sektor nonmigas dan ekonomi nasional. Pertumbuhan sektor mamin dan TPT juga ditopang karena adanya peningkatan investasi, termasuk di industri alas kaki.

5 Brand Fashion Lokal Indonesia

Yuk, simak rekomendasi berikut biar kamu makin yakin buat coba koleksi barang atau pakaian dari Brand Fashion Lokal Indonesia, agar turut berkontribusi untuk membantu meningkatkan nilai perkenomian Bangsa Indonesia!

Erigo

Mengusung koleksi-koleksi ala street casual wear, Erigo sebagai salah satu Brand Fashion Lokal Indonesia telah mendunia dengan membuat berbagai macam koleksi yang banyak disukai anak muda.

Erigo

Diketahui, Erigo didirikan pada tahun 2010 oleh Muhammad Sadad dan teman-temannya. Erigo berdiri dengan bermodalkan Rp50 juta. 

Puncak popularitas brand lokal ini ialah pada saat peluncuran Erigo-X di panggung New York Fashion Week (NYFW) "The Show" Spring/Summer 2023 di Springs Studios, New York City. 

Saat ini, distro lokal yang telah go international ini banyak menggaet selebritas tanah air untuk menjadi brand ambassador. Hal itu terus mereka lakukan demi melebarkan sayap eksistensi Erigo sebagai brand fashion yang berkualitas dan terdepan. 

Matoa

Bukan produksi baju atau sepatu, kali ini Brand Fashion Lokal dari Bandung unjuk gigi dengan memproduksi jam tangan yang terbuat dari kayu. Meskipun terbuat dari kayu, jam tangan yang diproduksi oleh Matoa tetap mengedepankan kesan trendy dan kekinian yang cocok banget buat kaum urban.

brand fashion lokal indonesia
Matoa

Dalam rangka eksis untuk mengedepankan fashion things yang eco-friendly dan berbau khas nusantara, Matoa kerap melabeli nama-nama koleksinya dengan istilah-istilah unik. Hal itu diantaranya seperti koleksi jam tangan dengan nama Flores, Gili, Mayo, dan Jalak dan sebagainya. Pasar produk Matoa sudah tersebar ke beberapa negara seperti Malaysia, Cina, Singapura dan beberapa negara di Eropa. 

Baca juga:   Rekomendasi Sepatu Lari Lokal dengan Kualitas Terbaik

Sagara

Sagara eksis memasarkan brand sepatu lokal, khususnya dalam hal produksi sepatu boots berbahan dasar kulit. Sepatu boots yang diproduksi oleh Sagara dapat dikatakan sebagai sepatu boots premium sebab usut punya usut, material pembuatan sepatu ini diambil dari produsen yang juga menyuplai material ke Hermes. 

Sagara

Sementara soal representasi bahan berkualitas lain yang dipakai Sagara adalah cordovan leather yang diambil dari Italia. Diketahui, cordovan merupakan bahan kulit yang sering dipakai dalam pembuatan sepatu high-end. Soal pemasaran, produk sepatu boots premium karya anak bangsa ini telah menembus pasar Singapura.

Major Minor

Balik lagi ke Brand Fashion Lokal karya anak bangsa. Ada Major Minor yang pernah mejeng di pagelaran busana di Paris Fashion Week dan Rakuten Fashion Week. Sebagai produk fashion pakaian yang mengusung tema-tema minimalis dengan pola cutting yang twisted dan ready-to-wear membuat Major Minor dapat terus eksis di pasaran lokal sampai internasional.

brand fashion lokal indonesia
Major Minor

Diketahui, Nama Major Minor sendiri merupakan cerminan dari konsep yang mereka tawarkan. Major Minor ingin tampil sebagai produk fashion yang berkualitas bagus, tapi tetap dengan harga yang affordable.

Soal koleksi pakaian Major Minor, brand image yang ditargetkan oleh mereka adalah wanita muda yang dinamis, mandiri, dan punya banyak minat. Terbukti dari sejumlah koleksi yang ditawarkan Major Minor yang selalu terlihat nyentrik, unik namun tetap nampak elegan dan casual

Elhaus

Streetwear casual style memang lagi mendunia yah! Kali ini ada Elhaus yang merupakan brand fashion lokal dengan tema-tema koleksi pakaian streetwear unisex. Bermula dari bisnis ala Mahasiswa pada tahun 2010, Elhaus berhasil menggugah para pecinta fashion. Elhaus diklaim memiliki kekuatan dalam mengombinasikan beragam material untuk sebuah produk. 

brand fashion lokal indonesia
Elhaus

Brand fashion lokal Indonesia ini bahkan telah berhasil menyita perhatian media mode internasional yakni Hypebeast dan Highsnobiety. Media tersebut memberikan respon positif pada koleksi Elhaus Spring/Summer 2018. Atas hal tersebut, Elhaus tak hanya berhasil di pasar lokal. Elhaus mampu menembus pasar internasional seperti Singapura, Thailand, Taiwan bahkan sampai ke Inggris. 

Baca juga:   Fendi Haute Couture Spring Summer 2024

Demikian ulasan tentang lima rekomendasi fashion lokal brand yang telah mendunia di kancah internasional. Kamu sudah punya koleksi dari fashion lokal brand yang mana?


With Laruna, you can combine your love for fashion and the planet by choosing sustainable options that fit your style and contribute to positive changes. Want to join Laruna as a content contributor? We'd love to spend time with you!

Reference: 
https://kemenperin.go.id/artikel/20641/Industri-Pakaian-Jadi-Catatkan-Pertumbuhan-Paling-Tinggi (Diakses pada: 22 November 2022)

https://review.bukalapak.com/fashion/brand-fashion-lokal-indonesia-mendunia-115069 (Diakses pada: 22 November 2022)
Copyright © 2023 - Style by Laruna - All rights reserved
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram