Monday, 01 January 2022

K-Pop Idols Dominasi Paris Fashion Week 2022

Apa itu fashion tanpa Paris dan apa itu Paris tanpa fashion?
December 16, 2022  | Levina Chrestella Theodora
k-pop idols mendominasi paris
 

Ya, tentu saja impian setiap fashionista di dunia pasti ingin berkunjung ke Paris selama pekan mode, setidaknya sekali seumur hidup. 

Saat pandemi Covid-19 mereda, berbagai pekan mode ternama di dunia, termasuk Paris Fashion Week, mulai kembali melaksanakan acara pekan modenya secara offline. Event ini diselenggarakan mulai dari tanggal 26 September hingga 4 Oktober, berikut adalah beberapa sorotan dari Paris Fashion Week 2022 yang perlu kamu ketahui!

Apa yang spesial mengenai Paris Fashion Week?

Apa sih yang membedakan Paris Fashion Week (PFW) dengan rekan-rekannya seperti New York Fashion Week atau London Fashion Week? CR Fashion Book menceritakan sedikit mengenai sejarah PFW. Sebagai tempat kelahiran Haute Couture, Master Ateliers, dan peragaan busana modern seperti yang kita kenal saat ini, Paris dipuji dan dikenal sebagai pusat mode. 

Bagi yang tidak familiar dengan istilah “Haute Couture,” seringkali disamakan dengan Couture, intinya, Haute Couture adalah pakaian yang dibuat khusus oleh desainer terkemuka dunia untuk klien kelas atas. Harga pasar mereka sangat fantastis dan hanya dibuat di ibu kota atau kota mode terkenal termasuk Paris, Milan, New York, dan London.

Sementara peragaan busana telah ada selama sekitar 170 tahun, ekstravaganza catwalk yang kita kenal saat ini mulai di tahun 70-an dan sejak itu hadir sebagai pengingat selama dua kali setahun akan pengaruh sejarah Paris terhadap fashion dan budaya fashion secara keseluruhan.

Baca juga:   Kancing Chanel Jadi Sorotan di Peragaan Haute Couture Spring Summer 2024

PFW pertama berlangsung pada tanggal 28 November 1973 dan diawasi oleh pendiri New York Fashion Week, Eleanor Lambert. Acara PFW yang pertama memulai mega-persaingan fashion yang bersejarah. 

Persaingan tersebut terdiri dari lima desainer paling bergengsi di Amerika, yaitu Anne Klein, Bill Blass, Halston, Oscar de la Renta, dan Stephen Burrows. Sementara lima desainer yang berasal dari Prancis sendiri yaitu Marc Bohan untuk Christian Dior, Emanuel Ungaro, Hubert de Givenchy, Pierre Cardin, dan Yves Saint Laurent. Tim tersebut diadu satu sama lain dalam menciptakan delapan karya untuk mewakili mode Prancis dan Amerika.

Highlight Paris Fashion Week 2022: K-Pop idols mendominasi acara Paris Fashion Week juga!

Diselenggarakan dari 26 September hingga 4 Oktober 2022, Paris Fashion Week ramai dibicarakan dan dihadiri oleh top brand, model, dan artis yang duduk di baris depan. PFW kali ini dihadiri banyak sekali K-Pop idols favorit kita semua.

Sejumlah K-Pop idols datang dan mendominasi ke Paris Fashion Week. Ini membuktikan popularitas global terhadap budaya Pop di Korsel. Siapa saja? Berikut beberapa highlights acara PFW 2022.

Bella Hadid dengan Gaun 'Fabrican' Coperni

Top model Bella Hadid selalu menarik perhatian. Siapa yang tidak mengetahui atau belum melihat video viral ini? Coperni menyemprotkan fabrik yang akhirnya kering menjadi gaun pada Bella Hadid untuk final runway mereka di PFW 2022. 

Bella Hadid bertindak sebagai manekin manusia untuk gaun semprot yang dibuat di depan mata penonton.

BLACKPINK in Your (Paris) Area

Global IT Girls! Tidak hanya dikenal dengan bakat bernyanyi dan bernarinya, mereka juga dikenal sebagai fashionistas dan merupakan Fashion Brand Ambassador terkenal seperti Chanel (Jennie), Dior (Jisoo), YSL (Rosé), dan Celine (Lisa). Keempat dari mereka terlihat menghadiri PFW mengenakan pakaian dari brand ambassador-nya masing-masing.

k-pop idols mendominasi paris fashion
Jennie menghadiri acara Chanel di PFW 2022.
k-pop idols mendominasi paris fashion
Jisoo mendapat peringkat as a Influencer #1 di PFW.
k-pop idols mendominasi paris fashion
Rosé memakai gaun hitam YSL untuk PFW 2022.
Lisa adalah Influencer #1 di Paris Fashion Week.

BLACKPINK Lisa, BTS Taehyung (V), dan Park Bo Gum

Jika berbicara mengenai top momen di PFW, tidak bisa melewati momen BLACKPINK Lisa, BTS Taehyung (V), dan Park Bo Gum yang terlihat hadir bersama-sama di acara CELINE Men's Paris Fashion Week 2022.

Baca juga:   Gaun Silver Berkilau Yogie Pratama Bikin Christina Aguilera Tampil Memukau
BLACKPINK’s Lisa, BTS’s Kim Taehyung, and Park Bo-gum at the CELINE Men’s Paris Fashion Week show.

Pakaian Pixelated Glitch Loewe

Koleksi Spring 2023 Loewe yang satu ini menarik perhatian.

Loewe SS23 going pixel art in real life is kind of breaking people's brains.

Terlihat seperti keluar dari game Minecraft, Loewe mengeluarkan tiga potong pakaian bernama “Pixelated Glitch,” pakaian yang terlihat 3D dan seperti video game 8-bit yang belum di-render.

Catwalk Berlumpur Balenciaga

Acara dibuka dengan Kanye West, berjalan keluar mengenakan jaket penjaga keamanan multi-saku.

Kali ini Balenciaga menggunakan lumpur untuk runway-nya.

Mengutip dari The Guardian, pada catatan acara, Demna (desainer) menggambarkan set yang berlumpur tersebut sebagai 'metafora untuk menggali kebenaran'.

Kehadiran Ariel Tatum dan Tamara Dai

Ariel Tatum dan Tamara Dai menjadi perwakilan perempuan Indonesia pertama untuk berjalan di panggung terbesar tahunan L’Oréal Paris di Paris Fashion Week Spring Summer 2023.

Penampilan kedua perempuan Indonesia ini marak dibahas di Twitter dan membuat bangga Indonesia!

Konklusi

Fashion sangat identik dengan negara cinta, Paris. Tentu saja, Paris Fashion Week akan selalu menjadi salah satu pekan mode yang top dan digemari banyak orang, apalagi jika ditambah K-Pop idols yang mendominasi Paris Fashion Week. Ingin tahu jadwal Paris Fashion Week selanjutnya? klik tautan ini.

Instagram Paris Fashion Week: @parisfashionweek

Situs Paris Fashion Week: https://parisfashionweek.fhcm.paris/en/


With Laruna, you can combine your love for fashion and the planet by choosing sustainable options that fit your style and contribute to positive changes. Want to join Laruna as a content contributor? We'd love to spend time with you!

Baca juga:   Outfit ala Jimin yang Stylish di MV ‘Like Crazy’
Reference: 
https://harpersbazaar.com.au/paris-fashion-week-spring-summer-2022/ (Diakses pada tanggal 12/11/2022)

https://crfashionbook.com/fashion-g34162146-paris-fashion-week-facts/ (Diakses pada tanggal 12/11/2022)

https://www.theguardian.com/fashion/gallery/2022/oct/05/paris-fashion-week-springsummer-2023-the-highlights-in-pictures (Diakses pada tanggal 12/11/2022)
Copyright © 2023 - Style by Laruna - All rights reserved
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram