Monday, 01 January 2022

8 Tips Fashion Batik untuk Tampil Memukau

Batik menjadi salah satu dari banyak warisan budaya yang menjadi kebanggaan bangsa Indonesia.
Tips Fashion Batik
 

8 Tips Fashion Batik untuk Tampil Memukau - Tampil menarik dengan batik adalah cara apik untuk menghargai dan melestarikan kekayaan budaya Indonesia, agar dapat terus berkembang dan semakin dikenal menjadi tren fashion di seluruh dunia.

Sebelumnya, batik dianggap sebagai pakaian yang hanya dipakai di acara tertentu saja seperti kondangan atau acara-acara formal lainnya. Namun sekarang batik bisa digunakan di berbagai acara dan kesempatan dimanapun dan kapanpun, karena batik bisa dipadukan dengan fashion item lain untuk menciptakan tampilan yang lebih menarik sesuai dengan gaya personal masing-masing.

8 Tips Fashion Batik untuk Tampil Memukau

Buat kamu yang masih jarang memakai batik selain di kondangan atau acara formal tertentu, bisa mengikuti 8 Tips Fashion Batik untuk Tampil Memukau di berbagai acara dan kesempatan lainnya, berikut ini :

Pilih batik yang tepat

Batik memiliki beragam motif serta berbagai warna seperti batik tulis dan batik cap, yang secara umum biasanya batik tulis lebih formal daripada batik cap. Oleh karena itu, kamu bisa memilih batik dengan motif dan warna yang sesuai dengan suasana acara atau kesempatan yang akan dihadiri. 

Jika ingin tampil klasik, kamu bisa mengkombinasikan batik dengan warna netral seperti hitam, putih, atau coklat. Namun jika ingin sedikit lebih berani, kamu bisa memilih warna-warna cerah atau aksen warna sesuai dengan batik yang dipakai.

Padukan dengan pakaian lain

Batik bisa dibuat berbagai model pakaian dan dipadukan dengan pakaian lain seperti celana, rok, atau blazer. Misalnya membuat kemeja batik pria untuk menghadiri acara formal maupun semi formal yang dipadukan dengan celana hitam kain, atau dibuat setelan batik dengan kemeja dan celana batik yang cocok. Kemudian untuk wanita, batik bisa dibuat dress, blus, rok dan dipadukan dengan fashion item lain yang polos  atau setelan batik sesuai dengan acara atau kesempatan yang akan dihadiri.

Baca juga:   10 Aplikasi OOTD untuk Referensi Berpakaian

Perhatikan ukuran dan potongan

Pastikan bahwa ukuran batik yang ingin dipakai pas dan sesuai dengan bentuk tubuh, tidak terlalu ketat atau terlalu longgar. Perhatikan juga potongan pakaian batik seperti kerah, lengan, dan panjang bajunya memiliki bentuk yang proporsional.

Tambahkan aksesoris yang tepat

Kamu bisa memakai aksesoris seperti ikat pinggang, kalung, anting-anting, gelang, atau bros berdesain serupa atau senada dengan motif batik yang sedang dipakai. Sedangkan bagi pria, dapat mempertimbangkan untuk memakai dasi batik atau sarung tangan batik pada penampilan yang lebih formal.

Kenakan sepatu yang cocok

Pilihlah sepatu yang sesuai dengan keseluruhan gaya penampilanmu, untuk acara formal bisa memakai sepatu hak tinggi sebagai pilihan yang cocok. Akan tetapi, jika kamu menginginkan tampilan yang lebih santai bisa memakai sepatu datar atau sandal yang memiliki warna netral dan tidak terlalu mencolok.

Perhatikan gaya rambut dan riasan wajah

Gaya rambut yang tidak tepat juga dapat mempengaruhi penampilanmu, oleh sebab itu kamu bisa mencoba beberapa gaya rambut seperti kuncir, kepang, atau rambut yang digerai untuk menentukan tampilan yang cocok dan pas. 

Selain gaya rambut, riasan wajah juga penting untuk diperhatikan karena ini adalah kesan pertama yang dilihat oleh orang lain. Jadi pastikan untuk merias wajah dengan tampilan yang ringan dan sederhana agar tetap terlihat alami, menggunakan warna lipstik dan eyeshadow yang sesuai dengan penampilan.

Mencoba tampil dengan gaya pribadi

Jangan takut untuk mencoba berbagai gaya batik, dengan cara menggabungkan batik dan elemen-elemen yang menunjukkan ciri khasmu. Karena setiap orang memiliki selera dan gaya yang berbeda, maka temukan gaya batik yang paling sesuai dengan kepribadian dan selera diri sendiri. 

Baca juga:   5 Tips Penting untuk Menjaga Pakaian Rajut Anda

Percaya diri

Yang terpenting saat mengenakan batik maupun dengan pakaian jenis apapun adalah memiliki rasa percaya diri, karena adanya sikap percaya diri akan membuatmu terlihat lebih menarik dan mempesona di segala situasi dan kondisi.

Setelah mengetahui 8 tips fashion untuk tampil menarik dengan batik, jangan lupa untuk memperhatikan perawatannya juga karena batik adalah kain yang unik. Selalu berhati-hatilah dalam melakukannya, dengan cara mengikuti petunjuk di label yang tertera atau konsultasikan pada penjual batik untuk menjaga kualitas dan warna batik agar tetap terjaga.

Dengan mengikuti tips ini kamu dapat tampil menarik dengan batik di berbagai kesempatan, ingatlah bahwa batik adalah simbol kebudayaan bangsa maka dari itu kenakan batik dengan rasa bangga dan hargai keindahannya.


With Laruna, you can combine your love for fashion and the planet by choosing sustainable options that fit your style and contribute to positive changes. Want to join Laruna as a content contributor? We'd love to spend time with you!

Reference: 
liputan6.com https://www.liputan6.com/fashion-beauty/read/3116215/7-trik-pakai-batik-agar-tampil-lebih-muda-dan-stylish
Diakses pada tanggal 6 September 2023

kumparan.com https://m.kumparan.com/kumparanwoman/tips-fashion-tampil-stylish-dengan-batik-di-berbagai-acara-1rye9bGnpNr/full
Diakses pada tanggal 6 September 2023

cantiknyakulitsehat.com https://www.cantiknyakulitsehat.com/beauty/tampil-cantik-dan-anggun-dengan-fashion-style-batik
Diakses pada tanggal 6 September 2023
Be a Contributor and 
Write for Us
Tell me more
Copyright © 2023 - Style by Laruna - All rights reserved
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram