Monday, 01 January 2022

Capsule Wardrobe! Solusi buat Kamu yang Minimalis

February 3, 2023  | Melisa Nirmaladewi
 

Pusing karena melihat tumpukan baju yang penuh di lemari? Ini saatnya kamu mencoba membuat capsule wardrobe! Istilah capsule wardrobe kali pertama diperkenalkan oleh Susie Faux di tahun 1970-an. Untuk maknanya sendiri, wardrobe ini terdiri dari koleksi pakaian favoritmu yang sudah terkurasi. Dalam satu capsule wardrobe, kamu tidak perlu memilih banyak pakaian, tapi bisa pilah beberapa pakaian yang memiliki tone atau model senada.

Manfaat Capsule Wardrobe

Dengan melakukan kurasi pakaian esensial untuk dipakai sehari-hari, kita bisa mengurangi kelelahan akibat terlalu lama dalam membuat keputusan atau disebut dengan decision fatigue. Selain lebih efisien dalam menentukan fashion yang tepat, wardrobe capsule juga lebih hemat secara uang dan tempat. 

Capsule Wardrobe Pictures | Download Free Images on Unsplash
Sumber: Unsplash

Melansir dari Who What Wear, wardrobe capsule bisa membantu mengurangi kebiasaan impulsif dalam membeli pakaian hanya karena mengikuti tren. Dengan membuat wardrobe capsule, kita bisa lebih terbiasa mendahulukan untuk mengenakan pakaian yang bersifat timeless. Meski terlihat pakaian yang ada dalam capsule wardrobe terlihat terbatas, namun dari sisi spikologis, capsule wardrobe bisa membantu pemakainya bisa lebih percaya diri karena lemari tersebut telah disusun berdasarkan style dan fashion item favorit.

Langkah Membuat Capsul Wardrobe Versimu

Kalau kamu tertarik mulai membuat capsule wardrobe dan masih bingung mulai darimana, yuk ikuti beberapa langkah mudah berikut ini!

Ketahui Style Fashion-mu

capsule wardrobe
Sumber: Pexels

Sebelum menentukan item apa saja yang perlu dimasukkan ke capsule wardrobe-mu, kamu bisa mulai dengan mencari tahu style fashion apa yang biasa kamu kenakan. Proses ini bisa kamu ketahui dengan kebiasaan mix & match-mu setiap harinya. Apakah kamu lebih suka colorful tone outfit-mu atau justru gaya boyish biasa kamu pakai setiap kali keluar rumah. Jangan ragu juga untuk tanya pendapat orang lain yang mengetahui style fashion yang kamu kenakan.

Baca juga:   Yuk Intip Inspirasi Outfit Kece untuk Pergi Bukber

Tentukan Essential Fashion Item Favoritmu

Capsule wardrobe bukan bertujuan untuk membatasi eksplorasi gaya berpakaianmu. Justru dengan mulai membuatnya, kamu bisa belajar untuk eksplor style dan fashion item apa yang ‘’kamu banget’’.

capsule wardrobe
Sumber: Pexels

Coba telusuri essential fashion item apa saja yang paling kamu gemari dan tidak bisa lepas dirinya. Kalau masih bingung, coba pilih beberapa item yang termasuk dalam kategori:

  • Outerwear
  • Atasan & dress
  • Bawah (celana, rok)
  • Alas kaki
  • Aksesoris

Dari daftar kategori di atas, usahakan untuk memeilih beberapa piece saja. Rector menyarankan untuk memilih 37 fashion item untuk dimasukkan dalam fashion wardrobe. Dengan pilihan ini, kamu bisa lebih fokus untuk mix and match style yang ada di capsule wardrobe tanpa takut kebingungan karena terlalu banyak opsi.

Bonus Tips: Buat 10 Outfit Look dari Capsule Wardrobe

Salah satu fungsi capsule wardrobe adalah membuatmu lebih efisien dalam menentukan pakaian hari ini. Setelah kamu selesai mengkurasi fashion item pilihan yang sesuai dengan style-mu, kamu bisa melakukan mix & match untuk menciptakan 10 outfit look untuk kebutuhan berpakaian harianmu.

capsule-wardrobe
Sumber: The Green Hub

Kamu bisa membuat outfit look ini dengan melakukan banyak eksplorasi mix and match setiap fashion item yang terinspirasi dari beberapa ide seperti di Pinterest, fashion tumblr account, atau fashion youtuber. Semakin banyak sumber ide bisa memberimu semakin banyak inspirasi untuk mix and match! Step dan tips diatas sekilas tampak terlihat mudah.

Tapi, yang menentukan lemari kecilmu ini berhasil adalah konsistensi untuk menjadikannya kebiasaan sehari-hari. Sifat wardrobe ini sangat fleksibel dan bisa kamu kreasikan terus-menerus sesuai dengan keinginanmu. Selamat mencoba dan rasakan cara eksplorasi style baru yang menyenangkan dengan capsule wardrobe!


With Laruna, you can combine your love for fashion and the planet by choosing sustainable options that fit your style and contribute to positive changes. Want to join Laruna as a content contributor? We'd love to spend time with you!

Baca juga:   12 Gaya Fashion Pria dengan Jaket Kulit
Reference: 
https://www.realsimple.com/beauty-fashion/clothing/capsule-wardrobe (Diakses pada: 14 November 2022)
https://www.whowhatwear.com/how-to-capsule-wardrobe/slide2 (Diakses pada: 15 November 2022)
https://modernminimalism.com/how-to-build-a-capsule-wardrobe/ (Diakses pada: 15 November 2022)
Be a Contributor and 
Write for Us
Tell me more
Copyright © 2023 - Style by Laruna - All rights reserved
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram