Monday, 01 January 2022

Pengaruh Influencer K-pop Terhadap Fashion Masa Kini

Modernisasi adalah proses berubahnya sistem kehidupan masyarakat dari kehidupan tradisional menuju ke arah kehidupan modern.
February 12, 2024  | admin
pengaruh influencer k-pop terhadap fashion
 

Saat ini perkembangan zaman semakin hari semakin maju diiringi dengan perkembangan dan kemajuan Teknologi. Terlepas dari teknologi,industri mode tidak akan lepas dari pengaruh budaya populer yang di dominasi dari negara Korea Selatan. Salah satu pengaruh influencer k-pop terhadap fashion sangatlah besar pengaruhnya. 

Grup-grup Kpop dan para idolnya tidak hanya dikenal karena bakat musik mereka, tetapi juga karena gaya busana yang unik dan menginspirasi.

Tidak hanya terkenal karena vokal dan tarian saja, Influencer K-pop juga terkenal gaya fashion yang unik dan seringkali eklektik. Para idol sering memadukan busana tradisional Korea dengan sentuhan modern, pengaruh influencer k-pop terhadap fashion menciptakan gaya yang mencuri perhatian. Identifikasi gaya ini menjadi langkah awal untuk memahami pengaruh mereka terhadap tren busana masa kini.

pengaruh influencer k-pop terhadap fashion

Salah satu pengaruh terbesar dari Influencer K-pop adalah transformasi gaya streetwear. Hoodie, jaket bomber, dan sneaker menjadi elemen utama yang diadopsi dari gaya busana para idol, memperlihatkan bagaimana elemen-elemen ini dapat dipadukan dengan gaya yang lebih formal atau feminim.

pengaruh influencer k-pop terhadap fashion
pengaruh influencer k-pop terhadap fashion

Pekembangan Popularitas tren di Dunia

Pengaruh influencer Kpop terhadap tren busana tidak bisa dipandang sebelah mata. Mereka bukan hanya memberikan inspirasi dalam berbusana, tetapi juga berhasil merubah pandangan masyarakat terhadap gaya fashion. Dengan terus berkembangnya popularitas Kpop di dunia’ dapat dipastikan bahwa pengaruh mereka terhadap tren busana akan terus bersaing dengan tren busana dari berbagai negara.

Bangkitnya K-Pop dan Mitranya di Fashion Korea

Pada akhir sekitar tahun 1990-an, kata Idola pertama kali diciptakan, fasion Korea juga sudah melonjak dalam berbagai macam program drama & musik, yang menjadi daya tarik tersendiri. Terutama pada fasion yang dikenakan pada Influencer artis Kpop yang menjadi idola favorit terbaru bagi industri dan agensi hiburan.

Baca juga:   5 Tips Tampil Makin Stylish dan Keren dengan Celana Jeans

Inspirasi dari Idola Kpop

Idola dari Kpop asal Korea sering kali menjadi ikon / mode gaya, baik diatas panggung, maupun dalam kehidupan sehari hari. Para pecinta musik / penggemar tidak hanya mengikuti musik mereka, tetapi dari gaya, cara berpakaian, kereogari tari serta gerak juga di adopsi dalam kehidupan sehari hari, terutama dalam kehidupan berpakaian yang unik dan berani seperti yang dike nakan oleh idola mereka.

Peran dalam Sosial Media

Di zaman moderinisasi / teknoligi yang sudah maju, kehidupan sehari hari tidak terlepas dari aktivitas  di flatform Sosial Media. Hampir semua idol Kpop aktif di sosial media, membagikan gaya pribadi dan pemilihan pakaian mereka kepada para pengikut / followers,agar para penggemar tidak tertinggal dan mengetahui dan mengadopsi gaya mereka.

Ekspresi Identitas dan Kreativitas

Gaya busana Kpop sering kali dianggap sebagai bentuk ekspresi identitas dan kreativitas dalam keseharian, untuk mengekspresikan dan merayakan keberagaman dalam mode serta kebebasan dalam berpakaian.

Pergeseran dalam Berpikir atau Paradigma

Kehadiran Influencer K-pop telah membawa pergeseran paradigma dalam dunia  fashion. mengubah standard kecantikan dan gaya yang lebih inklusif. Serta menciptakan ruang untuk berbagai gaya dan estetika.

Dengan demikan, Influencer Kpop tidak hanya membentuk tren busana , tetapi juga membawa perubahan dalam persepsi terhadap mode. Serta menjadi fenomena budaya yang melampaui batas batas Nasional.


With Laruna, you can combine your love for fashion and the planet by choosing sustainable options that fit your style and contribute to positive changes. Want to join Laruna as a content contributor? We'd love to spend time with you!

Reference: 
https://journal.forikami.com/index.php/nusantara/article/download/51/25
Be a Contributor and 
Write for Us
Tell me more
Copyright © 2023 - Style by Laruna - All rights reserved
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram