Monday, 01 January 2022

Peran Haute Couture dalam Fashion Dunia

Haute couture adalah bagian dari industri fashion ekslusif yang menciptakan busana kelas atas dam dibuat secara khusus untuk klien individual. 
August 11, 2023  | Kingkit Neira
Peran Haute Couture
 

Lebih dari sekadar busana, haute couture adalah sebuah seni yang melibatkan proses merancang, menjahit, dan menciptakan pakaian yang tak tertandingi keindahannya. 

peran haute couture
Sumber: Fendi - Vogue

Artikel ini akan membahas sejarah, tujuan, dan siapa yang menjadi pembeli utama dari haute couture.

Sejarah Haute Couture

Haute couture lahir di Paris, Prancis, pada awal abad ke-20. Pada tahun 1858, seorang perancang busana Inggris, Charles Frederick Worth, membuka rumah mode pertamanya di Paris. Ia menjadi perancang busana pertama yang menghadirkan koleksi musim semi dan musim gugur secara teratur.

Pada tahun 1868, Worth mendirikan Syndicat de la Couture, sebuah perkumpulan perancang busana yang mempromosikan mode Paris dan melindungi hak cipta desain mereka.

Pada tahun 1911, Komisi Haute Couture didirikan. Komisi ini diawasi oleh Chambre Syndicale de la Couture dan menetapkan kriteria untuk menjadi anggota haute couture. 

Hanya rumah mode tertentu yang memenuhi persyaratan ketat saja yang akan diakui sebagai anggota haute couture. Anggota haute couture akan diberi kesempatan untuk berpartisipasi dalam presentasi resmi setiap Januari dan Juli. Beberapa rumah mode terkenal yang telah menjadi anggota haute couture adalah Chanel, Dior, dan Givenchy.

Tujuan Haute Couture

Tujuan utama dari haute couture adalah menciptakan pakaian eksklusif dan berkualitas tinggi yang mencerminkan kreativitas dan inovasi para desainer. Pakaian haute couture dibuat dengan penuh perhatian terhadap detail dan kerajinan tangan yang menghasilkan kualitas superior. Setiap potongan pakaian haute couture adalah karya seni yang unik dan tidak ada yang serupa di dunia ini.

Haute couture juga berfungsi sebagai laboratorium eksperimen dengan desain baru, teknik jahitan, dan bahan-bahan inovatif. Banyak dari kreasi haute couture yang kemudian diadaptasi menjadi pakaian siap pakai atau menjadi inspirasi bagi desainer lain di seluruh dunia.

peran haute couture
Sumber: Valentino - Vogue

Haute couture juga memainkan peran penting dalam mempertahankan dan mempromosikan citra mode Paris sebagai ibukota fashion dunia. Paris tetap menjadi pusat mode paling bergengsi dan fashion week haute couture Paris menjadi acara yang paling dinantikan di kalangan para penggemar mode.

Baca juga:   8 Tips Fashion Batik untuk Tampil Memukau

Siapa yang Membeli Haute Couture?

Haute couture ditujukan untuk pelanggan eksklusif dan berkepribadian unik. Saat ini, hanya ada sekitar 2.000 pelanggan haute couture di seluruh dunia dan mayoritas dari mereka adalah perempuan. 

Mereka terdiri dari selebriti Hollywood, anggota keluarga kerajaan, sosialita, dan wanita kaya lainnya yang memiliki dana untuk diinvestasikan dalam pakaian kelas atas.

Para pelanggan haute couture biasanya mencari pakaian untuk acara khusus seperti red carpet, pernikahan, atau acara-acara resmi lainnya. Mereka menghargai eksklusivitas dan kualitas superior dari setiap potongan pakaian haute couture. 

Meskipun harganya sangat mahal, bahkan tak jarang harganya bisa mencapai puluhan ribu dolar, pembeli memandang pakaian haute couture sebagai investasi karena keunikan dan kualitasnya yang tak tertandingi.

Selain itu, para pelanggan haute couture juga mendapatkan pengalaman pribadi dan layanan khusus dari rumah mode, termasuk fitting pribadi dan konsultasi mode dengan para desainer.

Itulah sekilas penjelasan mengenai haute couture yang memiliki peran sentral dalam mempertahankan dan mempromosikan citra Paris sebagai ibukota rumah mode fashion dunia.


With Laruna, you can combine your love for fashion and the planet by choosing sustainable options that fit your style and contribute to positive changes. Want to join Laruna as a content contributor? We'd love to spend time with you!

Reference: 
https://www.byrdie.com/haute-couture-explainer-7505134

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/08/15/133820120/apa-itu-haute-couture-dalam-dunia-fashion?page=all
Be a Contributor and 
Write for Us
Tell me more
Copyright © 2023 - Style by Laruna - All rights reserved
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram