Monday, 01 January 2022

Mendorong Inisiatif Fashion Berkelanjutan di Kalangan Remaja

Memasuki remaja seringkali ingin mencoba segala sesuatu yang pernah dicoba.
April 18, 2024  | Dena Ayu
Fashion Berkelanjutan di Kalangan Remaja
 

Seperti salah satunya yaitu dengan mencoba berbagai item fashion untuk melengkapi style yang sesuai dengan umur para remaja pada umumnya. 

Remaja zaman sekarang harus mencoba berpenampilan modis tapi ramah lingkungan. Ini menjadi inisiatif yang baik yang akan menolong dunia dari polusi lingkungan yang mematikan. 

Memakai pakaian yang berkonsep fashion berkelanjutan ataun ramah lingkungan merupakan gaya hidup yang akan menolong kerusakan lingkungan dari gaya hidup fast fashion.  

Berikut adalah beberapa cara inisiatif fashion berkelanjutan yang harus anak remaja lakukan:

  1. Membeli pakaian ramah lingkungan

Ini adalah awal untuk para remaja ketika ingin membeli pakaian usahakan untuk membeli pakaian yang ramah lingkungan dengan bahan yang lebih baik. Yang mana bahannya tidak mengandung bahan-bahan kimia yang akan membuat kerusakan pada lingkungan dan kulit jika digunakan. 

Belilah baju yang muda terurai bahannya oleh tanah, dan penggunaan warnanya dengan pewarna alami. 

  1. Belajar merawat pakaian

Merawat pakaian adalah tugas kamu sebagai pengguna, merawat pakaian agar lebih awet yaitu dimulai dari kebiasaan mencuci pakaian, menjemur, menyetrika hingga menyimpan pakaian di tempat yang benar agar kualitas pakaian tetap terawat dengan baik. Kebiasaan ini akan menjadikan pakaian lebih berumur panjang, dan bisa digunakan beberapa kali. 

  1. Beli baju dengan model timeless

Belilah baju dengan model timeless hal ini agar kamu tidak menjadi manusia konsumtif dan hanya menggunakan baju dan membelinya sekedar mengikuti tren. Ketika kamu membeli baju dengan model timeless akan membuat kamu bisa menggunakannya tanpa ada batas waktu yang ditentukan. 

  1. Memperbaiki pakaian lama

Kebiasaan membuang pakaian ketika rusak adalah perilaku yang kuran baik. Alangkah lebih baiknya ketika pakaian yang rusak atau robek sedikit bisa kamu perbaiki terlebih dahulu bisa kamu bawa ke tukang jahit atau kamu perbaiki sendiri. 

Baca juga:   Mengenal Ecoprint, Inovasi Fashion Ramah Lingkungan dari Tumbuhan

Jika kamu terus-menerus membeli pakaian ketika pakaianmu rusak sedikit atau ada kecacatan ini merupakan perilaku merusak lingkungan dengan menjadi seorang konsumtif. Usahakan untuk memperbaikinya jangan langsung dibuang. 

Gaya hidup yang sustainable seharusnya menjadi kebiasaan yang harus dilakukan. Manfaat yang didapat sangat banyak baik itu akan berkontribusi untuk lingkungan atau diri sendiri, yang terpenting adalah mulailah dengan gaya hidup yang berkelanjutan.

Fashion Berkelanjutan di Kalangan Remaja
Sumber: unplash.com/Viktoriia Lomtieva

Bukan hanya tentang lingkungan gaya hidup yang berkelanjutan kamu akan mendapatkan beberapa manfaatnya yaitu:

  1. Hidup sehat

Produk fashion yang sustainable bukan hanya untuk berpenampilan modis saja, melainkan bisa menjadikan kamu hidup lebih sehat. Kenyamanan menjadi faktor utama dimana kamu tetap mengutamakan kesehatan dan tetap berpenampilan modis dan sesuai selera. Contohnya seperti bahan katun yang nyaman terbuat dari serat alami dan masih bisa digunakan dengan berpenampilan modis. 

  1. Hidup ramah lingkungan

Lingkungan adalah nomor pertama dalam kehidupan, jika lingkungan rusak bagaimana kamu bisa hidup tenang. Lingkungan harus dijaga dan dilestarikan dengan baik agar hidup tetap terjaga dan keberlangsungan hayati pun terjaga hingga ke generasi mendatang. 

Memilih pakaian eco-friendly harus diterapkan karena ini akan memberikan kehidupan kamu lebih sehat dan kualitas bahan pun bisa bertahan lebih lama.

  1. Tidak boros

Jika kamu menggunakan bahan pakaian yang sustainable akan lebih tahan lama dan dengan kualitas yang baik. Fashion berkelanjutan menahan diri untuk pola hidup konsumtif sehingga tidak mudah tergiur dengan fash fashion yang kualitasnya kurang bagus dan akibatnya akan merusak lingkungan. Well, untuk para remaja silakan coba beberapa inisiatif di atas agar kamu menjadi salah satu remaja yang telah menolong lingkungan dan bumi.


With Laruna, you can combine your love for fashion and the planet by choosing sustainable options that fit your style and contribute to positive changes. Want to join Laruna as a content contributor? We'd love to spend time with you!

Baca juga:   7 Desainer Brand Sustainable yang Menggebrak Industri Fashion
Reference: 
https://tshirtbar.id/sustainable-fashion-adalah/
https://lifestyle.kompas.com/read/2023/04/29/113324420/4-cara-terapkan-gaya-hidup-sustainable-dengan-perpanjang-umur-pakaian?page=all
https://www.liputan6.com/hot/read/5296565/konsep-sustainable-fashion-tren-gaya-berpakaian-ramah-lingkungan
Copyright © 2023 - Style by Laruna - All rights reserved
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram