Monday, 01 January 2022

Tips Memilih Jeans yang Sesuai dengan Bentuk Tubuh

Salah satu jenis fashion item yang wajib dimiliki oleh semua orang – setidaknya satu di dalam lemari – adalah celana jeans.
February 8, 2023  | Melisa Nirmaladewi
tips memilih jeans
 

Sebagai fashion item yang mudah dikombinasikan dengan berbagai outfit maupun kreasi look yang berbeda, membuat pemilihan jeans yang cocok untuk pemakainya menjadi krusial. Selain membantu membuat penampilan lebih on-point, memilih jenis jeans yang tepat berdasarkan bentuk tubuh juga membuatmu bisa lebih merasa nyaman dan percaya diri.

Ada berbagai jenis jeans yang beredar di pasaran. Mulai dari flare pants, skinny jeans, boyfriend jeans, dan lain sebagainya. Menentukan jeans yang tepat untuk tubuh tentu cukup menantang bagi pemula. Tapi, jangan khawatir! Kamu bisa intip beberapa tips untuk memilih jeans berdasarkan jenis dan bentuk tubuh. Let’s check’em out!

Flare Jeans

Tips memilih jeans yang pertama adalah untuk pengguna Flare jeans. Flare jeans memiliki bentuk potongan yang melebar di bagian bawah seperti terompet. Jeans yang trend di tahun 70-90an ini sering dikenakan oleh para koboi. Karena cutting-nya yang melebar, jenis jeans cocok untuk kamu yang bertubuh tinggi. Potongan bawah yang lebar akan mengimbangi siluet tubuhmu yang jenjang dan menciptakan figur jam pasir. 

Boyfriend Jeans

Kalau kamu memiliki bentuk tubuh segitiga terbalik, boyfriend jeans adalah jenis jeans yang tepat untukmu! Detail cutting-nya yang lurus dan longgar di bagian paha hingga ke bawah bisa menyeimbangkan bentuk tubuh bagian bawah dengan bagian atas yang lebih lebar. Selain bisa membuat penampilanmu lebih stand-out, boyfriend jeans juga menjadi andalan untuk kombinasi look grungy ala 90an.

Mid-rise Jeans

Sesuai namanya, mid-rise atau medium rise jeans adalah jenis celana jeans yang memiliki lingkaran pinggang yang berada tepat di bawah pusar. Buat kamu pemilik pinggul atau pinggang yang besar, jenis jeans ini bisa dijadikan pilihan karena cutting-nya yang pas dan lurus membantu menyembunyikan volume lebar di bagian pinggang. Mid-rise jeans juga sangat fleksibel untuk dikombinasikan dengan berbagai jenis atasan sesuai dengan style-mu.

Baca juga:   Tips Outfit Maraton yang Stylish dan Nyaman di Berbagai Cuaca

High Waist Jeans

Salah satu jenis jeans yang tengah naik daun saat ini adalah high waist jeans. Karena potongannya yang tinggi melebihi bagian pinggan membuat jeans ini membantu kamu yang memiliki tubuh pendek terlihat lebih tinggi. Sangat penting bagi pemilik tubuh pendek untuk memilih jeans yang pas dan berpinggang tinggi. Dengan cara ini, kamu akan terlihat lebih jenjang dan langsing di saat bersamaan.

Skinny Jeans

Skinny jeans atau slim-fit jeans adalah jenis celana yang ketat sehingga membantu membentuk lekuk tubuh pemakainya. Umumnya jeans ini memiliki bahan yang stretch sehingga lebih mudah digunakan dan nyaman saat dipakai. Untuk kamu yang memiliki tubuh yang tinggi, skinny jeans sangat cocok untuk membantu kakimu terlihat lebih jenjang.

Bootcut Jeans

Celana bootcut jeans memiliki cutting yang ketat di paha, namun longgar di bagian betis serta melebar di bagian bawah. Bagian jeans yang pas di bagian pinggul dengan bagian bawah yang lebih longgar, membantu membuat penampilan lebih ramping bagi kamu pemilik tubuh pir, apel, dan jam pasir. Sesuai namanya yang memiliki unsur ‘boot’, celana jeans cocok untuk dikombinasikan dengan sepatu high boots.


With Laruna, you can combine your love for fashion and the planet by choosing sustainable options that fit your style and contribute to positive changes. Want to join Laruna as a content contributor? We'd love to spend time with you!

Reference: 
https://www.lifestyleasia.com/sg/style/fashion/guide-to-best-jeans-to-wear-by-body-type/ (Diakses pada: 16 Desember 2022).

https://lookiero.co.uk/blog/how-to-find-your-perfect-jeans-for-your-body-shape/ (Diakses pada: 16 Desember 2022).

https://www.masterclass.com/articles/how-to-find-the-perfect-jeans (Diakses pada: 16 Desember 2022).
Be a Contributor and 
Write for Us
Tell me more
Copyright © 2023 - Style by Laruna - All rights reserved
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram