Monday, 01 January 2022

Gaya Smart Casual: Menggabungkan Formal dan Kasual

Smart casual adalah gaya yang menggabungkan elemen formal dan kasual untuk menciptakan tampilan yang cerdas, santai, dan tetap terlihat rapi.
November 1, 2023  | Anggun Tifani
gaya smart casual
 

Dalam dunia mode, gaya pakaian mencerminkan kepribadian dan citra seseorang. Salah satu kode pakaian yang semakin populer adalah gaya smart casual. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi arti dari smart casual dan memberikan tips tentang padu-padan yang tepat untuk mencapai tampilan yang sempurna.

Smart Casual adalah kode pakaian yang diterapkan dalam banyak acara, terutama di lingkungan kerja yang lebih santai. Ini menggabungkan unsur-unsur formal dan kasual untuk menciptakan tampilan yang cerdas dan tetap nyaman. 

Smart casual adalah kode pakaian yang sering diterapkan dalam berbagai acara, terutama di lingkungan kerja yang lebih santai dan acara sosial resmi. Dalam smart casual, aturan pakaian formal yang ketat dilepaskan, sementara tetap mempertahankan kesan profesional dan rapi. Gaya smart casual memungkinkan kebebasan ekspresi gaya individu, sambil memastikan penampilan tetap cocok dengan suasana acara.

Tips Berpakaian Gaya Smart Casual

Smart Casual
Sumber. pexels.com

Berikut adalah beberapa tips dari laruna untukpadu-padan smart casual yang tepat:

1. Aturan Utama, Hindari Pakaian Terlalu Formal atau Terlalu Santai

Smart casual memadukan elemen formal dan kasual. Jadi, hindari pakaian yang terlalu formal seperti setelan jas lengkap, dasi, atau gaun formal. Juga, hindari pakaian terlalu santai seperti kaos oblong, celana pendek, atau sl jepit.

2. Kepercayaan Diri adalah Kunci Utama

Yang terpenting, ketika mengenakan smart casual, jadilah diri sendiri dan percayalah pada gaya kamu. Kepercayaan diri adalah kunci utama untuk memancarkan pesona dalam pakaian apapun yang kamu kenakan. Jadi, kenakan pakaian smart casual dengan sikap yang percaya diri dan jadilah penampilan yang menawan.

Baca juga:   Popularitas Topi Paskah Di Tahun 1940-an

3. Pilih Pakaian yang Lebih Santai Namun Tetap Rapi

   Pilih pakaian yang lebih santai seperti celana chino, celana panjang dengan potongan yang rapi, rok midi, atau blus yang tidak terlalu formal. Pakaian tetap harus rapi dan sesuai dengan bentuk tubuh kamu.

4. Perhatikan Bahan dan Kualitas Pakaian

Meskipun gaya smart casual lebih santai, penting untuk memperhatikan bahan dan kualitas pakaian kamu. Pilih bahan yang lebih berkualitas seperti katun, linen, atau wol ringan. Pakaian yang terlihat berkualitas akan memberikan kesan yang lebih baik.

5. Padukan Warna dengan Cermat

Perhatikan padu-padan warna dalam pakaian smart casual kamu. Pilih palet warna yang koheren dan cocok. kamu dapat memadukan warna netral dengan aksen warna yang lebih cerah atau menggabungkan warna-warna yang sejalan.

6. Tambahkan Aksesori yang Tepat

Aksesori dapat meningkatkan tampilan smart casual kamu. Gunakan ikat pinggang yang cocok, jam tangan yang elegan, perhiasan sederhana, atau syal ringan untuk menambahkan sentuhan kelas pada pakaian kamu.

7. Pakai sepatu yang tepat 

Hindari sepatu formal seperti sepatu kulit formal atau sepatu hak tinggi. Pilihlah sepatu yang lebih santai seperti sepatu oxford, sepatu kasual, sepatu loafer, atau sepatu dengan potongan yang rapi. Pastikan sepatu kamu bersih dan terawat dengan baik.

8. Jaga Keselarasan mix and macth

Saat memadukan pakaian smart casual, pastikan semua elemen tampilan kamu saling melengkapi. Perhatikan agar pakaian atas dan bawah kamu seimbang, serta aksesori dan sepatu kamu selaras dengan pakaian utama kamu.

Smart Casual
Sumber. pexels.com

9. Pahami Konteks dan Kesempatan

Pertimbangkan konteks dan kesempatan acara yang kamu hadiri saat memilih pakaian smart casual. Pakaian yang sesuai untuk kantor mungkin berbeda dengan acara santai di luar kantor. Sesuaikan pilihan pakaian yang kamu kenakan dengan lingkungan dan suasana acara tersebut.

Baca juga:   Peran Haute Couture dalam Fashion Dunia

Ingatlah bahwa definisi smart casual dapat bervariasi tergantung pada budaya perusahaan atau acara yang kamu hadiri. Oleh karena itu, penting untuk memahami bahwa smart casual adalah gaya yang menggabungkan elemen-elemen formal dan kasual dengan cerdas. Dengan memahami arti dari smart casual dan mengikuti tips padu-padan yang tepat, kamu dapat menciptakan tampilan yang santai, tetapi tetap terlihat cerdas dan rapi. Ingatlah untuk selalu menghormati konteks acara dan mengekspresikan gaya pribadi kamu dengan percaya diri. Terapkan tips berpakain smart casual di atas dengan tepat ya!


With Laruna, you can combine your love for fashion and the planet by choosing sustainable options that fit your style and contribute to positive changes. Want to join Laruna as a content contributor? We'd love to spend time with you!

Reference: 
https://www.harpersbazaararabia.com/fashion/style-files/what-is-smart-casual-for-women diakses 25 Juni 2023.
Copyright © 2023 - Style by Laruna - All rights reserved
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram