Monday, 01 January 2022

5 Koleksi Fashion yang “Agak Lain” Dari Balenciaga

Mode eksentrik tampaknya menjadi ciri khas Balenciaga.
March 30, 2024  | Anggun Tifani
 

Koleksi Fashion Balenciaga - Sebagai salah satu merek fashion ternama, Balenciaga sering kali terkenal dengan desain yang inovatif dan kadang-kadang kontroversial. 

Setelah sebelumnya meluncurkan berbagai item fashion dengan desain yang unik, rumah mode Prancis ini kembali menciptakan kontroversi dengan aksesori yang tak terduga. Kali ini, Balenciaga memperkenalkan gelang 'lakban' dengan harga yang mencengangkan. Gelang 'lakban' berwarna krem dengan tulisan 'Balenciaga' dan 'Adhesive' tersebut dikabarkan dijual seharga €3,000 atau sekitar Rp 51 juta.

Koleksi Fashion Balenciaga
Sumber Instagram/@balenciaga

Namun, sebenarnya bukanlah lakban biasa, melainkan gelang yang terinspirasi dari gulungan selotip transparan. Gelang ini menjadi bagian dari koleksi Balenciaga untuk musim gugur/musim dingin 2024-2025, yang dipresentasikan dalam acara Paris Fashion Week.

Kantong debu dijadikan sebagai atasan, dan selotip bening digunakan sebagai aksen pada beberapa pakaian. Di antara itu, penampilan terakhirnya menampilkan desain yang terbuat dari tumpukan pakaian dalam, memberikan interpretasi baru pada busana luar. Meskipun Balenciaga tetap mempertahankan sentuhan humor, beberapa kritikus mempertanyakan apakah itu hanya sebuah lelucon belaka.

Warganet awalnya mengira gelang itu hanyalah sebuah lelucon sebelum mereka menyadari bahwa perekat itu sebenarnya berlabel Balenciaga. Mayoritas dari mereka memberikan komentar sinis terhadap kreativitas tersebut, beberapa di anataranya sebagai berikut:

"Orang-orang kaya tampaknya ingin merasa seperti mereka berada dalam kondisi miskin," tulis seorang warganet. "Balenciaga tampaknya hanya membuang-buang barang sampah mereka setiap tahun," tambah yang lain.

Namun, ada juga warganet yang menanggapi dengan candaan, "Saya baru saja membeli satu... tapi itu dari merek indie kecil bernama Scotch."

"Saya benar-benar yakin bahwa seluruh merek ini hanyalah sebuah lelucon besar," tambah warganet lainnya.

10 Koleksi Agak Lain dari Balenciaga

Ini bukan pertama kalinya Balenciaga menjual barang sederhana dengan harga yang sangat tinggi. Beberapa koleksi sensasional dan aneh dari Balenciaga yang mungkin mencakup elemen-elemen yang tidak masuk akal namun menarik perhatian, termasuk sebagai berikut:

Baca juga:   NewJeans dan Mingyu dari SEVENTEEN Jadi Model untuk Kampanye Terbaru Calvin Klein

1. IKEA Bag Tote

Sumber grazia

Balenciaga merilis tas tote yang mirip dengan tas belanja biru IKEA, tetapi dengan bahan kulit mewah dan harga yang jauh lebih tinggi.

2. Car Mat Skirt

Sumber balenciaga.com

Rok dengan tampilan seperti karpet mobil, dengan tekstur dan warna yang mirip dengan karpet mobil.

3. Knife Boots

koleksi fashion balenciaga
Sumber balenciaga.com

Sepatu boot dengan bentuk yang sangat ramping dan tajam, menyerupai pisau.

4. Anting Tutup Botol

koleksi fashion balenciaga
Sumber balenciaga.com

Pada tahun 2019, mereka menjual anting-anting yang terbuat dari tutup botol air mineral dengan harga sekitar Rp6,3 jutaan, seperti yang dilaporkan oleh situs jual-beli mytheresa.com. Aksesori tersebut dirancang oleh Demna Gvasalia, Direktur Kreatif dari label tersebut.

5. Tas bungkus keripik Lay's

koleksi fashion balenciaga
Sumber Tangkapan Layar Twitter/LAYS

Menurut laporan dari Hypebeast pada Kamis, 13 Oktober 2022, peluncuran tas yang terinspirasi dari bungkus keripik Lay's itu terjadi selama presentasi Summer 2023 yang bertajuk "The Mud Show". Tas tersebut ditampilkan oleh para model saat mereka berjalan di landasan pacu yang dilapisi lumpur buatan oleh seniman Spanyol Santiago Sierra.

Saat ini, satu bungkus keripik Lay's di AS dijual seharga 4 dolar AS atau setara dengan sekitar Rp61,3 ribu. Sementara itu, tas yang didesain dengan motif bungkus keripik Lay's oleh Balenciaga dilaporkan dijual seharga 1.800 dolar AS atau sekitar Rp27,6 juta.

Koleksi fashion Balenciaga sering menjadi bahan pembicaraan di dunia fashion karena desain yang unik dan kontroversial. Meskipun beberapa orang mungkin melihatnya sebagai karya seni yang inovatif, yang lain mungkin menganggapnya sebagai permainan mode yang berlebihan.


With Laruna, you can combine your love for fashion and the planet by choosing sustainable options that fit your style and contribute to positive changes. Want to join Laruna as a content contributor? We'd love to spend time with you!

Baca juga:   5 Fashion Brand yang Rilis Koleksi Barbie
Reference: 
https://wolipop.detik.com/fashion-news/d-7242947/balenciaga-rilis-gelang-lakban-rp-51-juta-disebut-mengolok-orang-miskin diakses 16 Maret 2024.
https://www.liputan6.com/lifestyle/read/5550492/balenciaga-jual-gelang-selotip-rp51-jutaan-dianggap-lelucon-dan-barang-sampah?page=2 diakses 16 Maret 2024.
Copyright © 2023 - Style by Laruna - All rights reserved
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram