Monday, 01 January 2022

Fashion Revolution Week 2023: Manifesto for a Fashion Revolution

Fashion Revolution Week 2023 dijadikan sebagai kampanye penuh aksi dan berfokus pada masa depan, yang memperkuat solusi dari tempat-tempat yang secara historis terabaikan.
June 28, 2023  | Pipintri Aviteni Damayanti
Fashion Revolution Week 2023: Manifesto for a Fashion Revolution
 

Tahun ini Fashion Revolution Week diadakan pada tanggal 22-29 April 2023 dengan tema Manifesto For a Fashion Revolution, artinya pekan revolusi fesyen yang mendukung adanya revolusi mode. Fashion Revolution Week 2023 merupakan acara kampanye tahunan yang bertujuan untuk menyatukan gerakan aktivis mode terbesar di dunia selama tujuh hari aksi. 

Fashion Revolution Week 2023 ini juga menandai 10 tahun sejak terjadinya tragedi runtuhnya Rana Plaza pada tanggal 24 April 2013 di Bangladesh, sebuah pabrik garmen bagi beberapa brand ternama yang runtuh akibat kecelakaan yang seharusnya bisa dicegah. Dalam kejadian ini lebih dari 1.100 orang tewas dan 2.500 lainnya mengalami luka-luka, dan menjadikan tragedi ini bencana industri terbesar keempat dalam sejarah. 

Selama Fashion Revolution Week berlangsung akan dilakukan kampanye #RememberingRanaPlaza dan nyawa yang hilang, serta menuntut agar tidak ada yang menjadi korban hanya karena fashion semata dan mengingatkan perubahan yang masih perlu dilakukan di seluruh industri mode global. 

Sesuai dengan tema Fashion Revolution Week 2023 yaitu Manifesto For a Fashion Revolution,  dalam laman resminya fashionrevolution.org menyatakan hadir sebagai komunitas global yang ingin mewujudkan dukungan untuk tidak melakukan eksploitasi orang (pekerja) apalagi menghancurkan bumi dengan menggunakan 10 poin sebagai landasan, yaitu :

  1. Fashion memberikan karya yang bermartabat, mulai dari konsepsi, kreasi, hingga catwalk.

Itu tidak memperbudak, membahayakan, mengeksploitasi, bekerja berlebihan, melecehkan, menyalahgunakan, atau mendiskriminasikan siapapun. Fashion membebaskan pekerja, pemakainya, dan memberdayakan semua orang untuk membela hak-hak mereka.

  1. Fashion memberikan upah yang adil dan setara.

Ini memperkaya mata pencaharian setiap orang yang bekerja di seluruh industri, dari pertanian hingga lantai pabrik. Fashion mengangkat orang keluar dari kemiskinan, menciptakan masyarakat yang berkembang dan penuh aspirasi.

  1. Fashion memberi orang suara.
Baca juga:   3 Model Pria Indonesia Gebrak Paris Fashion Week 2024

Memungkinkan untuk berbicara tanpa rasa takut, bergabung bersama dalam persatuan tanpa represi, dan bernegosiasi untuk kondisi yang lebih baik di tempat kerja dan di seluruh komunitas.

  1. Fashion menghormati budaya dan warisan.

Ini memupuk, merayakan dan menghargai keterampilan dan keahlian. Ini mengakui kreativitas sebagai aset terkuatnya. Fashion tidak pernah sesuai tanpa memberikan penghargaan atau mencuri tanpa izin. Fashion menghormati pengrajin.

  1. Fashion mewakili solidaritas, inklusivitas, dan demokrasi.

Terlepas dari ras, kelas, jenis kelamin, usia, bentuk tubuh, atau kemampuan. Ini memperjuangkan keragaman sebagai hal penting untuk kesuksesan.

  1. Mode melestarikan dan memulihkan lingkungan.

Itu tidak menghasilkan sumber daya yang berharga, merusak tanah kita, mencemari udara dan air kita, atau membahayakan kesehatan kita. Fashion melindungi kesejahteraan semua makhluk hidup dan melindungi ekosistem kita yang beragam.

  1. Fashion tidak pernah menghancurkan atau membuang secara tidak perlu.

Tapi dengan hati-hati mendesain ulang dan memulihkan diri secara melingkar. Fashion diperbaiki digunakan kembali, dan didaur ulang. Lemari pakaian dan tempat pembuangan sampah kita tidak dipenuhi dengan pakaian yang didambakan tetapi tidak dihargai, dibeli tetapi tidak disimpan.

  1. Fashion itu transparan dan akuntabel.

Fashion mencakup kejelasan dan tidak tersembunyi di balik kerumitan atau mengandalkan rahasia dagang untuk mendapatkan nilai. Siapapun, dimanapun bisa mengetahui bagaimana, dimana, oleh siapa dan dalam kondisi apa pakaian mereka dibuat.

  1. Fashion mengukur kesuksesan lebih dari sekadar penjualan dan keuntungan.

Fashion melestarikan dan memulihkan lingkungan dan menghargai orang diatas pertumbuhan dan keuntungan.

  1. Fashion hidup untuk berekspresi, bergembira, berefleksi, memprotes, menghibur, bersimpati dan berbagi.

Fashion tidak pernah menundukkan, merendahkan, meminggirkan, atau kompromi. Fashion merayakan kehidupan.

Dalam prosesnya event ini akan dipimpin oleh pluralitas serta keragaman global, kemudian meneruskannya ke Fashion Revolutionaries dari seluruh dunia.

Baca juga:   Rok Mini Bendera Arab Saudi dan Kalimat Syahadat Tuai Kecaman

Ada banyak cara untuk menjadi Fashion Revolutionary atau revolusioner mode, salah satunya adalah dengan bergabung bersama Fashion Revolution Indonesia. Meskipun fashion memiliki dampak negatif yang sangat besar, namun fashion juga memiliki kekuatan dan potensi melakukan perubahan besar. Kita bisa ikut mengkampanyekan gerakan perubahan sistemik di industri fashion global.


With Laruna, you can combine your love for fashion and the planet by choosing sustainable options that fit your style and contribute to positive changes. Want to join Laruna as a content contributor? We'd love to spend time with you!

Reference: 
fashionrevolution.org https://www.fashionrevolution.org/frw-2023/
Diakses pada tanggal 21 April 2023

zerowaste.id https://zerowaste.id/zero-waste-lifestyle/fashion-revolution-revolusi-fesyen/
Diakses pada tanggal 21 April 2023

greeners.co https://www.greeners.co/gaya-hidup/fashion-revolution-gerakan-mode-adil-dan-beretika/
Diakses pada tanggal 21 April 2023
Copyright © 2023 - Style by Laruna - All rights reserved
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram