Monday, 01 January 2022

Fendi Haute Couture Fall 2023: Minimalis dan Glamor

Dalam peragaan ini, Fendi menampilkan sentuhan minimalis yang elegan, sementara tetap mempertahankan kilau glamor yang khas dari haute couture.
July 31, 2023  | Kingkit Neira
fendi couture fall 2023
 

Salah satu rumah mode ternama, Fendi telah menghadirkan koleksi haute couture fall 2023 yang menggabungkan kesederhanaan dan kemewahan. Koleksi ini dipresentasikan oleh Kim Jones, Artistic Director Haute Couture dan lini busana perempuan Fendi.

Sumber: Vogue

Dalam dunia haute couture, perhatian terhadap pelanggan merupakan hal yang sangat penting. Kim Jones memahami hal ini dengan baik, dan dia secara cermat melacak tren penjualan dari setiap koleksi Fendi-nya. 

Bahkan, setiap pesanan yang diterima, Kim Jones mengirimkan catatan terima kasih pribadi kepada pelanggan. Hal ini menunjukkan bahwa Fendi sangat memperhatikan kepuasan pelanggan mereka.

fendi couture fall 2023
Sumber: Vogue

Koleksi-koleksi terbaru Fendi menempatkan gaun-gaun yang anggun dan mudah dipakai sebagai tulang punggung dari desainnya. Awalnya, rumah mode ini dikenal dengan koleksi haute fourrure yang diluncurkan oleh mendiang Karl Lagerfeld pada tahun 2015, namun saat ini Fendi memilih kesederhanaan sebagai fokus utama koleksi-koleksi mereka. 

Meskipun demikian, beberapa mantel bulu tetap ada dalam lineup musim gugur 2023 karya Kim Jones. Mantel-mantel tersebut lebih terlihat seperti jubah mandi yang lembut dan nyaman daripada menjadi simbol status. Penggunaan shearling berbulu yang dipasangkan dengan organza atau penggunaan rubah daur ulang dan bulu burung memberikan sentuhan yang unik pada mantel-mantel tersebut.

Sumber: Vogue

Dalam proses perancangan, Kim Jones juga sangat memperhatikan wanita-wanita bergaya yang ada di sekitarnya. Dia melibatkan Delfina Delettrez Fendi, rekan kerjanya dalam Fendi couture, serta teman-teman seperti Kate Moss, Naomi Campbell, dan Donatella Versace.

Mereka merupakan kelompok fokus informal yang terdiri dari wanita-wanita glamor dengan jadwal sosial yang padat. Dengan melibatkan kelompok ini, Kim Jones dapat memperoleh pandangan berharga dan umpan balik langsung mengenai desain-desainnya.

Dalam koleksi musim gugur ini, Kim Jones memilih koleksi perhiasan terbaru Delfina Delettrez Fendi, yang diberi nama "Fendi Triptych", sebagai landasan untuk upayanya. Koleksi perhiasan ini terdiri dari sekitar 30 potong dengan hiasan-hiasan berkilau dalam warna-warna tanah dan batu permata. 

Baca juga:   Valentino Menyambut Alessandro Michele sebagai Direktur Kreatif Baru

Hiasan-hiasan ini seperti percikan-percikan yang berhamburan, bordir-bordir rumit dengan rangkaian rantai logam halus, serta gaun-gaun transparan dengan garis leher yang dihiasi permata. Kehadiran perhiasan ini memberikan sentuhan mewah dan membuat penampilan menjadi semakin memikat.

fendi couture fall 2023
Sumber: Vogue

Dalam tren Paris Couture Week kali ini, kesederhanaan menjadi salah satu cerita besar. Banyak perancang lebih memilih siluet yang sederhana dengan sedikit jahitan. Kim Jones juga mengikuti tren ini. 

Dia menciptakan gaun-gaun yang mengalir menggunakan bahan-bahan seperti jersey cair dan satin tebal. Siluet gaun ini memberikan efek seperti memiliki jumbai dan memutar yang lembut. Pada beberapa gaun, korset rajut digunakan untuk menonjolkan pinggang dan kadang-kadang diubah menjadi mini dress yang menyerupai balutan perban. Hal ini menciptakan kesan athleisure wear yang nyaman dan elegan.

Meskipun pakaian-pakaian dalam koleksi ini memiliki konsep sederhana dalam desainnya, namun mereka tetap menunjukkan keanggunan dan glamour khas dari haute couture. Fendi berhasil menciptakan pakaian-pakaian yang ringan, mudah dipakai, dan tetap memikat. 

Perhatian terhadap detail juga menjadi fokus utama Fendi. Puncak penampilan Fendi kali ini adalah sebuah jaket longgar yang dipadukan dengan rok bungkus yang memakan waktu 1.200 jam untuk dibuat. Namun, penampilannya tetap terlihat tanpa usaha, sesuai dengan janji Kim Jones.

fendi couture fall 2023
Sumber: Vogue

Dengan koleksi Fendi haute couture fall 2023 ini, Ia berhasil menggabungkan kesederhanaan dengan kemewahan, menciptakan pakaian-pakaian yang memikat dan mudah dipakai. Perhiasan mewah dan perhatian terhadap detail menjadi ciri khas dari koleksi ini. 

Kim Jones menunjukkan bahwa Fendi mampu menghadirkan gaya yang realistis dan memperhatikan kebutuhan perempuan dalam menghadapi acara-acara penting. Koleksi ini menjadi bukti bahwa Fendi tetap menjadi salah satu rumah mode haute couture terkemuka dengan daya tarik yang tidak terbantahkan.

Baca juga:   Intip Koleksi Busana Pria dari Pekan Mode Paris Fall/Winter 2023

With Laruna, you can combine your love for fashion and the planet by choosing sustainable options that fit your style and contribute to positive changes. Want to join Laruna as a content contributor? We'd love to spend time with you!

Reference: 
https://wwd.com/runway/fall-couture-2023/paris/fendi/review/
Copyright © 2023 - Style by Laruna - All rights reserved
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram