Monday, 01 January 2022

Daftar Universitas Terbaik di Dunia untuk Kuliah Jurusan Fashion

Jika kamu ingin kuliah dengan mengambil program studi di bidang fashion, pastikan kamu mengetahui seluk-beluk tentang gambaran universitas dengan cermat.
February 21, 2023  | Anggun Tifani
universitas bidang fashion
 

Tak hanya Paris, sekolah fashion terbaik di dunia juga ada di beberapa negara lainnya. Pastikan ranking kampus, biaya dan akomodasi lainnya tepat sesuai harapan yang kamu ingin capai.

Terlebih saat ini, Indonesia juga tengah mencoba terus melaju dalam kancahnya untuk melebarkan pasar industri fashion. Diketahui, menurut data dari situs Kemenperin, saat ini market share produk fesyen Tanah Air mampu menguasai 1,9% dari pasar dunia.

Universitas atau sekolah bidang fashion terbaik di dunia versi CEOWorld

Nah, peluang besar banget kan buat kamu yang mau coba menekuni dunia fashion, lalu kembali ke tanah air untuk berkarir di industri fashion. Yuk, simak deretam universitas terbaik untuk bidang fashion dan juga bisnis pemasarannya dalam ulasan berikut!

Fashion Institute of Technology (FIT)

Ranking pertama ialah Fashion Institute of Technology (FIT) yang merupakan institut jurusan seni dan desain dari State University of New York, Amerika Serikat.

CEOWorld menobatkan FIT sebagai sebagai sekolah fashion terbaik di dunia pada tahun 2021 dengan skor 98,09 dari 100. Indikator nilainya ialah berdasarkan kualitas program pendidikan, bidang spesialisasi, dan reputasi akademik paling unggul. 

London College of Fashion

Sekolah fasion rangking kedua yang  berdasarka rangking dari CEOworld adalah London College Of Fashion. Sekolah yang berlokasi di London, Inggris ini berhasil memproleh skor 94,29 yang didapat berdasarkan hasil survei.

Sumber: ldnfashion.com

London College Of Fashion juga menawarkan program pendidikan yang lengkao mulai dari sarjana, pascasarjana, kursus singkat, serta pelatihan bisnis dalam industri mode, tata rias, kecantikan, dan gaya hidup.

Baca juga:   DIY Bikin Lanyard dengan 7 Langkah Mudah

Westphal College of Media Arts & Design - Drexel University

Drexel University dinobatkan berada di posisi ranking ketiga dengan perolehan skor 94,11. Universitas ini berlokasi di West Philadelphia, Amerika Serikat, dengan 18 jurusan pada program sarjana dan 9 program pascasarjana.

Sumber: online.drexel.id

Program studi atau jurusan yang ada di tingkat sarjana pada studi Media Arts & Design di universitas ini, dianggap unggul dalam bidang kejuruan mode. Jurusan yang berkenaan dengan bidang fashion lainnya adalah Fashion Design adalah Design & Merchandising.

School of Arts, Design, and Architecture - Aalto University

Sekolah Seni, Desain dan Arsitektur Aalto University yang berlokasi di Finlandia berada di rankingbkeempat dengan skor 93,62. Universitas ini dikenal dsm dianggap unggul khususnya pada jurusan di bidang seni dan arsitektur.

Sumber: aalto.fi

Gelar yang diberikan pasca lulus dari universitas ini adalah Master of Arts di bidang animasi, desain komunikasi visual, desain kontemporer, dan sebagainya.

Central Saint Martins

Posisi ranking kelima ada Central Saint Martins. Kampus yang merupakan bagian dari University of the Arts London (UAL).

Sumber: arts.ac.uk

Kapus ini memperoleh skor 92,36. Central Saint Martins merupakan sekolah seni nomor satu di London yang menawarkan program di bidang fashion, tekstil bahkan juga desain perhiasan.

Universitas atau sekolah fashion terbaik lainnya

Sumber: pexels.com

Istituto Marangoni

Terdapat tiga tempat belajar tersedia dari Istituto Marangoni pada lokasi terpisah, yaitu di Milan, London, dan Paris. Program tersedia adalah brand management, fashion business, fashion design, fashion buying dan fashion promotion.

Biaya kuliah yang ditawarkan mulai 17.670 hingga 25.550 dollar Amerika. Salah satu alumni ternamanya adalah Domenico Dolce.

Dapatkan informasi universitas lainnya di ICAN Education Consultant. Kamu juga bisa melakukan konsultasi universitas luar negeri bersama tim kami untuk menemukan universitas terbaik untuk kamu kuliah di luar negeri.

Baca juga:   10 Tips Cara Memakai Legging yang Benar

Esmod

Sebagai salah satu tempat kuliah jurusan desain fashion di luar negeri, ESMOD menawarkan perkuliahan jurusan desain fashion dan bisnis di Paris. Sekolah ini juga mempunyai beberapa tambahan kampus lain di 4 Kota Prancis dan 21 sekolah di berbagai penjuru dunia.

Sumber: esmod.com

Menawarkan program studi desain fashion dan bisnis fashion bagi 1.500 mahasiswa, ESMOD juga terkenal mampu mencetak alumni sukses seperti Nina Garcia dan Thierry Mugler. Tempat belajar ini juga menjadi salah satu sekolah desain fashion pertama dan tertua di Perancis berdiri tahun 1841.

Bunka Fashion College

Kampus bagi seluruh mahasiswa yang ingin mengikuti perkuliahan jurusan desain fashion di Jepang. Kamu bisa mempelajari jurusan desain fashion, kreasi fashion dan teknologi, juga jurusan pemasaran, aksesoris, dan tekstil.

universitas bidang fashion
Sumber: jpn-study.com

Kampus ini terkenal sebagai pilihan desain fashion terbaik karena menawarkan berbagai program studi yang lebih fokus terhadap teknologi dan marketing. Bunka Fashion College juga menjadi tempat belajar bagi 8.000 mahasiswa yang tersebar dalam 2 kampus.

Ecole de la Chambre Syndicale de la Couture Perisienne

universitas bidang fashion
Sumber: ifmparis.fr

Program studi atau jurusan yang ditawarkan di kampus Yves Saint Laurent, Andre Courreges dan Valentino ini adalah fashion design and technique dan world renowed couture.

Antwerp Royal Academy of Fine Arts Belgia

Sekolah ini membuka jurusan fashion yang diketahui biaya kuliahnya terbilang cukup murah. Hal ini dikarenakan siswa dari negara lain ternyata juga mendapatkan subsidi yang sangat tinggi.

universitas bidang fashion
Sumber: ifmparis.fr

Namun begitu, bahasa yang diharuskan dalam kelas jurusan fashion di sekolah ini ialah bahasa Belanda.

Politecnico Milano

Politeknik ini telah berdiri sejak tahun 1863, sekolah ini telah tumbuh menjadi sekolah desain terbesar. Program S1 yang ditawarkan ialah jurusan fashion. Sementara untuk tingkat master ada jurusan Design for the Fashion System.

universitas bidang fashion
Sumber: polimi.it

Nah itulah daftar rekomendasi universitas terbaik yang menawarkan program studi atau jurusan di bidang fashion. Adakah kampus impian kamu pada  daftar rekomendasi di atas? Jika ada, terus semangat belajar ya! Semoga impian kamu untuk kuliah di bidang fashion bisa terwujud! Semangat!

Baca juga:   Siapa Pencipta Parfum Pertama di Dunia? Ini Ulasan Singkatnya!

With Laruna, you can combine your love for fashion and the planet by choosing sustainable options that fit your style and contribute to positive changes. Want to join Laruna as a content contributor? We'd love to spend time with you!

Reference: 
https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/02/17/ini-5-sekolah-fashion-terbaik-dunia (Diakses pada: 13 Januari 2022)

https://www.ican-education.com/blog/universitas-terbaik-untuk-jurusan-desain-fashion-di-luar-negeri/ (Diakses pada: 13 Januari 2022)

https://indbeasiswa.com/2016/06/11-sekolah-fashion-terbaik-di-dunia.html diakses (Diakses pada: 13 Januari 2022)

https://kemenperin.go.id/artikel/19742/Produk-Fesyen-Tanah-Air-Kuasai-1,9-Pasar-Dunia (Diakses pada: 13 Januari 2022)
Be a Contributor and 
Write for Us
Tell me more
Copyright © 2023 - Style by Laruna - All rights reserved
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram