Monday, 01 January 2022

Daftar Universitas Negeri yang Menyediakan Jurusan Fashion di Indonesia

Ingin kuliah di bidang fashion tapi takut gak ada universitas negeri yang membuka jurusan terkait fashion? Eits! Baca artikel ini dulu sampai habis yuk!
February 22, 2023  | Anggun Tifani
universitas negeri jurusan fashion
 

Tenang aja, saat ini banyak kok kampus-kampus dalam negeri atau kampus universitas negeri yang memiliki jurusan kuliah di bidang fashion.

Biasanya di Indonesia, program studi atau jurusan kuliah tersebut disebut dengan istilah tata busana. Tapi ternyata, tak hanya jurusan tata busana saja, beberapa kampus juga ada yang menyediakan konsentrasi jurusan seperti tata rias atau tata kecantikan.

Jadi kamu gak perlu jauh-jauh ke luar negeri buat belajar tentang fashion. Coba cek rekomendasi daftar kampus di bawah ini deh, biar kamu tahu kampus mana saja yang buka jurusan kuliah di bidang fashion. Yuk, cek ulasan berikut!

UPI

Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) menyediakan jurusan di bidang fashion dengan berbagai turunan konsentrasi jurusan yang semuanya mengarah ke bidang-bidang spesialis fashion.

Dikutip dari situs resmi UPI, kampus ini membuka konsentrasi jurusan desain mode, butik, kriya tekstil dan tata kecantikan.

Sumber: tatabusana.upi.edu

Universitas yang berada di Bandung ini mengungkapkan pada situs resminya, bahwa kurikulum jurusan fashion dirancang fleksibel menyesuaikan dengan perkembangan teknologi dan keperluan pengguna, sehingga lulusannya akan berkompeten sebagai pengajar keterampilan/guru vokasinal di lembaga pendidikan formal dan nonformal, baik  dengan status Pegawai Negeri Sipil (PNS) ataupun Pegawai Tetap Non PNS.

Bahkan diketahui, pihaknya telah bekerja sama dengan beberapa lembaga pendidikan formal seperti sekolah menengah kejuruan serta beberapa mitra dari kalangan industri se-Indonesia.

Tak hanya itu, jurusan ini pun telah terakreditasi  A (Sangat Baik) sesuai dengan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Nomor 3156/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/S/V/2021 sejak tanggal 21 Mei 2021.

UNJ

Diketahui Universitas Negeri Jakarta (UNJ) menyediakan jurusan pendidikan tata busana dengan visi agar menjadi lembaga pendidikan tinggi yang menghasilkan sumber daya manusia yang unggul secara nasional dalam bidang Kependidikan Tata Busana yang berwawasan kewirausahaan.

universitas negeri jurusan fashion
Sumber: instagram.com/ghani_atelier

Sementara itu, misinya ialah mengembangkan ilmu pengetahuan teknologi dan seni di bidang busana yang dapat mengembangkan hidup manusia dan lingkungan.

Baca juga:   5 Tips Memakai Oversize Outfit Agar Makin Stylish

Selain itu, akreditasi jurusan tata busana di UNJ juga cukup memuaskan yakni telah terakreditasi A-No. SK: 032/BAN- PT/Ak-XIV/SI/2011.

UNM

Universitas Negeri Makassar (UNM) membuka pendidikan D3 Tata Busana.

universitas negeri jurusan fashion
Sumber: instagram.com/fashion_show_pkk_unm

Seperti dikutip dari laman UNM, program tata busana di kampus ini menerapkan IPTEK dan seni di bidang tata busana kepada masyarakat untuk meningkatkan kualitas hidup dan kemampuan life skill.

UNESA

Jurusan pendidikan tata busana di Universitas Negeri Surabaya (UNESA), sebagai jurusan kependidikan, memfokuskan programnya untuk meluluskan para calon guru SMK. Namun kuliah di jurusan ini juga membekali kamu dengan skills yang dibutuhkan untuk berkiprah di bidang industri tata busana.

universitas negeri jurusan fashion
Sumber: instagram.com/tatabusanaunesa

Sementara dari sisi permintaan pasar dan kreativitas, industri tata busana di kampus ini menawarkan peluang yang tak ada habisnya. Jika tak mengajar di SMK, alumni Pendidikan Tata Busana dapat membuka kursus, menjadi desainer pakaian, berprofesi sebagai stylist, atau menjadi bagian dari tim wardrobe di stasiun televisi.

UNY

Sumber: instagram.com/nilachan304

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) membuka pendidikan D4 dan S1 pendidikan tata busana dan teknik busana Nilai lebihnya, diketahui kampus ini juga telah bekerjasama dengan Asia University-Taiwan. Tak hanya itu, di sini juga menyediakan jurusan tata rias dan kecantikan. 

UNNES

Di kampus atau Universitas Negeri Semarang, jurusan pendidikan tata busana merupakan salah satu prodi di Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (TJP) FT UNNES yang mempunyai tujuan menghasilkan calon pendidik dalam bidang tata busana untuk sekolah menengah kejuruan kelompok pariwisata dengan kualifikasi sarjana pendidikan (S1) yang unggul, profesional, terampil dan peka terhadap kelestarian lingkungan, sosial-budaya. Prodi PKK mempunyai 2 konsentrasi yaitu Tata Busana.

Sumber: unnes.ac.id

Dalam hal ini, lulusan jurusan ini diharapkan dapat turut mendorong keilmuan dan pelayanan kepada masyarakat dalam hal pengetahuan tentang tata busana. Selain itu, lulusannya diharapkan tak hanya sekadar menjadi guru SMK melainkan juga beberapa profesi yang diantaranya sebagai berikut:

  • Widyaiswara
  • Instruktur Trainer (pengajar kursus)
  • Wirausahawan di Bidang Busana.
  • Industry busana (garment, rumah mode, butik, perusahaan tekstil, batik)
Baca juga:   Wajib Tahu, Ini 5 Tips Saat Belanja di Thrift Shop

Nah itu dia ulasan informasi tentang kampus-kampus universitas dalam negeri yang membuka program studi atau jurusan di bidang fashion. Semoga ulasan di atas dapat memantapkan keyakinan kamu untuk menuntut ilmu di bidang fashion dalam negeri!


With Laruna, you can combine your love for fashion and the planet by choosing sustainable options that fit your style and contribute to positive changes. Want to join Laruna as a content contributor? We'd love to spend time with you!

Reference: 
https://unnes.ac.id/prodi/pendidikan-tata-busana-s1 (Diakses pada: 12 Januari 2023)

http://d4tatabusana.ft.uny.ac.id/ (Diakses pada: 12 Januari 2023)

https://akupintar.id/universitas/-/kampus/detail-kampus/universitas-negeri-surabaya-unesa/detail-jurusan/Pendidikan%20Tata%20Busana (Diakses pada: 12 Januari 2023)

http://tatabusana.ft.unm.ac.id/ (Diakses pada: 12 Januari 2023)

https://ft.unj.ac.id/program-studi-pendidikan-tata-busana/ (Diakses pada: 12 Januari 2023)

https://tatabusana.upi.edu/ (Diakses pada: 12 Januari 2023)
Be a Contributor and 
Write for Us
Tell me more
Copyright © 2023 - Style by Laruna - All rights reserved
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram