Monday, 01 January 2022

Jakarta Fashion Week: Serba-serbi yang Perlu Kamu Ketahui

Jakarta Fashion Week adalah sebuah pameran mode yang digelar setahun sekali di Jakarta, Indonesia. JFW disebut sebagai pameran mode terbesar di Asia Tenggara.
January 9, 2023  | Yaumil Azis
jakarta fashion week
 

Sebagai pecinta dunia fashion, event tahunan Jakarta Fashion Week sudah pasti tak boleh sampai terlewatkan. Ajang besar satu ini telah digelar sejak tahun 2008 dan selalu ditunggu-tunggu oleh masyarakat Indonesia.

Jakarta Fashion Week 2023 pertama kali diusung oleh GCM Group, yang sebelumnya merupakan bagian dari Femina Group. Pameran ini diharapkan bisa menjadi arahan dan wahana untuk mendemonstrasikan kekayakan kreativitas Indonesia.

Laruna menyediakan beragam informasi yang perlu kamu ketahui soal pagelaran bergengsi ini. Scroll ke bawah ya untuk menyimak informasi selengkapnya!

Beberapa kali berganti rumah

Konsep utama JFW hampir sama dengan pagelaran Fashion Week negara lain, yakni pameran busana yang diperagakan model di atas runway. JFW umumnya digelar selama satu pekan, atau 6-7 hari, bertempat di sebuah ruangan pameran besar.

Oleh karenanya, Jakarta Fashion Week kerap diselenggarakan di mall yang bisa menampung banyak orang. Pada tiga tahun awal, JFW digelar di Pacific Place Jakarta. Kemudian, pagelaran ini berpindah rumah ke Senayan City sejak tahun 2013 hingga 2019.

Pandemi Covid-19 membuat pagelaran Jakarta Fashion Week harus mengalami perubahan di tahun 2020 dan 2021 dengan konsep online. Lalu, pada tahun 2022, JFW digelar secara daring dan luring di Pondok Indah Mall III.

JFW Model Search

Sebagai salah satu pagelaran pekan fashion terbesar di Asia Tenggara, runway Jakarta Fashion Week tentu tak bisa dilalui oleh sembarang orang. Pasalnya, kehadiran peraga-peraga ini merupakan salah satu tonggak dalam kesuksesan acara.

Oleh karenanya, Jakarta Fashion Week menginisiasi audisi bertajuk JFW Model Search. Tujuan utamanya, tentu saja, mencari talenta terbaik untuk memeragakan rilisan jenama-jenama fashion kenamaan Tanah Air.

Baca juga:   Serba Serbi Met Gala 2024: Dress Code, Co-Chairs, dan Tamu

Untuk tahun ini, audisi tahap awal JFW Model Search dilakukan secara online yang terbagi dalam lima wilayah. Para pemenang dari tiap wilayah bersaing di babak grand final di Jakarta dan berpeluang terpilih sebagai Face of Indonesia 2022.

Indonesia Fashion Forward

Beragam program diinisiasi Jakarta Fashion Week untuk memajukan industri kreatif di Indonesia. JFW Model Search hanya satu di antara sekian banyak inisiasi yang dilakukan pihak penyelenggara.

Indonesia Fashion Forward adalah langkah nyata lainnya yang diusung JFW. Program ini bertujuan untuk membawa mode indonesia sebagai industri yang mampu menembus level internasional. Inisiasi ini banyak berkutat di bidang bisnis dengan fokus pada edukasi.

Peserta program ini diharapkan bisa berkembang secara konsisten dan bersaing di panggung internasional dengan jenama-jenama lainnya. Pelatihan dilakukan selama satu tahun dengn cakupan perencanaan bisnis, strategi branding, sampai aspek hukum.

Tentang Fashion Week 2023

Jakarta Fashion Week 2023 digelar pada tanggal 24-30 Oktober 2022 di Pondok Indah Mall III. Mengusung tema ‘Fashion Reformation’, penyelenggara berharap event ini bisa menjadi tempat bertemunya desainer dari beragam generasi. 

“Kita mencoba untuk mempertemukan desainer lintas generasi. Dari 116 desainer yang tampil bukan cuma maestro, tapi juga meng-embrace desainer yang baru pertama kali,” kata direktur kreatif Jakarta Fashion Week, Andandika Surasetja, dikutip Liputan6.com.

Jakarta Fashion Week 2023 ini melibatkan sebanyak 116 desainer. Beberapa di antaranya tergabung dalam Ikatan Perancang Mode Indonesia (IPMI), sperti Ivan Gunawan, Andeas Odang, Sebastian Gunawan, Didi Budiardjo, dan masih banyak lagi.

Nama-nama lainnya yang juga patut dinanti dalam event ini antara lain Harry Halim, Wilsen Willim, Yosafat Dwi Kurniawan hingga Nada Puspita. Ada juga perancang internasional yang turut meramaikan runway seperti Saint Ego dan Doucan dari Korea Selatan.

Baca juga:   Fendi Haute Couture Spring Summer 2024

Kian maju dengan teknologi

Peran teknologi dalam Jakarta Fashion Week 2023 tidak terbatas pada konsep hybrid semata. Penyelenggara juga melibatkan aspek teknologi lainnya yang nantinya bakal berguna untuk sisi bisnis pelaku industri kreatif. Salah satunya adalah penerapan konsep O2O (online to offline).

“Kami secara khusus embrace konsep O2O, online to offline. Selain menyediakan marketplace fisik seperti Fashionlink dan Dewi’s Luxe Market, kami juga memiliki online e-commerce,” tutur Chairwoman Jakarta Fashion Week, Svida Alisjahbana.

Belum cukup, penyelenggara Jakarta Fashion Week juga memanfaatkan teknologi Metaverse untuk menghadirkan interaksi antara dunia nyata dan dunia digital. Dalam hal ini, Jakarta Fashion Week 2023 bekerja sama dengan WIR Group yang berfokus pada Augmented Reality (AR), Virtual Reality (VR), dan Artifcial Intelligence (AI).

Metaverse diyakini bisa membantu kemajuan industri mode di Indonesia, serta memberikan peluang baru bagi aktor-aktor industri kreatif dalam hal berkreasi. Harapannya, perancang busana bisa mengeksplor kreativitasnya lebih jauh lagi.

“Kami menyambut baik kerja sama ini, terutama agar masyarakat dapat melihat secara langsung manfaat lebih lanjut dari metaverse dalam industri kreatif seperti fashion,” ungkap Gupta Sitorus, Chief Marketing dan Sales Officer WIR Group.

“Nusameta memungkinkan para pegiat mode untuk mewujudkan pengalaman unik berinteraksi antara dunia nyata dengan dunia digital di panggung JFW 2023,” sambungnya.

Instagram Jakarta Fashion Week: @jwfofficial

Situs Jakarta Fashion Week: https://www.jakartafashionweek.co.id/


With Laruna, you can combine your love for fashion and the planet by choosing sustainable options that fit your style and contribute to positive changes. Want to join Laruna as a content contributor? We'd love to spend time with you!

Reference: 
https://www.liputan6.com/lifestyle/read/5105711/jakarta-fashion-week-2023-resmi-dibuka-usung-semangat-reformasi-fesyen (Diakses pada: 13 November 2022)

https://www.jakartafashionweek.co.id/jfw-model-search/ (Diakses pada: 13 November 2022)

https://www.jakartafashionweek.co.id/indonesia-fashion-forward/ (Diakses pada: 13 November 2022)

https://superyou.co.id/blog/gayahidup/jakarta-fashion-week/ (Diakses pada: 13 November 2022)

https://ryusei.co.id/blogs/news/5-hal-menarik-tentang-jakarta-fashion-week-yang-perlu-kamu-tahu (Diakses pada: 13 November 2022)
Copyright © 2023 - Style by Laruna - All rights reserved
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram