Monday, 01 January 2022

Perbedaan Gaya Quite Luxury vs Loud Luxury

Pilihan tergantung pada preferensi individu dan cara seseorang ingin mengekspresikan gaya hidup mewah yang dianut seseorang.
September 8, 2023  | Anggun Tifani
quite luxury vs loud luxury
 

Ketika uang berbicara dan kekayaan mengungkapkan dirinya, merek-merek mewah dihadapkan pada pilihan penting: apakah mereka akan bersuara keras sebagai merek Loud Luxury atau bergabung dengan gaya kemewahan yang lebih tenang dan simbolik sebagai merek Quite Luxury.  Di sinilah istilah Quite Luxury vs Loud Luxury naik ke permukaan dan memunculkan pertanyaaan apakah perbedaan dari kedua hal tersebut? Simak pembahasan berikut!

Apa perbedaan "Quite Luxury vs Loud Luxury"?

Beberapa perusahaan, seperti Gucci, masih berusaha mencari popularitas dan kehebohan, sementara yang lain, seperti Bottega Veneta, memilih untuk menjauh dengan diam-diam dan mengambil arah yang berbeda.

Sumber: lovethatbagetc.com

Dikutip dari laman forbes, terlihat anggun secara anonim adalah keinginan banyak konsumen yang lebih kaya. Mereka percaya bahwa lebih sedikit lebih sering dan mereka dengan hati-hati memilih produk yang mengutamakan kecantikan, keahlian, dan kualitas. Mengenakan barang-barang mewah berkode adalah mode penyamaran sederhana sambil tetap menegaskan status dan kekayaan mereka dengan cara halus lainnya.

Gaya "quite luxury" dan "loud luxury" adalah dua pendekatan yang berbeda dalam mengekspresikan kemewahan dan gaya hidup mewah. Meskipun keduanya berfokus pada unsur-unsur kemewahan, mereka memiliki perbedaan dalam cara pengungkapannya. Berikut adalah beberapa perbedaan antara gaya "quite luxury" dan "loud luxury" yang berhasil dirangkum oleh Laruna!

1. Sifatnya yang Ekstrovert vs Introvert

Gaya "loud luxury" cenderung memiliki sifat yang ekstrovert dan mencolok. Hal ini ditunjukkan melalui penggunaan warna-warna cerah, desain yang mencolok, bahan-bahan yang mencolok, dan perhiasan yang mencolok. Di sisi lain, gaya "quite luxury" lebih introvert dan menekankan pada kesederhanaan dan kesopanan. Desainnya lebih minimalis, dengan penekanan pada kualitas dan detail yang halus.

Baca juga:   Elegansi Muncul di Catwalk Milan Men’s Fashion Week

2. Elemen Dekorasi

Dalam gaya "loud luxury", elemen dekorasi seringkali dramatis, mencolok, dan berlebihan. Misalnya, furnitur besar dengan ornamen yang mencolok, aksesori berkilauan, dan sentuhan-sentuhan glamor lainnya. Di sisi lain, gaya "quite luxury" lebih fokus pada keanggunan dan keindahan yang tenang. Penggunaan bahan-bahan mewah seperti sutra, linen, dan kulit berkualitas tinggi dengan desain yang lebih simpel dan elegan.

3. Pemilihan Warna

Gaya "loud luxury" seringkali mengadopsi warna-warna yang mencolok dan berani seperti emas, merah, ungu, atau warna-warna yang kontras. Warna-warna ini memberikan tampilan yang mencolok dan memberikan kesan kemewahan yang langsung terasa. Di sisi lain, gaya "quite luxury" lebih condong pada palet warna netral dan lembut seperti krem, putih, abu-abu, atau nuansa tanah. Hal ini menciptakan atmosfer yang tenang, elegan, dan memungkinkan bahan-bahan berkualitas tinggi dan detail-detail halus untuk menonjol.

4. Mencitrakan Status Seseorang 

Gaya "loud luxury" seringkali membangun citra status dan kekayaan melalui elemen-elemen yang mencolok dan berlebihan. Semua elemen dekorasi dan furnitur mencerminkan kekayaan dan gaya hidup mewah. Di sisi lain, gaya "quite luxury" lebih menekankan pada rasa kesopanan dan kelas yang tidak terlalu mencolok. Gaya ini lebih mengutamakan keselarasan, kualitas, dan keanggunan dalam menunjukkan kemewahan.

Contoh merek "quite luxury"

Berikut adalah beberapa contoh merek "quite luxury":

1. The Row

Merek ini didirikan oleh Mary-Kate dan Ashley Olsen, dan fokus pada pakaian, aksesori, dan sepatu yang berkualitas tinggi dengan gaya yang sederhana dan minimalis. Merek ini dikenal dengan perhatiannya terhadap detail dan kualitas bahan.

2. Brunello Cucinelli

Merek Italia ini mengkombinasikan kemewahan dengan gaya yang santai dan tenang. Mereka terkenal dengan penggunaan bahan-bahan alami, nuansa warna netral, dan kualitas kerajinan yang tinggi dalam produk-produk mereka.

Baca juga:   Balenciaga Hadirkan Gaun Bra dan Tas yang Disulap Menjadi Baju di PFW 2024

3. Loro Piana

Merek ini terkenal dengan produk-produk busana dan aksesori mewah yang terbuat dari bahan alami berkualitas tinggi, terutama kain kasar dan kasmir. Merek ini menampilkan gaya yang klasik dan elegan dalam desain mereka.

Merek-merek ini adalah contoh-contoh merek "quite luxury" yang menekankan pada kesederhanaan, kesopanan, dan kualitas bahan yang tinggi dalam gaya hidup mewah mereka. Merek quite luxury juga tidak memamerkan koleksi mereka di pameran pekan mode.

4. Bottega Veneta

Merek mewah Italia yang terkenal dengan gaya "quite luxury" yang khas. Merek ini dikenal dengan desain yang elegan, simpel, dan berkualitas tinggi. Bottega Veneta menekankan pada kerajinan tangan yang luar biasa dan bahan-bahan alami yang dipilih dengan cermat.

Merek ini dikenal dengan produk-produk seperti tas, sepatu, pakaian, dan aksesori yang dirancang dengan kehalusan dan keanggunan yang tenang. Bottega Veneta sering menggunakan tanda tangan mereka yang disebut "Intrecciato," yaitu teknik anyaman yang rumit menggunakan kulit yang menciptakan tekstur yang unik dan indah.

Contoh merek loud luxury

Sumber: Harper Bazzar Indonesia 

 Berikut adalah beberapa contoh merek "loud luxury":

1. Versace

Versace adalah merek mewah Italia yang terkenal dengan gaya yang mencolok, glamor, dan ekstravagan. Merek ini menggunakan pola-pola yang mencolok, cetakan binatang, warna-warna cerah, dan ornamen yang berlebihan untuk menciptakan tampilan yang mencolok dan penuh gaya.

2. Dolce & Gabbana

Merek ini dikenal dengan desain yang penuh keberanian, warna-warna cerah, cetakan bunga, dan hiasan-hiasan berlebihan. Dolce & Gabbana sering menggunakan sentuhan-sentuhan dramatis dan menggabungkan elemen-elemen yang mencolok dalam koleksi mereka.

3. Balmain

Balmain adalah merek mewah asal Prancis yang terkenal dengan desain yang berani, siluet yang vokal, dan detail yang mencolok. Merek ini menggunakan hiasan, kilauan, dan potongan-potongan yang berani untuk menciptakan tampilan yang mencolok dan berkesan.

Baca juga:   6 Produk Fashion Lokal Indonesia Ramah Lingkungan

4. Moschino

Moschino adalah merek yang dikenal dengan gaya yang ekstravagan dan humoris. Merek ini sering menggunakan cetakan lucu, warna-warna cerah, dan ornamen yang unik untuk menciptakan tampilan yang berani dan penuh gaya.

5. Gucci

Gucci adalah merek mewah yang terkenal dengan desain yang mencolok dan penuh kehebohan. Merek ini menggunakan motif-motif cetakan yang berani, kombinasi warna yang mencolok, dan aksesori yang mencolok untuk menciptakan gaya yang dramatis dan menarik perhatian.

Merek-merek ini adalah contoh-contoh merek "loud luxury" yang menekankan pada kemewahan yang unik, warna-warna cerah, dan tampilan yang mencolok untuk menonjoilkan penampiilah pecinta luxury brand.

Perbedaan ini membantu untuk membedakan antara gaya "loud luxury" yang mencolok dan ekstravagan dengan gaya "quite luxury" yang lebih tenang dan elegan. Jadi kamu pilih yang mana?


With Laruna, you can combine your love for fashion and the planet by choosing sustainable options that fit your style and contribute to positive changes. Want to join Laruna as a content contributor? We'd love to spend time with you!

Reference: 
https://www.forbes.com/sites/forbesbusinesscouncil/2022/05/11/tapping-into-quiet-and-loud-luxury/?sh=692a51803e6b diakses 25 Juni 2023.
Copyright © 2023 - Style by Laruna - All rights reserved
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram