Monday, 01 January 2022

Bangkok International Fashion Week 2022: Dedikasi untuk Dunia Mode Thailand

BIFW kembali hadir di tiga pusat perbelanjaan di Siam setelah hiatus selama dua tahun akibat Covid-19. BIFW menghadirkan jenama-jenama dari top local labels.
January 11, 2023  | Yaumil Azis
bangkok international fashion week
 

Sejumlah pagelaran besar nan bergengsi di dunia muncul kembali dalam format luring usai menurunnya kasus Covid-19. Salah satunya Bangkok International Fashion Week, yang digadang-gadang sebagai destinasi fashion kelas dunia.

Bangkok International Fashion Week, biasa disingkat BIFW, diinisiasi oleh Siam Paragon, sebuah tempat perbelanjaan kelas dunia dengan segudang prestasi. Siam Paragon bahkan sudah menjadi destinasi wisata favorit bagi para turis yang melancong ke Thailand.

Siam Paragon meneruskan muruah sebagai penggerak industri fashion di Thailand dengan menggelar BIFW 2022. Pagelaran ini digelar di Parc Paragon pada tanggal 21-25 September 2022 lalu.

Seperti apa sih pagelaran BIFW 2022 kemarin? Yuk simak ulasannya di bawah ini.

Dedikasi terhadap industri

BIFW 2022 selalu diyakini sebagai salah satu penggerak industri mode Thailand. Siam Paragon selaku penggagas berkomitmen untuk terus memperkenalkan karya-karya desainer Thailand agar bisa terdengar hingga ke penjuru dunia melalui acara ini.

“BIFW 2022 adalah acara fashion kelas dunia yang telah menjadi pendorong industri fashion Thailand. Ini adalah panggung penting buat desainer Thailand untuk menunjukkan potensinya kepada dunia,” tutur kepala unit bisnis Siam Paragon, Thanaporn Tantiyanon.

“Karena kami punya kepercayaan dan keyakinan kuat pada kekuatan kreatif desainer Thailand kami, Siam Paragon selalu berdedikasi mempromosikan dan mendorong fashion Thailand ke tingkat internasional. Tahun ini, BIFW 2022 melanjutkan kesuksesan industri fashion Thailand dan memastikan terus menjadi lebih kuat dan berkembang di tingkat global.”

“Acara mode kelas dunia ini menggelar runway megah untuk menampilkan kreasi terbaru dari desainer papan atas Thailand. Kami juga menawarkan dukungan buat desainer generasi muda untuk menumbuhkan pengetahuan dan pengalaman agar bisa menjadi masa depan mode Thailand,” pungkasnya.

Baca juga:   Jentle Salon Pop-up x Jennie Blackpink Hadir di Singapura

Melibatkan jenama papan atas Thailand

Selama lima hari berturut-turut, BIFW 2022 menyajikan koleksi-koleksi terbaru dari berbagai jenama fashion Thailand. Meliputi jenama-jenama populer di Thailand hingga karya-karya dari desainer generasi terbaru.

Masing-masing jenama begitu serius menyiapkan diri untuk mengikuti pagelaran ini. Mereka menampilkan koleksi spesial untuk debut di atas runway BIFW 2022, bersama model-model kenamaan hingga selebritis papan atas Thailand.

Sebanyak 15 jenama terlibat dalam pagelaran yang digelar selama lima hari ini. Salah satunya POEM. Koktail Magazine bahkan yakin menyebut POEM sebagai salah satu jenama yang paling mencolok di pagelaran tersebut.

Jenama lainnya, Greyhound Original, juga turut meramaikan Bangkok International Fashion Week 2022. Mengusung tema LISTEN TO THE FUTURE, Greyhound Original mengangkat sejumlah isu dalam karya-karyanya seperti pemanasan global, hak asasi manusia, hingga kecerdasan buatan.

Berikut daftar lengkap jenama-jenama yang hadir dalam Bangkok International Fashion Week 2022:

  1. Absolute Siam dipersembahkan oleh Zepeto: Sculpture Studio x Waterandother x Fill in the Bag
  2. ASAVA
  3. FLYNOW
  4. FRI27NOV
  5. GREYHOUND ORIGINAL
  6. ISSUE dipersembahkan oleh TAT
  7. KLOSET
  8. LEISURE PROJECTS
  9. NAGARA
  10. PAINKILLER Atelier dipersembahkan oleh Seiko 5 Sports
  11. POEM dipersembahkan oleh Purra
  12. TandT
  13. VATANIKA dipersembahkan oleh Lexus
  14. VICKTEERUT
  15. VVON SUGUNNASIL

Pasin Sa-ingthong dan Pongsathon Pariloy selaku desainer Greyhound Original mengusung koleksi pakaian oversized. Mereka menggunakan bahan-bahan tekstil alami seperti kapas dan kain yang terbuat dari botol plastik daur ulang, sebagai penegasan dukungannya terhadap pengurangan polusi dalam produksi pakaian.

Menghubungkan dunia nyata dan virtual

Pandemi Covid-19 membuat banyak orang tersadar akan pentingnya dunia virtual. Begitu pula dengan figur-figur di balik Bangkok International Fashion Week 2022. Mereka mencoba untuk membangun hubungan antara dunia nyata dan maya melalui ONESIAM SuperApp.

Baca juga:   Jakarta Fashion Week: Serba-serbi yang Perlu Kamu Ketahui

Kehadiran ONESIAM SuperApp. Aplikasi ini memberikan akses buat pegiat fashion untuk masuk ke dalam “BIFW Online Pop Up Store: Shop Off the Runway”. Koleksi dari jenama yang terlibat di atas runway BIFW 2022 tersaji di sini dan bisa dibeli secara langsung oleh pengguna aplikasi.

Berkolaborasi dengan Digital Fashion Week dan NXT Interactive, BIFW 2022 juga terjun ke dalam metamesta. Ini memungkinkan para pegiat fashion untuk bergabung dalam fashion week pertama metamesta di Meta Jupiter.

Meta Jupiter sendiri adalah sebuah ruang virtual di mana runway disiarkan secara online. Audiens juga bisa menciptakan avatarnya sendiri, mengambil foto di photobooth virtual, serta menikmati beragam elemen lain yang terdapat di Meta Jupiter.

Situs International Bangkok Fashion Week: https://www.siamparagon.co.th/bifw2022/


With Laruna, you can combine your love for fashion and the planet by choosing sustainable options that fit your style and contribute to positive changes. Want to join Laruna as a content contributor? We'd love to spend time with you!

Reference: 
https://www.nationthailand.com/more/40020492 (Diakses pada: 16 November 2022).

https://www.prestigeonline.com/th/style/fashion/what-to-expect-at-siam-paragon-bangkok-international-fashion-week-2022/ (Diakses pada: 16 November 2022).

https://www.siamparagon.co.th/bifw2022/ (Diakses pada: 16 November 2022).

https://www.koktailmagazine.com/content-detail/poem-greyhound-original-inclusivity-bifw-2022 (Diakses pada: 16 November 2022).
Copyright © 2023 - Style by Laruna - All rights reserved
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram