Monday, 01 January 2022

Tips untuk Merawat Jaket Kulit

Karena bahan jaket merupakan salah satu material yang cukup tricky, merawat jaket kulit membutuhkan perhatian dan tips ekstra.
July 4, 2023  | Melisa Nirmaladewi
 

Sebagai salah satu item yang esensial untuk menunjang penampilan OOTD-mu setiap harinya, pengetahuan untuk merawat jaket kulit sangat penting supaya jaketmu tidak bisa tetap terawat seperti baru. Jika salah melakukan perawatan, tidak menutup kemungkinan jaket bisa mudah rusak dan materialnya tidak tahan lama lagi. Yuk, intip beberapa tips berikut ini untuk merawat jaket kulitmu tetap bagus dan awet!

Cuci Jaket dengan Deterjen Khusus

Saat hendak mencuci jaket kulit, pastikan kamu menggunakan detergen yang lembut dan tidak beracun. Sebagian besar material kulit sama sekali tidak cocok untuk dicuci menggunakan mesin cuci.

Merawat Jaket Kulit
Sumber: Getty Images

Jadi, sebelum membersihkan jaket kulitmu, pastikan kamu membaca label petunjuknya. Jika material jaket kulit tampak terkena kotoran atau noda lengket seperti minyak, sebaiknya bawa ke pembersih kering atau ahli kulit untuk membersihkan jaketmu secara profesional dan hati-hati.

Hindari Paparan Langsung dari Sinar UV

Sinar UV matahari adalah musuh terbesar dari jaket kulitmu. Jaket yang terkena paparan sinar UV berlebih bisa membuat warna cerah di jaketmu luntur secara perlahan sehingga memberikan kesan kusam. Selain itu, sinar UV juga bisa mempengaruhi kualitas material kulit jadi mudah rusak. Untuk melindungi jaket kulit dari sinar UV saat digunakan, kamu bisa menggunakan UV protectant untuk jaketmu secara berkala. Pastikan juga untuk menyimpan jaket kulitmu di tempat yang tidak terpapar sinar matahari secara langsung.

Simpan di Tempat yang Kering

Salah satu hal terpenting yang perlu kamu lakukan saat memiliki jaket kulit adalah menyimpannya dengan benar. Hindari menyimpan jaket kulit di tumpukan baju biasa karena bisa membuat jaket jadi mudah kusut Saat menyimpan jaket kulit, pastikan kamu memasukkannya ke dalam tas pakaian atau kotak pakaian yang memiliki ruang udara cukup.

Merawat Jaket Kulit
Sumber: Pexels

Saat menyimpan jaket kulit, pastikan kamu meletakkannya di tempat yang tidak terlalu lembab. Terlalu banyak kelembaban dapat merusak pakaian dan bahkan dapat membuat resleting atau bagian logam lain dari jaket kulit lebih cepat berkarat.

Baca juga:   10 Gaya Fashion untuk Acara Malam yang Elegan

Gunakan Leather Care Khusus untuk Perawatan

Merawat jaket kulit tidak hanya diperhatikan soal mencuci dan menyimpan, menggunakan leather care juga bisa membantu merawat jaket kulit bisa tetap mulus. Untuk menjaga material jaket kulit tetap terlihat shiny seperti baru, kamu bisa menggunakan leather conditioner. Selanjutnya, kalau kamu ingin jaket kulitmu terlindungi dari paparan air, kamu bisa menggunakan waterproof solution atau wax.


With Laruna, you can combine your love for fashion and the planet by choosing sustainable options that fit your style and contribute to positive changes. Want to join Laruna as a content contributor? We'd love to spend time with you!

Reference: 
https://woodlandleathers.com/how-to-care-for-leather-clothes/ (Diakses pada 20 April 2023)

https://www.malemodelscene.net/menswear/leather-jacket-care/ (Diakses pada 20 April 2023)
Copyright © 2023 - Style by Laruna - All rights reserved
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram