Monday, 01 January 2022

Memadukan Pakaian Monokromatis Agar Tak Membosankan

Dengan sedikit kreativitas dan perencanaan yang tepat, Anda dapat menciptakan gaya yang menarik dan elegan dengan paduan warna monokromatis. 
October 11, 2023  | Kingkit Neira
 

Warna-warna netral seperti hitam dan putih memang dikenal sebagai warna klasik. Namun siapa sangka, jika Anda bisa memadukan pakaian sewarna alias monokromatis dengan tepat, Anda akan tampil luar biasa.

Memadukan pakaian dengan warna monokromatis mengacu pada penggunaan variasi warna yang berasal dari skala yang sama, seperti berbagai nuansa hitam, putih, atau abu-abu.

Kata 'monokromatik' jika dipecah menjadi dua kata memiliki dua arti yang berbeda, yakni 'mono' yang artinya satu dan 'kromatik' artinya warna. Jadi, monolromatis adalah outfit yang terdiri dari satu jenis warna yang sama.

Ini tidak berarti bahwa Anda hanya akan mengenakan pakaian hitam polos atau merah polos dari ujung kepala hingga ujung kaki. Tren fashion monokromatik yang berkembang adalah mengenakan nuansa dan tingkatan yang berbeda dari warna yang sama, ini disebut warna monokromatis.

Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda untuk memadukan pakaian warna monokromatis.

memadukan pakaian monokromatis
Sumber: Getty Images

Padukan Tekstur Dalam Penampilan Monokromatis Anda

Pastikan Anda memadukan tekstur dalam penampilan monokromatis Anda! Anda ingin menambahkan minat visual, kedalaman, dan dimensi pada tampilan Anda agar tidak terlihat datar atau membosankan. Beberapa kombinasi tekstur yang bisa Anda coba adalah denim dan chiffon, kulit dan katun, suede dan sutra, wol dan sequins.

Dan jangan lupakan sepatu atau boots Anda dalam hal tekstur. Mereka berperan dalam menambah minat pada outfit Anda. Pertimbangkan bagaimana sepatu kulit, sepatu paten, suede, atau satin akan cocok dengan outfit yang ingin Anda ciptakan. 

Capai Keberimbangan

Ingatlah tentang keseimbangan saat mengombinasikan pakaian. Ini adalah aturan untuk setiap outfit, bukan hanya outfit monokromatis saja. Anda tidak ingin satu warna mendominasi Anda. Sebaliknya, Anda ingin terlihat tinggi dan ramping. Untuk mencapai hal ini, mainkan dengan proporsi. 

Baca juga:   Serunya Bergaya dengan Motif Garis

Sebagai contoh, jika Anda mengenakan atasan yang longgar, pastikan untuk memadukannya dengan bawahan yang pas. Dengan rok model A-line yang besar, kenakan atasan yang pas di badan. Hal yang sama berlaku dengan sweter yang lebih besar yang saya kenakan di atas; saya memadukannya dengan celana jeans ketat dan turtle neck yang pas.

memadukan pakaian monokromatis
Sumber: Stylishlyme

Tonjolkan Bagian yang Tepat

Tonjolkan bagian tubuh yang tepat dengan menggunakan warna yang tepat. Ketika mengenakan warna yang sama dalam nuansa dan bayangan yang berbeda, perhatikan seberapa gelap atau terang setiap potongan pakaian.

Sebagai contoh: Jika Anda memiliki pinggul yang lebar dan ingin mengurangi penampilan tersebut, Anda tidak akan mengenakan celana atau rok berwarna terang. Lebih menguntungkan jika warna yang lebih gelap digunakan pada bagian bawah dan warna yang lebih terang pada bagian atas. Misalnya celana biru tua dan kemeja biru muda.

Anda juga dapat menambahkan sabuk untuk menonjolkan pinggang Anda dalam warna monokromatis yang telah Anda pilih. Sabuk adalah pilihan yang bagus jika outfit Anda lebih longgar dan Anda perlu menambahkan sedikit struktur atau definisi. Saya menambahkan sabuk pada sweter rajutan besar dan rok sequin memiliki pita yang berfungsi sebagai sabuk semu.

Pilih Warna Monokromatis Yang Tepat

Penting untuk memilih warna yang cocok dengan warna kulit dan rambut Anda. Jika kulit Anda sangat cerah dan memiliki rambut pirang, pilihlah warna biru gelap daripada hitam yang terlalu tajam. Wanita dengan kulit yang cokelat dan rambut gelap dapat memilih warna yang lebih dalam seperti burgundy atau ungu terong.

Jika Anda baru mencoba outfit monokromatis dan tidak yakin dengan warna apa yang harus dipilih, mulailah dengan warna netral gelap seperti hitam, biru gelap, abu-abu, dan coklat. Jika Anda merasa berani, Anda juga dapat mencoba warna monokromatis yang lebih kaya dan gelap seperti burgundy, terong, dan hijau botol. Warna-warna ini sangat cocok untuk dieksplorasi dan kemungkinan besar Anda sudah memiliki pakaian dalam warna-warna netral ini.

Baca juga:   10 Jenis Motif Kain Tekstil yang Paling Terkenal

Tambahkan Sentuhan Pola

Outfit monokromatis tidak harus terdiri dari pakaian polos; Anda dapat memasukkan pola atau cetakan, tetapi perhatikan bahwa akan sedikit lebih sulit untuk menemukan pola yang cocok dengan skema warna Anda.

Untuk menambah minat visual dan memecah blok warna yang polos, tambahkan potongan berpola dengan warna yang sama dengan yang Anda gunakan. Anda juga bisa mencoba menambahkan selendang atau syal berpola untuk kesenangan.

Itulah beberapa tips padu padankan pakaian warna monokromatis agar tampil memukau. Selamat mencoba, fashionista!


With Laruna, you can combine your love for fashion and the planet by choosing sustainable options that fit your style and contribute to positive changes. Want to join Laruna as a content contributor? We'd love to spend time with you!

Reference: 
https://stylishlyme.com/style/what-is-monochromatic-outfit/

https://www.dewimagazine.com/fashion-tips/tampil-monokromatis-dalam-padanan-warna-senada?m=4
Be a Contributor and 
Write for Us
Tell me more
Copyright © 2023 - Style by Laruna - All rights reserved
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram