Monday, 01 January 2022

Pesona Little Black Dress, Gaun Simple Hitam yang Elegan

Little Black Dress adalah gaun simple berwarna hitam yang berpotongan sederhana tanpa ada hiasan atau detail yang mencolok dan memiliki panjang diatas atau dibawah lutut.
December 25, 2023  | Pipintri Aviteni Damayanti
little black dress
 

Pernahkah kamu mendengar tentang Little Black Dress?

Sebenarnya seperti apa Little Black Dress itu?

Yuk simak pesonanya dibawah ini!

Pengertian

Little Black Dress atau disingkat LBD menjadi salah satu fashion item pilihan yang wajib dimiliki oleh perempuan, karena warnanya yang netral dapat memudahkan dalam padupadan dengan fashion item lainnya, dan bisa membuat penampilan penggunanya terlihat elegan seketika. LBD juga dianggap sebagai pakaian klasik yang bisa dikenakan dalam berbagai acara dan kesempatan seperti acara formal, pesta malam, pertemuan bisnis atau acara sehari-hari yang lebih santai.

Sejarah

Meskipun little black dress terkesan biasa saja, namun sampai saat ini tetap disukai banyak perempuan di berbagai penjuru dunia. Sebelum LBD dinobatkan menjadi fashion item yang elegan dan tak lekang oleh zaman seperti sekarang, terdapat cerita menarik yang menyebutkan bahwa LBD dulunya hanya dipakai saat momen berkabung di kalangan bangsawan Eropa sebagai sebuah tradisi. Selain itu, LBD juga dijadikan sebagai busana pelayan atau busana khusus bagi pekerja perempuan di masa itu. 

Tahun 1926 seorang desainer ternama asal Paris, Gabrielle Coco Chanel membuat gebrakan baru dengan mengeluarkan gaun hitam pendek atau little black dress. Ia juga menciptakan sebuah gaun hitam bersiluet T yang sederhana namun elegan kemudian ditampilkan dalam majalah Vogue sebagai sampulnya. Setelah itu, LBD semakin menjadi pusat perhatian bersamaan dengan hadirnya momentum Great Depression.

Tahun 1961 kehadiran film Breakfast at Tiffany's membuat little black dress semakin dikenal dunia lewat peran Audrey Hepburn yang mengenakan LBD karya Hubert de Givenchy. Di film ini LDB dikombinasikan dengan sarung tangan berwarna hitam serta kalung mutiara, gaya fashion ala Audrey Hepburn ini menjadi sangat populer karena keanggunannya dan kabarnya hingga saat ini belum ada yang bisa menandingi gaya fashion tersebut.

Baca juga:   10 Jenis Motif Kain Tekstil yang Paling Terkenal

Pesona little black dress

Seiring dengan berjalannya waktu, little black dress menjadi pilihan pakaian yang populer bagi banyak perempuan di seluruh dunia. Warna hitam yang sebelumnya lekat dengan suasana kesedihan dan berkabung, berubah menjadi gaya klasik yang mengesankan dan memancarkan keanggunan, kekuatan, juga kesederhanaan yang tidak pernah usang. 

Pesona little black dress memang tidak diragukan lagi, daya tariknya sangat kuat terletak pada kombinasi antara kesederhanaan dan keanggunan yang tak lekang oleh zaman. Hingga sampai sekarang LDB semakin umum digunakan, semua perempuan pasti memilikinya meskipun hanya satu buah saja sebagai pelengkap penampilan. LDB yang sebelumnya sederhana, kini mengalami perubahan desain dan terdapat berbagai macam model seperti :

  • LDB strapless
  • LDB tanpa lengan
  • LDB tali spaghetti
  • LDB lengan pendek
  • LDB lengan panjang
  • LDB V-neck
  • LDB turtleneck
  • LDB off shoulder
  • LDB one shoulder
  • LDB aksen kerut
  • LDB pas badan
  • dan model LDB lainnya

Pesona lainnya dari LDB adalah kemudahannya ketika dipadu-padankan dengan berbagai aksesoris dan gaya seperti perhiasan, sepatu, tas, atau jaket modis. Sehingga buat kamu yang memiliki LDB bisa bebas mengekspresikan diri, untuk menciptakan gaya penampilan personal yang unik dan tampil menarik dalam kepercayaan diri yang tinggi.


With Laruna, you can combine your love for fashion and the planet by choosing sustainable options that fit your style and contribute to positive changes. Want to join Laruna as a content contributor? We'd love to spend time with you!

Reference: 
merdeka.com https://www.merdeka.com/gaya/little-black-dress-fakta-unik-dari-sejarah-panjang-yang-ikonik-787-mvk.html
Diakses pada tanggal 13 Juli 2023

fitinline.com https://fitinline.com/article/read/perkembangan-model-little-black-dress-lengkap-dengan-cara-memilih-dan-membuatnya-yang-bisa-anda-coba/
Diakses pada tanggal 13 Juli 2023

stylo.grid.id https://stylo.grid.id/read/142574375/ini-alasan-little-black-dress-wajib-dimiliki-setiap-perempuan-busana-penting-untuk-berbagai-momen?page=all
Diakses pada tanggal 13 Juli 2023
Be a Contributor and 
Write for Us
Tell me more
Copyright © 2023 - Style by Laruna - All rights reserved
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram