Monday, 01 January 2022

Tembus Pasar Dunia, Kpop Idol Jadi Ambassador Merek Mewah

Mulai dari lagu, koreografi tarian, hingga pesona para bintangnya berhasil menghipnotis jutaan orang dari segala usia.
February 15, 2023  | Utari Ayuningtyas
kpop idol
 

Popularitas KPop idol di blantika musik dunia sudah tidak diragukan lagi. Menyebarnya 'hallyu wave' sejak pertengahan tahun 2010-an, membuat dunia sadar akan kehadiran industri hiburan Korea Selatan.

Tak mengherankan apabila KPop idol sukses menjelma menjadi industri musik besar dan menarik perhatian banyak merek fashion untuk menggandeng K-pop idol sebagai brand ambassador mereka. Hal ini membuat banyak wajah bintang K-Pop menghiasi sampul majalah hingga iklan koleksi terbaru berbagai brand fashion mewah dunia.

Berawal dari G-Dragon Big Bang sebagai artis K-pop pria pertama yang terpilih sebagai duta global Chanel pada tahun 2016, idol K-pop kini telah menjadi ikon dari berbagai brand fashion mewah dunia. Tak heran jika tahun ini akan banyak menemukan peragaan busana mewah dengan kehadiran idol K-pop. 

Menurut industri fashion, persaingan diantara brand mewah dalam memilih duta baru saat ini melalui banyak pertimbangan. Terlebih saat ini salah satu anggota BLACKPINK Jennie sebagai “human Chanel” dan Jisoo sebagai “human Dior”, sehingga sulit dalam menemukan promotor alternatif dalam mengidentifikasi girl group yang akan tumbuh di masa depan.

Menurut Hanwha investment & Securities, BLACKPINK mencatat penjualan 690.000 kopi selama lima tahun pertama di awal debut mereka. Rekor baru dalam sejarah K-pop LE SSERFI dan Newjeans mencatat penjualan hingga 310.000 eksemplar untuk album debut mereka.  IVE juga menjadi satu juta penjual (mengumpulkan 1,31 juta kopi pada tanggal 29 bulan lalu berdasarkan grafik lingkaran) dengan single ketiga mereka, 'After Like.' Hal ini menunjukkan bahwa kinerja grup idola generasi ke-4 meningkat lebih cepat dari sebelumnya mengingat rekor penjualan rekaman yang terjadi saat ini

BTS

Salah satu boyband paling populer di dunia, tidak hanya dalam musik tetapi juga dalam mode. Bangtan Sonyeondan atau publik lebih mengenal dengan nama BTS adalah Kpop yang sangat terkenal dan diminati banyak orang. BTS beranggotakan RM, Jin, SUGA, J-Hope, Jimin, V, dan Jungkook. Sehingga tidak heran jika BTS dipercaya menjadi global ambassador suatu produk terkenal.

Sumber: https://eu.louisvuitton.com/

BTS menjadi global ambassador Louis Vuitton (LV) pada tahun 2021. Louis Vuitton merupakan merek busana mewah asal Prancis yang sudah ada sejak tahun 1854. Boyband ini mengenakan pakaian Louis Vuitton di Grammy Awards 2021, serta membuat penampilan landasan pacu pertama mereka dalam film mode virtual Louis Vuitton untuk lini pakaian pria Musim Gugur/Musim Dingin 2021, menjadikannya salah satu kolaborasi global paling ikonik.

Baca juga:   Charles & Keith Luncurkan Koleksi Lunar New Year 2024 Bertajuk "Brocade Dreams''

BLACKPINK

Ketenaran BLACKPINK tidak dapat disangkal lagi, popularitasnya sebagai duta besar, sampul majalah, dan kampanye global hanyalah beberapa di antaranya. Dengan hubungan yang telah lama terjalin dengan maison Prancis — yaitu Dior, Chanel, Saint Laurent, dan CELINE— status "IT-Girls" Jisoo, Jennie, Rosé, dan Lisa tidak terbantahkan. Melewatkan kecantikan mereka, para wanita BLACKPINK adalah kekuatan komersial yang harus diperhitungkan. September lalu, selama Paris Fashion Week, Dior bekerja sama dengan Jisoo mencapai $10,9 juta Nilai Dampak Media, sementara video Rosé untuk Vogue mengumpulkan $367 ribu dengan sendirinya. Sementara itu, Lisa melakukan debut landasan pacu dengan CELINE, dan Jennie memimpin dua kampanye global Chanel.

Di atas kemitraan komersial mereka, para superstar telah mengkonsolidasikan peran mereka sebagai koneksi tak berujung mereka dengan kreatif fashion seperti Hedi Slimane, Anthony Vacarello, Maria Grazia Chiuri, Virginie Viard, dan Simon Porte Jacquemus. Dan, jangan lupa tentang peran yang dimainkan oleh para wanita yang paham mode ini dalam memperkenalkan kreasi mode baru kepada dunia. Melalui pesona kecantikan dan keanggunan, salah satu member Blackpink Rose pun tampil lewat salah satu campaign Yves Saint Laurent Rive Droite dan berkesempatan tampil di Met Gala 2021 bersama Anthony Vaccarello.

CL

Bintang K-pop global Chaelin Lee, atau CL sebagai panggilan akrab oleh para penggemarnya, telah menguasai kekuatan mode sejak ia memulai debutnya di mantan girl group Korea 2NE1 pada tahun 2009. Rapper dan mantan anggota 2NE1 ini membintangi video Ivy Park Beyoncé untuk kolaborasinya dengan Adidas.

L'OFFICIEL USA menyebutnya sebagai “fashion chameleon” karena gayanya yang eksentrik, pas di hampir setiap suasana. Dan tahun lalu, dia menjadi idola KPop Idol wanita pertama, bersama Rosè Blackpink , yang berjalan di karpet merah MET Gala salah satu acara tahunan terpenting dalam kalender mode. Selain itu, CL tampil di Vogue seri “7 Days, 7 Looks,” di mana dia memamerkan karakter “Alpha” -nya. 

Baca juga:   Koleksi Terbaru Brand Dunia di Pagelaran Autumn/Winter 2023

Bae Suzy

Sebelumnya anggota girl group JYP, Miss A, Bae Suzy naik melalui jajaran industri idola untuk menjadi Nation's First Love. Sekarang telah menjadi seorang aktris berpengalaman, Suzy adalah salah satu bintang wanita paling populer di negaranya. Namun, dengan 17 juta pengikut di Instagram, pengaruhnya jauh melampaui layar kecil. Selama bertahun-tahun, sang superstar telah mengumpulkan segudang asosiasi dengan merek-merek seperti GUESS, Lancôme, dan Dior.

Dalam perannya, megastar telah membuktikan kekuatan komersialnya dengan memperkenalkan beberapa item yang dikaitkan dengan namanya oleh masyarakat umum. Seperti dalam sebuah video Vogue Korea, "dompet Suzy" menjadi tren di semua penelusuran, Saddle Lotus Wallet. Selain itu, Suzy yang dikenal sebagai “Ratu CF” mewakili merek-merek seperti GUESS dan Lancôme. Melihat sepak terjangnya tersebut, membuat brand jam tangan mewah Longines menjadikan Suzy sebagai Duta Keanggunan yang baru.

EXO

Hampir 9 tahun sejak debutnya, boy group asuhan SM Entertainment, EXO, telah mencetak berbagai pencapaian mengagumkan dan memecahkan rekor. Kini, EXO merupakan salah satu bintang papan atas Korea Selatan yang memiliki banyak penggemar di berbagai belahan dunia. Tidak hanya aktif di industri musik saja, saat ini ada beberapa anggota yang telah merambah ke industri fashion dan kecantikan. Kai ditunjuk menjadi ambassador global Gucci dan model global campaign brand tersebut. Wajahnya pun dapat dilihat di outlet-outlet Gucci di seluruh dunia sebagai model koleksi eyewear atau kacamata salah satu brand paling terkenal ini.

Baekhyun baru-baru ini ditunjuk sebagai brand ambassador Burberry untuk wilayah Korea dan menjalani pemotretan dengan majalah BAZAAR. Sedangkan Suho yang saat ini menjalani wajib militer juga menjadi brand ambassador Bvlgari. Dengan wajah tampan dan popularitas yang dimilikinya, Sehun ditunjuk menjadi model Berluti untuk wilayah Korea. Baru-baru ini, ia juga menjadi model campaign Korea brand perhiasan Cartier bersama Jisoo BLACKPINK (Black Pink).

Di sisi lain, Chanyeol merupakan ambassador Prada serta muse untuk brand parfum asal Italia, Acqua di Parma. Tak ketinggalan Lay juga menjadi brand ambassador Valentino di negara kelahirannya. Ia juga diangkat sebagai Global Spokesperson Calvin Klein, ambassador H&M Man RRT, dan Global Ambassador MAC Cosmetics.

Baca juga:   Pertama! Karya Daniel Lee Untuk Burberry Fall/Winter 2023

AESPA

Girl grup K-Pop Aespa dari salah satu label hiburan terbesar Korea Selatan, SM Town, kini menunjukkan popularitasnya dalam dunia mode. Terlepas dari kenyataan bahwa mereka baru debut, AESPA telah merilis rasa individualisme yang kuat sebagai duta global untuk rumah mewah Prancis, Givenchy. Meskipun menjadi salah satu grup termuda di K-pop, AESPA telah memecahkan beberapa rekor. Hanya tiga bulan setelah debut mereka, grup beranggotakan empat orang ini ditunjuk sebagai duta merek untuk rumah mode mewah Prancis, Givenchy . 

kpop idol
Sumber: https://www.koreaboo.com/

Posting Instagram yang memperkenalkan kemitraan tersebut mengumpulkan lebih dari 142.656 suka, yang 820% lebih banyak dari keterlibatan rata-rata merek. Karina, Giselle, Winter, dan NingNing seluruhnya memiliki karakter gaya distingtif yang berbeda-beda untuk merefleksikan spirit yang terkandung di rumah mode Givenchy dengan energi mereka. Yang lebih mencengangkan adalah bahwa tidak seperti kesepakatan merek biasa, seluruh personil ditunjuk sebagai duta besar. Sejalan dengan kesepakatan komersial mereka, para gadis juga sangat tertarik dengan fashion. Kehadiran mereka yang mereka ekspresikan dengan penampilan yang fantastis, dinamis, dan stylish membuat nama mereka langsung dikenal publik dengan instan. Seketika grup Aespa disebut sebagai generasi selanjutnya dari Korean Wave Celebrity.

Melihat kontribusi nyata yang terjadi, tren brand ambassador asal Asia semakin menyeruak setelah sebelumnya duta merek hanya dipenuhi wajah-wajah dari Hollywood. Hal ini, tidak terlepas dari tingginya pangsa pasar Asia yang semakin meningkat. “Konsumen di seluruh dunia lebih tertarik pada konten K yang menampilkan K-fashion, berkat KPop idol. Strategi di balik penamaan bintang KPop idol sebagai duta merek global. Ini terutama berlaku untuk demografis Milenial dan Gen Z karena mereka mendapatkan lebih banyak daya beli,” kata Lim Ji Yeon dari Samsung Fashion Research Institute.


With Laruna, you can combine your love for fashion and the planet by choosing sustainable options that fit your style and contribute to positive changes. Want to join Laruna as a content contributor? We'd love to spend time with you!

Reference: 
https://www.voguebusiness.com/companies/forget-hollywood-new-global-luxury-brand-ambassadors-bts-blackpink (Diakses pada: 15 Desember 2022)
Be a Contributor and 
Write for Us
Tell me more
Copyright © 2023 - Style by Laruna - All rights reserved
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram