Monday, 01 January 2022

Unik! Teknologi 3D Printing Pada Sepatu

Perkembangan teknologi selalu memberikan kesempatan bagi industri fashion untuk berkembang dan berinovasi.
April 27, 2023  | Melisa Nirmaladewi
3d printing sepatu
 

Salah satu bentuk teknologi yang memberikan inovasi unik dalam industri fashion adalah teknologi 3D print. Sesuai namanya, teknologi ini menggunakan alat 3D printer yang memungkinkan untuk membuat desain jadi atau prototipe sepatu dalam bentuk 3D yang detail dan rapi. Sebagian besar produsen sepatu yang menggunakan teknologi 3D printing menggunakan additive manufacturing, yaitu proses yang digunakan untuk membuat objek tiga dimensi dengan menyimpan bahan berlapis-lapis dari model digital. Dalam hal mencetak 3D printing pada sepatu, proses ini digunakan untuk membuat sol, bagian atas sepatu, dan bagian sepatu lainnya.

Kelebihan Teknologi 3D Printing Pada Sepatu

Tidak hanya memberikan pilihan yang lebih praktis dalam mendesain sepatu, teknologi 3D printing dalam sepatu juga unggul dari segi ramah lingkungan. Dalam proses pembuatan sepatu menggunakan teknologi 3D print, desainer bisa lebih hemat dalam menggunakan material fisik untuk sepatu karena yang memerlukan banyak energi serta menyumbang banyak limbah setelah proses produksi. Praktik dari proses pembuatan 3D printing sepatu yang lebih ramah lingkungan ini ditunjukkan oleh Feetz, sebuah startup company dari Amerika Serikat yang memproduksi sepatu custom dengan desain yang kekinian dan stylish.

3d printing sepatu
Sumber: Adidas

Mereka mengembangkan teknologi 3D print mereka sendiri yang menggunakan teknik Fused Filament Fabrication dan menggunakan bahan polimer yang telah dipatenkan. Sebagai startup yang berkomitmen untuk menjaga sistem produksi secara berkelanjutan dan ramah lingkungan, proses pembuatan 3D print shoes yang dilakukan oleh Feetz telah menggunakan bahan yang dapat didaur ulang dan berhasil mengurangi 60% jejak karbon selama proses produksinya.

Selain memiliki kelebihan dari segi produksinya yang ramah lingkungan, produksi sepatu menggunakan teknologi 3D print juga efektif untuk menerima pesanan sepatu custom sesuai keinginan customer secara lebih efisien. 3D printing sepatu juga memungkinkan produksi sepatu dalam jumlah kecil yang membuatnya ideal untuk target pasar niche. Kelebihan ini juga memungkinkan usaha kecil untuk bersaing dengan brand yang lebih besar dengan memungkinkan mereka memproduksi sepatu yang unik dan disesuaikan dalam jumlah yang lebih sedikit. Jadi, kalau kamu berencana untuk menjalankan bisnis fashion atau e-commerce kecil dan mencari opsi untuk mendesain produk sendiri, 3D print shoes bisa menjadi salah satu solusi tepat untuk kamu coba.

Baca juga:   Serunya Bergaya dengan Motif Garis

3D Print Shoes Keluaran Brand Dunia

Meskipun sepatu yang terbuat dari teknologi 3D terdengar belum umum di kalangan masyarakat untuk digunakan sehari-hari, beberapa brand dunia sudah memanfaatkan teknologi ini sebagai salah satu koleksi fashion items mereka. Mulai dari Dior hingga Adidas, berikut beberapa 3D print shoes keluaran brand ternama dunia:

New Balance FuelCell Echo Triple

New Balance mengeluarkan koleksi sepatu khusus yang terbuat dari teknologi 3D print shoes bernama FuelCell Echo Triple. Koleksi ini dibuat khusus untuk meningkatkan kenyamanan pemakai dengan mengoptimalkan cushion dan support feature di sepatu.

3d printing sepatu
Sumber: New Balance website

Koleksi FuelCell ini menggunakan bahan Rebound Resin untuk bagian midsole yang membuatnya ringan ketika digunakan namun juga memiliki material yang tahan lama.

Dior 3D Carlo Derby Shoes

Koleksi sepatu 3D printing sepatu dari Dior ini adalah terjemahan futuristik dari model rumah mode Carlo. Tim 3D dari brand luxury ini memindai sepatu Carlo Derby dan mengaplikasikan tekstur digital ke permukaannya.

3d printing sepatu
Sumber: Dior's official website

Berbeda dengan sepatu Carlo Derby yang melalui proses produksi tradisional, model 3D Derby ini menggunakan sistem quicklace yang memiliki material kulit berwarna hitam glossy. Model 3D printing sepatu ini dideskripsikan oleh sang desainer sebagai sepatu yang 'kokoh secara visual, tetapi sangat ringan saat dikenakan’.

Adidas 4DFWD

Telah menggunakan teknologi 3D di sepatunya sejak 2017, adidas memainkan lebih lanjut inovasinya dalam memanfaatkan teknologi print shoes dengan mengembangkan 4D print shoes. Pada tahun 2019, adidas meluncurkan iterasi pertamanya dari sepatu kets 4D yang bernama 4DFWD.

3d printing sepatu
Sumber: Futureworld

Sepatu ini memiliki tampilan midsole 4D tebal yang dicetak menggunakan Carbon Digital Light Synthesis™ atau DLSTM. Selain memiliki kelebihan dari segi teknologi dan desain midsole yang unik, 4DFWD juga sangat fleksibel untuk dikenakan oleh berbagai tipe kaki dan cocok untuk digunakan di berbagai medan lari.

Baca juga:   DIY Bikin Lanyard dengan 7 Langkah Mudah

With Laruna, you can combine your love for fashion and the planet by choosing sustainable options that fit your style and contribute to positive changes. Want to join Laruna as a content contributor? We'd love to spend time with you!

Reference: 
https://www.selfcad.com/blog/3d-printed-shoes-the-newest-trend-in-footwear (Diakses pada 19 Maret 2023)

https://www.3dnatives.com/en/3d-printed-shoes-whats-available-on-the-market-today/#! (Diakses pada 19 Maret 2023)

https://www.designboom.com/design/dior-3d-printed-shoes-carlo-derby-boots-footwear-01-23-2023/ (Diakses pada 19 Maret 2023)
Copyright © 2023 - Style by Laruna - All rights reserved
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram