Monday, 01 January 2022

8 Brand Tas Lokal Berkualitas Mendunia

Tas merupakan kebutuhan sekunder yang tak ayal dibutuhkan dan perlu dimiliki oleh masyarakat untuk memenuhi kebutuhannya dalam berbagai ruang gerak.
February 21, 2023  | Anggun Tifani
brand tas lokal
 

Tas saat ini juga dipercaya dapat dijadikan sebagai baham investasi yang bernilai tinggi setara dengan saham, emas, reksadana atau bahkan kripto.

Nah buat pecinta fashion yang mau coba investasi atau sekadar suka mengoleksi tas, boleh nih buat coba beli dan koleksi tas brand lokal yang kualitasnya sudah go internasional dan bahkan dicintai pesohor luar negeri. Penasaran sama rekomendasi merek dari brand tas lokal yang mendunia ini? Yuk, cek ulasan berikut!

Bagteria

Bagteria merupakan brand fsshion lokal premium yang juga memproduksi tas rancangan desainer Indonesia yakni Nancy Go. Bahan-bahan yang untuk produksi tas Bagteria dibuat dari bahan kualitas terbaik seperti mislanya, kulit buaya, ular, ikan dan burung unta terbaik dari negara-negara seperti Islandia, Afrika Selatan dan Indonesia dengan vendor produksi dari Perancis dan Italia. 

Pada tahun 2010an,  Nancy Go bahkan diketahuo pernah menjadi perancang tas yang diidolakan kalangan pesohor dunia. Para selebritas dan pesohor dunia seperti Emma Thompson, Anggun C Sasmi, Putri Zara Phillips dan Paris Hilton diketahui menyukai tas karya Nancy Go.

Sebagai tambahan informasi, Bagteria ternyata telah dianggap sejajar dengan merek ternama seperti Chanel, Louis Vuitton, dan Prada. Usai makin melejit dan sukses Bagteria pun memasarkan di Asia dan Eropa, Bagteria mencoba merambah pasar Amerika Serikat. 

Produk-produk Bagteria juga ternyata sudah sering unjuk gigi atau dipamerkan di berbagai fashion show internasional. Diketahui hingga kini, Bagteria rutin mengeluarkan kurang lebih 25 desain baru setiap musimnya. Hal tersebut dilakukan dalam rangka menjaga eksklusifitas setiap desainnya.

Tak hanya itu, Bagteria juga terkenal dengan desain tiga seri warna dan setiap warna hanya diproduksi 299 unit di seluruh dunia. Nah buat kamu yang tertarik mau beli tas Bagteria, kisaran harganya ialah Rp1juta hingga puluhan juta rupiah.

Warnatasku

Warnatasku adalah brand tas kulit premium yang mengusung motif etnik modern. Tas yang dibuat oleh brand asal Bandunh ini, terbuat dari beberapa jenis kulit binatang dari penangkaran yang tentunya bisa dugunakan esuai dengan ketentuan dan aturan yang berlaku.

Selain itu diketahui, Warnatasku telah mampu sukses dengan mengekspor produknya ke Saudi Arabia, Singapura, Hongkong dan Papua Nugini.

Baca juga:   Chet Lo Hadirkan Fashion ‘Duri Durian’ ke Koleksi Terbaru Charles & Keith

Brand tas unik dan antimainstream ini dibanderol dengan harga berkisar Rp1 juta hingga Rp15 juta dan dapat dibeli di sejumlah marketplace di Indonesia.

Doris Dorethea

Doris Dorothea adalah salah satu merek tas lokal Indonesia yang resmi diperkenalkan kepada dunia tahun 2013. Tas merek Doris Dorothea memiliki sejumlah kelebihan dan daya tarik yang dapat menarik minat pecinta tas terhadap koleksi produknya yang beredar luas di pasar internasional.

Kelebihan tas lokal ini diantaranya iala, produknya diproduksi dengan menggunakan bahan baku dari kulit reptil yang berkualitas. Atas hal tersebut, tentunta pemakaian tas akan menjadi lebih awet dan tahan lama.

Doris Dorothea juga  diklaim memiliki bahan baku yang sama seperti brand-brand ternama luar negeri seperti Hermes, Bvlgari, dan Taxidermy, karena induk perusahaannya merupakan pemasok utama kulit reptil yang menjadi bahan baku utama brand tersebut.

Tak hanya itu,  Doris Dorothea memiliki desain klasik, elegan dan berkelas yang dapat menarik perhatian para konsumen pecinta tas kulit yang eksotis. Harga produk yang dibanderol pada Doris Dorothea juga terjangkau bila disejajarkan dengan merek ternama di luar negeri. Diketahui sebuah tas Doris Dorothea di sejumlah marketplace di Indonesia dibandrol dengan harga sekitar Rp700 ribu-Rp2 juta ke atas.

Sabbatha

Sabbatha adalah salah satu merek tas lokal mewah yang juga mendunia berkat karya dari desainer Indonesia yakni Sabbatha Rahzuardi. Desainer ini memulai kiprahnya sebagai desainer tas pada awal 2000-an setelah menuntaskan pendidikannya di Sorbonne Univeristy, Paris. Sebetulnya, ia sama sekali tidak memiliki latar belakang pendidikan formal yang berkaitan dengan fashion. Pendidikannya hanya mencakup bidang ekonomi, arsitek, dan interior.

Namun, begitu besar kecintaanya pada seni, ia termotivasi untuk belajar mendesain secara otodidak dan menciptakan aksesori, tas khususnya, sebagai sebuah fashion-statement. Butik pertamanya dibuka di Seminyak, Bali, 2005 silam

Namanya mendunia setelah sejumlah selebriti Hollywood memakai salah satu karyanya. Julia Roberts dan Kate Hudson adalah beberapa di antaranya. Karya Sabbatha juga dijual di Amerika, Korea Selatan, Roma, Hawaii, dan Dubai.

Sementara itu, terkait bahan baku tas Sabbatha diketahui berasal dari kulit reptil asli. Salah satunya ialah kulit ular phyton. Desain tas Sabbatha juga terbilang eksklusif, pengerjaannya nampak rumit dan materialnya yang tergolong sulit didapat.

Baca juga:   5 Brand Fashion Ini Ternyata Produk Lokal, Ada Favoritmu?

Atas hal tersebut, tas Sabbatha dibanderol dengan harga yang cukup fantastis. Kisaran harganya ialah mulai dari Rp9,5 juta hingga Rp20,5 juta.

Rorokenes

Tas mewah merek lokal kali ini berasal dari Semarang, Jawa Tengah. Nama Rorokenes diambil dari bahasa Jawa. Roro artinya Putri, sedangkan Kenes artinya lincah dan menawan. Secara keseluruhan, arti dari brand name Rorokenes adalah wanita ningrat yang aktif, cerdas, dan memiliki kepedulian sosial yang halus.

Dikutip dari situs resmi Rorokenes, tas lokal ini juga mendukung kampanye suistanable fashion and ethic loh! orokenes berkeyakinan bahwa bisnis yang baik selain memiliki produk yang baik juga harus memberikan manfaat bagi orang lain, dapat membantu mensejahterakan masyarakat, dan tidak boleh merusak alam. Oleh karena itu, Rorokenes memiliki tagline “Tas anyaman pengrajin Semarang, produk kerajinan tangan yang indah bertemu dengan keberlanjutan dan konsep etis.”

Tas dengan desain klasik dan casual ini, diketahui pernah memiliki cerita unik saat dikenakan oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Saat itu, tas rorokenes yang dibawa Ganjar ke Rusia pernah ditahan oleh pihak imigrasi. Hal itu lantaran pihak imigrasi mengira tas rorokenes adalah tas ditahan dengan alasan barang tersebut dianggap tas premium dengan harga ratusan juta rupiah. Pihak bandara kemudian berpendapat bahwa harga tas itu pasti lebih tinggi dari harga yang didaftarkan.

Menurut pihak bandara seperti yang diungkapkan oleh Ganjar, tas yang dikenakannya disangka sebagai sebuah tas merek mewah. Padahal kenyataannya, harga untuk sebuah tas rorokenes, berkisar pada Rp. Rp1,5 juta-Rp2 juta ke atas.

Kaynn

Nah kali ini, merek tas lokal berkualitas jug datang dari Bandung, Jawa Barat. Kayyn sendiri bergerak di bidang handcrafted bags dan leather goods. Produk dari Kaynn diklaim memiliki ciri khas simplicity in complexity. Hal itu dikarenakan desain yang ditampilkannya sangat sederhana, hanya saja pengerjaannya cukup sulit. Kesulitan tersebut disebabkan pengerjaannya yang dilakukan secara handmade dengan proses desain yang rumit.

Tak hanya berhasil menjual di dalam negeri saja, produk Kaynn pun juga sudah mampir dan dipasarkan ke beberapa negara luar seperti Malaysia, Australia, Jepang, UEA, dan USA.

Baca juga:   Koleksi Alexander McQueen Fall/Winter 2024

Kamu bisa menemukan tas kaynn dalam sejumlah marketplace di Indonesia. Harganya juga terbilang cukup terjangkau untuk sebuah tas dari kulit kambing dan sapi asli, yakni di kisaran Rp400 ribu hingga Rp1juta ke atas.

Aesthetic Pleasure

Desainer Putri J Ghariza terinspirasi oleh generasi muda untuk membuat koleksi tas yang unik. Dia mendirikan Aesthetic Pleasure setelah menyelesaikan studinya dalam desain grafis.

Label fashion lokal ini,  ini terkenal karena menghadirkan berbagai koleksi tas kulit. Diketahui, jenis kulit yang dihadirkan pun terbagi ke dalam dua jenis berbeda, ada yang memiliki permukaan lebih halus, ada juga yang menampilkan tekstur seperti kulit croco.

Sebuah mini sling bag dan handbag berukuran besar produksi merek Aesthetic Pleasure, dijual dengan harga Rp1juta hingga Rp2 juta ke atas. 

Niluh Djelantik

Selain memproduksi sepatu, Niluh Djelantik  juga memproduksi tas wanita, lho. Highlight produk tas Niluh Djelantik berpusat pada clutch. Sebagai informasi, Niluh Djelantik adalah brand fashion lokal yang digawangi Ni Luh Djelantik, perempuan asal Pulau Dewata, Bali.

Ni Luh Djelantik mulai memproduksi fashion item dengan brand Nilou (sekarang: Niluh Djelantik) sejak tahun 2003. Fashion item berupa sepatu buatannya sudah dikenal di pasar Amerika, Eropa dan Asia.

Langkah merek Niluh Djelantik bermula ketika supermodel cantik Gisele Bündchen tertarik lalu berkunjung ke toko miliknya di Bali.

Kisaran harga tas merek Niluh Djelantik dipatok mulai dari mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Jika kamu tertarik untuk membeli, cobalah cek ke tokonya yang berada di Bali dan Jakarta, atau bisa juga kunjungi website resminya untuk membeli secara daring.

Itu dia ulasan 8 rekomendasi brand tas lokal kualitas internasional karya para anak bangsa, yang bisa kamu jadikan refrensi untuk yakin dan bangga buat beli produk lokal. Yuk, cintai produk-produk fashion dalam negeri!


With Laruna, you can combine your love for fashion and the planet by choosing sustainable options that fit your style and contribute to positive changes. Want to join Laruna as a content contributor? We'd love to spend time with you!

Reference: 
https://www.maxmanroe.com/warnatasku-bisnis-tas-ekspor-etnik-premium-yang-tembus-pasar-internasional.html (Diakses pada: 13 Januari 2023)

https://gaya.tempo.co/read/608554/bagteria-tas-lokal-favoritparis-hilton (Diakses pada: 13 Januari 2023)

https://sampaijauh.com/bagteria-produk-fashion-premium-dari-indonesia-yang-digunakan-selebriti-dunia-1057 (Diakses pada: 13 Januari 2023)

https://www.blibli.com/brand/doris-dorothea (Diakses pada: 13 Januari 2023)

https://wolipop.detik.com/fashion-news/d-3144934/sabbatha-brand-tas-asal-bali-favorit-julia-roberts-hadir-di-jakarta (Diakses pada: 13 Januari 2023)

http://www.sabbathaofficial.com/mini/22-artemis-mini-box-bag-in-army-green.html (Diakses pada: 13 Januari 2023)

http://www.sabbathaofficial.com/mini/22-artemis-mini-box-bag-in-army-green.html (Diakses pada: 13 Januari 2023)

https://www.boombastis.com/as-umkm-semarang-rasa-internasional/232205 (Diakses pada: 13 Januari 2023)

https://indiemarket.news/kisah-meyta-retnayu-membangun-kaynn-brand-tas-kulit-asal-bandung/ (Diakses pada: 13 Januari 2023)

https://review.bukalapak.com/amp/fashion/rekomendasi-merek-tas-lokal-108337 (Diakses pada: 13 Januari 2023)
Be a Contributor and 
Write for Us
Tell me more
Copyright © 2023 - Style by Laruna - All rights reserved
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram